Teks Negosiasi : Pengertian, Karakteristik, Jenis, Unsurnya

negosisai-1965396-4844044-jpg

Pengertian teks negosiasi

Teks negosiasi adalah teks yang berisi interaksi sosial antara orang dengan orang lain yang berguna untuk mengambil keputusan antara pihak yang memiliki kepentingan berbeda. Kedua pihak dalam negosiasi ini memiliki hak atas hasil akhir. Hasil akhir dalam negosiasi ini membutuhkan kesepakatan kedua belah pihak sehingga terjadi proses memberi dan menerima sesuatu untuk mencapai kesepakatan bersama.

negosisai-5677647


Ciri-Ciri Teks Negosiasi

Sementara negosiasi memiliki sejumlah fitur utama yaitu

  1. Selalu libatkan orang – baik sebagai individu, perwakilan organisasi atau perusahaan, sendiri atau dalam kelompok
  2. memiliki ancaman kemunculan atau mengandung konflik yang terjadi dari awal hingga tercapainya kesepakatan di akhir perundingan;
  3. Menggunakan cara untuk bertukar barang – baik dalam bentuk tawar-menawar atau barter;
  4. Hampir selalu bertatap muka – menggunakan bahasa lisan, gerak tubuh dan ekspresi wajah;
  5. Negosiasi biasanya tentang hal-hal di masa depan atau sesuatu yang belum terjadi dan kita ingin hal itu terjadi;
  6. Akhir dari negosiasi adalah kesepakatan yang diambil oleh kedua belah pihak, meskipun kesepakatan tersebut misalnya, kedua belah pihak setuju untuk tidak setuju.

Jenis-jenis teks negosiasi


Struktur teks negosiasi adalah orientasi, permintaan, pemenuhan, penawaran, persetujuan, pembelian, dan penutupan. Orientasi adalah bagian dari teks naratif yang berisi pembukaan atau awal percakapan, biasanya diawali dengan salam dan salam. Permintaan adalah bagian dari teks negosiasi yang berisi pihak-pihak yang menginginkan barang, jasa, dan masalah yang mereka ungkapkan keinginannya. Pemenuhan adalah bagian dimana pihak yang terkait dengan suatu barang atau jasa memberikan informasi kepada pihak yang meminta agar mereka lebih mengerti.

Penawaran adalah bagian dari teks negosiasi yang berisi tentang negosiasi itu sendiri atau proses penawaran antara satu pihak dengan pihak lain untuk mendapatkan kesepakatan keuntungan yang diinginkan. Persetujuan merupakan bagian dari kesepakatan hasil perundingan yang telah dilakukan. Pembelian adalah bagian dimana pihak pertama akhirnya setuju untuk membeli barang atau jasa. Bagian terakhir adalah kesimpulan dari teks negosiasi untuk melengkapi interaksi. Namun secara umum, struktur teks negosiasi adalah pembuka, isi, dan penutup.


  • Teks negosiasi pengusaha dengan bank

Bank: Selamat siang, Pak. Silakan duduk.

Pengusaha: Selamat siang. ya terima kasih (Orientasi)

Pengusaha : Nah mbak. Saya memiliki bisnis furnitur. Saya ingin mengajukan proposal pinjaman.

Bank: Bisakah saya melihat proposalnya?

Pengusaha: Silakan nona.

Pengusaha: Bisnis ini turun temurun dari kakek saya. Saya berencana memperluas penjualan ke luar negeri. Karena sudah ada permintaan dari luar negeri. (Penyerahan)

Bangku: Baik, Pak. Tidak ada masalah dengan proposal ini, hanya dengan Rp 800.000.000,00 kami dari bank tidak dapat memenuhinya. Bank hanya mampu memenuhi Rp 500.000.000,00 dengan bunga 5%

Pengusaha : Tidak bisa add adik? Saya yakin usaha ini akan sangat berhasil.

Bank: Mungkin kalau ditambah sedikit bisa.

Pengusaha : Kalau Rp 700.000.000,00 gimana Mbak. (Menawarkan)

Bank : Maaf pak, kami hanya bisa memberikan maksimal Rp 650.000.000,00

Pengusaha : Baik Kak, Rp. 650.000.000,00 sudah bagus. (Perjanjian)

Bank: Pak mohon tunggu sebentar.

Bank: Ini satu pak Rp. 650.000.000,00 dengan bunga 5%.

Pengusaha : Iya bu. Terima kasih. Selamat siang.

Bank: Selamat siang. (Penutupan)


  • Teks negosiasi melalui surat

Jakarta, 12 Januari 2014

Sayang
PT. Maritim Koja
Kawasan Pelabuhan Tanjung Priok
Jakarta Utara

Nomor : 066/KB/I/2014
Perihal : Tender Alat Keselamatan Pelayaran
Lampiran: 1 berkas
Sungguh-sungguh,

Bersama surat ini, kami ingin memperkenalkan perusahaan kami PT. Selamat Jaya berlokasi di Jl. gajah mada no. 9, Jakarta Pusat, yang bergerak di bidang pendistribusian alat safety. Perlu diketahui bahwa perusahaan kami telah bekerjasama dalam pengadaan alat safety dengan beberapa perusahaan pelayaran dan penyeberangan terkemuka.

Oleh karena itu, kami bermaksud untuk bekerjasama dengan PT. Koja Bahari dalam hal menyediakan perlengkapan keamanan pelayaran dengan harga bersaing. Untuk lebih jelasnya berikut kami lampirkan brosur produk alat safety kami yang telah memenuhi standar safety internasional untuk bahan pertimbangan Anda. Kami sangat bangga sebagai PT. Koja Bahari dapat menjalin kerjasama yang baik dengan perusahaan kami.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan atas perhatian dan kerjasama yang baik, kami ucapkan terima kasih.

Semoga sukses,

Selamat Jaya


  • Kesalahpahaman tentang teks negosiasi

Resepsionis: Selamat siang, apakah Anda membutuhkan bantuan kami?
David : Maaf, sepertinya ada kesalahan pada akun kami. kami tidak makan di sini tadi malam.
Resepsionis : Maaf, Pak. tagihan ini dari restoran hotel ini. Ini tanda tangan Anda.
David: Tapi itu bukan tanda tangan saya. Saya akan berbicara dengan manajer.
Resepsionis : Maaf, Pak. manajer sedang sibuk.
David : Ya, tapi saya harus menjelaskan masalah ini kepada manajer Anda.
Resepsionis : Maaf pak, ini tagihan dari restoran dan ini tanda tangan bapak. itu berarti Anda dan istri Anda makan di restoran ini tadi malam.
David: Permisi, izinkan saya menemui manajer Anda. saya perlu berbicara dengannya
Resepsionis: Ya, harap tunggu
setelah David berada di ruangan manajer
Manajer: Anda mengajukan keluhan tentang akun tersebut, Pak?
David : Ya, saya pikir ada kesalahan dalam tagihan saya. Tak satu pun dari kami makan malam di restoran hotel. Kami makan malam di restoran di seberang jalan karena tadi malam penuh.
Manager : Namun, tanda tangan ini seperti tanda tangan Anda.
Daud: Tidak. ini bukan tanda tangan saya.
Manajer: Biarkan saya memeriksa sekali lagi. Oh maaf. Saya minta maaf. ada lagi orang bernama david, sama dengan nama ayah. dia dan istrinya makan malam di restoran hotel tadi malam. Jadi, itu bukan ayahnya. Saya benar-benar minta maaf atas kesalahpahaman ini.
David: Ya, itu bagus.


Unsur kaidah bahasa dalam teks negosiasi

Negosiasi yang baik selalu menunjukkan aturan negosiasi. Aturan atau ciri kebahasaan teks negosiasi yang baik adalah sebagai berikut.

  1. Jangan menyajikan lebih dari tiga argumen sekaligus.
  2. Mulailah dengan argumen terkuat yang didukung dengan fakta.
  3. Bangun argumen secara logis, ketat, mengikat dan hati-hati.
  4. Jelaskan pandangan Anda, tarik kesimpulan dari pandangan tersebut, lalu Anda dapat mengatakan apakah Anda tidak setuju dengan mitra negosiasi.
  5. Ulangi topik mitra negosiasi untuk menunjukkan bahwa Anda telah mengerti.
  6. Tanyakan kepada mitra negosiasi alasannya (mengapa ya/mengapa tidak).
  7. Jangan menyela argumen mitra negosiasi Anda, dengarkan dan cari titik lemahnya.

Selain hal di atas, berikut adalah beberapa ciri negosiasi dari segi isi.

  1. Negosiasi menghasilkan kesepakatan, baik kedua belah pihak setuju atau kedua belah pihak setuju untuk tidak setuju.
  2. Setiap pihak yang bernegosiasi memperjuangkan kepentingannya sendiri.
  3. Negosiasi adalah cara untuk mencapai kesepakatan.
  4. Negosiasi memiliki tujuan praktis yaitu untuk mencapai kesepakatan yang dapat diterima oleh kedua belah pihak.

Mengubah dialog teks negosiasi menjadi teks monolog

Contoh teks negosiasi

.Receptionist : Selamat siang, apakah Anda membutuhkan bantuan kami?
David : Maaf, sepertinya ada kesalahan pada akun kami. kami tidak makan di sini tadi malam.
Resepsionis : Maaf, Pak. tagihan ini dari restoran hotel ini. Ini tanda tangan Anda.
David : Tapi, itu bukan tanda tangan saya. Saya akan berbicara dengan manajer.
Resepsionis : Maaf, Pak. manajer sedang sibuk.
David : Ya, tapi saya harus menjelaskan masalah ini kepada manajer Anda.
Resepsionis : Maaf pak, ini tagihan dari restoran dan ini tanda tangan bapak. itu berarti Anda dan istri Anda makan di restoran ini tadi malam.
David: Permisi, izinkan saya menemui manajer Anda. saya perlu berbicara dengannya
Resepsionis: Ya, harap tunggu
setelah David berada di ruangan manajer
Manajer: Anda mengajukan keluhan tentang akun tersebut, Pak?
David : Ya, saya pikir ada kesalahan dalam tagihan saya. Tak satu pun dari kami makan malam di restoran hotel. Kami makan malam di restoran di seberang jalan karena tadi malam penuh.
Manager : Namun, tanda tangan ini seperti tanda tangan Anda.
Daud: Tidak. ini bukan tanda tangan saya.
Manajer: Biarkan saya memeriksa sekali lagi. Oh maaf. Saya minta maaf. ada lagi orang bernama david, sama dengan nama ayah. dia dan istrinya makan malam di restoran hotel tadi malam. Jadi, itu bukan ayahnya. Saya benar-benar minta maaf atas kesalahpahaman ini.
David: Ya, itu bagus.

.Konversi monolog

Suatu malam David dan istrinya menginap di sebuah hotel. Ketika mereka hendak makan malam, ternyata restoran di hotel tempat mereka menginap sudah ramai pengunjung. Akhirnya ia dan istrinya tidak makan di hotel dan lebih memilih makan malam di hotel seberang yang dekat dengan hotel tempat mereka menginap.

Keesokan harinya, ketika David pergi untuk membayar tagihan reservasinya, dia bingung karena ada tagihan makan. Dia dan istrinya sebenarnya tidak makan malam di sana. Dia juga bertanya kepada resepsionis tentang tagihannya. Namun, resepsionis tetap menegaskan bahwa David dan istrinya makan malam di restoran hotel karena struk restoran ditandatangani atas nama David. David yang merasa belum melakukannya, meminta untuk bertemu langsung dengan manajer hotel.

Setelah beberapa kali didesak, resepsionis akhirnya mau memanggil manajer hotel untuk menemui David. David juga menjelaskan tentang kejanggalan dalam RUU tersebut. Setelah dicek dengan teliti, ternyata benar, bukan David yang makan malam di hotel tersebut, melainkan ada orang lain dengan nama yang sama yang makan malam di restoran hotel tersebut. Atas segala kesalahpahaman yang menimpa David, manajer hotel tersebut akhirnya meminta maaf kepada David dan istrinya. Dan tentu saja David memaafkannya.


Berikut ini adalah beberapa ciri negosiasi ditinjau dari isinya

Negosiasi menghasilkan kesepakatan, baik kedua belah pihak setuju atau kedua belah pihak setuju untuk tidak setuju

Masing-masing pihak yang akan berunding memperjuangkan kepentingannya masing-masing.

Negosiasi memiliki tujuan praktis yaitu untuk mencapai kesepakatan yang dapat diterima oleh kedua belah pihak.


Contoh negosiasi

Berikut ini kami akan memberikan contoh teks negosiasi

A; Bolehkah aku membantumu

B; Saya mau pesan baju seperti ini

A; Oh, desain ini, apakah ukurannya untuk tubuh sepertimu?

B; Ya

A; o design seperti ini kita kasih harga 300rb

B; itu terlalu mahal, tidak bisa lepas?

A; bisa, tapi itu hanya sedikit penurunan. Paling kasih kita harga 320rb. bagaimana pak

B; Baiklah saya setuju Saya harap bahu ini bisa selesai tepat waktu.

A; Kami selalu berusaha tidak mengecewakan pembeli pak


Demikian artikel dari Duniadunia.co.id mengenai Teks Negosiasi: Pengertian, Ciri, Jenis, Unsur, Aturan Bahasa, Tukar Dialog, Beserta Contohnya, semoga artikel ini dapat memberikan wawasan bagi anda yang membacanya.

website Pelajaran SD SMP SMA dan Kuliah Terlengkap

Materi pelajaran terlengkap

mata pelajaran
jadwal mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa mata pelajaran sd mata pelajaran dalam bahasa jepang mata pelajaran kurikulum merdeka mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran sma jurusan ips mata pelajaran sma
bahasa inggris mata pelajaran
bu ani memberikan tes ujian akhir mata pelajaran ipa
tujuan pemberian mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah adalah
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional. artinya mata pelajaran smp mata pelajaran ipa mata pelajaran bahasa indonesia mata pelajaran ips mata pelajaran bahasa inggris mata pelajaran sd kelas 1
data mengenai mata pelajaran favorit dikumpulkan melalui cara
soal semua mata pelajaran sd kelas 1 semester 2 mata pelajaran smk mata pelajaran kelas 1 sd mata pelajaran matematika mata pelajaran ujian sekolah sd 2022
bahasa arab mata pelajaran mata pelajaran jurusan ips mata pelajaran sd kelas 1 2021 mata pelajaran sbdp mata pelajaran kuliah mata pelajaran pkn
bahasa inggrisnya mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa kelas 10 mata pelajaran untuk span-ptkin mata pelajaran ppkn mata pelajaran ips sma mata pelajaran tik
nama nama mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran pkn sd mata pelajaran mts mata pelajaran pjok
nama nama mata pelajaran dalam bahasa arab mata pelajaran bahasa inggrisnya mata pelajaran bahasa arab
seorang pengajar mata pelajaran akuntansi di sekolah berprofesi sebagai
nama mata pelajaran dalam bahasa jepang
hubungan bidang studi pendidikan kewarganegaraan dengan mata pelajaran lainnya
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional artinya mata pelajaran dalam bahasa arab
tujuan mata pelajaran seni rupa adalah agar siswa

You May Also Like

About the Author: Hack Adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *