Teks Laporan Percobaan – Pengertian, Kaidah, Struktur, dan Langkah Pembuatan

Tak hanya ilmuwan, siswa juga kerap melakukan berbagai kegiatan eksperimen semasa sekolah. Biasanya mata pelajaran yang memerlukan kegiatan eksperimen adalah mata pelajaran yang ada di bidang IPA, seperti biologi, fisika atau kimia. Kegiatan eksperimen ini dilakukan sebagai sarana untuk memahami topik yang sedang dibahas. Misalnya untuk mengetahui anatomi tubuh mamalia, siswa melakukan percobaan atau praktikum pembedahan pada marmut di laboratorium. Setelah percobaan selesai, siswa diharapkan membuat laporan hasil percobaan dan mempresentasikannya kepada guru sebagai bagian dari penilaian. Laporan hasil percobaan ini disebut teks laporan percobaan. Lalu apa yang dimaksud dengan teks berita acara pemeriksaan? Berikut ulasan singkatnya.

Pemahaman

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2014) menyatakan bahwa teks report disebut juga sebagai teks klasifikasi. Hal ini dikarenakan report text memuat klasifikasi jenis benda berdasarkan kriteria tertentu. Experiment report text adalah salah satu jenis report text yang berisi tentang hasil percobaan yang dilakukan oleh peneliti. Teks laporan percobaan atau biasanya disusun dan digunakan untuk melaporkan hasil percobaan atau praktikum yang dilakukan. Tujuan dari teks laporan percobaan adalah untuk mengklasifikasikan dan/atau mendeskripsikan, mendeskripsikan dan memberikan informasi faktual kepada orang lain tentang hasil percobaan yang dilakukan. Eksperimen itu sendiri dapat dilakukan secara berkelompok atau sendiri.

Mengatur

Seperti halnya teks lain dalam bahasa Indonesia, teks laporan percobaan juga memiliki ciri atau kaidah kebahasaan tersendiri. Ciri-ciri atau kaidah bahasa yang digunakan dalam teks laporan percobaan adalah sebagai berikut.

  • Pengenalan aspek atau kelompok umum seperti kendaraan roda dua, angkutan umum, mamalia, keluarga kucing, ikan air tawar, unggas, reptilia dan lain-lain.
  • Gunakan kata-kata perintah relasional yang logis seperti kapan, lalu, dan seterusnya. Kata tugas digunakan untuk menjaga agar tulisan tetap koheren atau koheren. Koherensi adalah suatu paragraf yang dibangun oleh kekompakan seluruh kalimat dalam paragraf tersebut. Kalimat satu sama lain tersusun secara logis. Untuk membentuk paragraf yang padu, Anda dapat menggunakan kata penghubung antar kalimat dan mengganti kata dengan demonstrative pronoun, personal pronoun, atau kata lain yang tersirat dalam kalimat sebelumnya.
  • Gunakan konjungsi atau kata penghubung seperti and, but, in while, while, next, dan seterusnya. Konjungsi dan digunakan untuk menambahkan atribut untuk anggota kelas yang sama. Sebaliknya, konjungsi but digunakan untuk menyatakan perbedaan antara satu anggota kelas dengan anggota kelas lainnya.
  • Gunakan kalimat aktif.
  • Penggunaan kalimat sederhana, yaitu kalimat yang hanya terdiri dari satu struktur dengan satu kata kerja utama.
  • Gunakan kalimat kompleks, yaitu kalimat yang terdiri dari dua atau lebih struktur dengan dua atau lebih kata kerja.
  • Gunakan kata kerja aktif untuk menggambarkan proses dan tindakan.
  • Tidak ada urutan waktu, tetapi ada rangkaian kegiatan.
  • Gunakan kata benda dan kata ganti, bukan kata ganti pribadi. Penggunaan kata ganti orang sangat terbatas.
  • Beberapa laporan menggunakan istilah teknis atau istilah lapangan.
  • Biasanya disertai dengan foto, diagram, peta, dll.

Struktur

Seperti halnya teks laporan pendek atau teks laporan observasional, teks laporan eksperimen juga disusun dengan mengacu pada struktur teks tertentu. Struktur teks laporan percobaan terdiri dari pernyataan umum dan deskripsi.

  • Pernyataan umum atau klasifikasi berisi informasi yang secara umum menggambarkan sesuatu yang menjadi subjek percobaan. Tahap ini merupakan tahap pembukaan atau pengenalan dari apa yang akan diberitakan.
  • Uraian atau aspek yang dilaporkan yang berisi uraian tentang sesuatu yang menjadi subjek percobaan dan dibahas secara lebih rinci, meninjau bagian demi bagian, kebiasaan atau kebutuhan hidup dan penggunaan bahan dan alat, perilaku alam dan hal-hal khusus lainnya.

Langkah manufaktur

Setelah melakukan percobaan, biasanya siswa atau peneliti diharapkan melaporkan hasil percobaannya dalam bentuk teks laporan percobaan. Penyusunan laporan sidang tidak bisa dilakukan sembarangan karena ada beberapa tahapan yang harus diikuti. Langkah-langkah pembuatan laporan percobaan adalah sebagai berikut.

  1. Membuat kerangka struktur teks percobaan yang memuat tujuan percobaan, kajian teori, alat dan bahan, prosedur atau cara kerja, hasil observasi, pembahasan dan kesimpulan.
  2. Tuliskan hasil percobaan dalam bentuk tabel, grafik, bagan atau gambar agar pembaca lebih mudah melihat hasilnya.
  3. Penutup
  4. Menyusun kerangka dalam teks dengan memperhatikan kaidah kebahasaan yang digunakan.

Contoh

Berikut ini contoh teks laporan ujian yang dikutip dari buku Bahasa Indonesia Kelas IX SMP/MTs Kemendikbud Tahun 2018 dengan sedikit perubahan.

Laporan latihan
Jaringan Xilem
Shafira Nur Fadlilah, dkk
SMPN 1 Dolopo, Madiun

1. Tujuan

Untuk mengetahui jaringan xilem pada tumbuhan.

2. Studi teori

Xylem adalah jaringan yang kompleks. Xylem terdiri dari beberapa jenis sel yang berbeda. Komponen utamanya adalah trakeid dan trakea. Jaringan tersebut berfungsi sebagai saluran pembawa air dengan dinding sel yang agak tebal yang juga berfungsi sebagai penopang. Xilem juga terdiri dari serabut, sklerenkim dan sel parenkim hidup. Xylem berperan dalam berbagai aktivitas metabolisme sel. Xylem juga dikenal sebagai pembuluh kayu yang membentuk kayu di batangnya.

Trakeid dan trakea adalah dua kelompok sel yang membentuk pembuluh xilem. Kedua jenis sel berbentuk elips. Kedua jenis sel tersebut memiliki dinding sekunder lignin dan tidak mengandung kloroplas, sehingga merupakan sel mati. Perbedaan utama keduanya adalah pada trakeid tidak terdapat perforasi (lubang), hanya terdapat celah (titik), berupa plasmodesmata yang menghubungkan satu sel dengan sel lainnya. Sedangkan pada trakea terdapat perforasi pada ujung sel.

Pengangkutan air dan mineral di trakea terjadi melalui perforasi ini, sedangkan di trakeid terjadi melalui titik-titik (celah) antar sel. Sel-sel penyusun trakea tersusun sedemikian rupa sehingga membentuk deretan sel memanjang (ujung ke ujung) yang membentuk pipa panjang (kapiler). Penebalan dinding trakea bisa berupa cincin spiral atau jaring.

3. Alat dan bahan

Alat dan bahan yang diperlukan dalam percobaan ini adalah sebagai berikut.

  • Pemotong
  • 2 tanaman pacar air
  • 2 botol 1500 ml air mineral bekas
  • Pewarna makanan biru dan merah 2 bungkus
  • Air secukupnya

4. Prosedur/cara kerja

  • Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.
  • Membersihkan akar tanaman yang suka air dari tanah yang masih menempel.
  • Potong tanaman pacar kedua secara utuh.
  • Biarkan akar tanaman pacar kedua tetap utuh.
  • Potong kedua botol air mineral bekas dengan ukuran yang sama untuk tempat menaruh tanaman henna atau potong sesuai ukuran tanaman henna.
  • Kemudian isi kedua botol air mineral bekas yang sudah dipotong dengan air secukupnya.
  • Beri label pada botol air mineral bekas. Contoh:
    • Tandai A untuk tanaman yang menyukai air yang akarnya masih utuh.
    • Tandai B untuk tanaman yang menyukai air dan tidak memiliki akar.
  • Untuk memasukkan pewarna makanan ke dalam botol air mineral bekas, misalnya:
    • Titik A mendapat pewarna makanan biru.
    • Titik B mendapat pewarna makanan merah.
  • Aduk air yang dicampur dengan pewarna makanan hingga merata.
  • Tempatkan tanaman henna di setiap botol air mineral bekas.
  • Setelah semuanya selesai, tunggu satu sampai dua hari untuk melihat hasil percobaan yang dilakukan, dengan catatan setiap hari kami selalu mengecek apakah ada perubahan pada masing-masing tanaman yang menyukai air tersebut.

5. Hasil keamanan

Nomor

Tanaman

Perubahan yang terjadi pada Hari 1

Perubahan yang terjadi pada hari ke-2

1

Tanaman sahabat air yang akarnya masih utuh. Di dasar bagasi di dalamnya mulai terlihat adanya bejana berwarna biru. Daun dan pembuluh xilem tampak biru.

2

Tumbuhan pencinta air yang tidak memiliki akar Di pangkal batang di dalamnya mulai terlihat ada pembuluh darah berwarna merah Daun dan pembuluh xilem tampak merah.

6. Reservasi

Pada kedua tumbuhan penyuka air berlabel A dan B, hasilnya sama yaitu akan muncul jaringan xylem pada kedua tumbuhan tersebut. Sesuai dengan fungsinya yaitu menyalurkan air dan menyerap mineral ke seluruh bagian tanaman. Proses penyerapan disebut proses osmosis yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu (1) kekuatan tekanan akar, (2) daya kapilaritas dan (3) daya hisap daun.

Proses pengangkutan ini dibagi menjadi 2 sebagai berikut

  1. Transportasi ekstrafascikular, transportasi di luar bundel pembuluh darah. Awalnya, air dan garam mineral yang terlarut dalam tanah diserap oleh bulu-bulu akar. Pada dasarnya, cairan dalam sel tumbuhan lebih pekat daripada larutan dalam tanah. Perbedaan konsentrasi ini menyebabkan adanya larutan di dalam tanah. Perbedaan konsentrasi ini menyebabkan larutan dalam tanah meresap ke dalam sel tanaman melalui membran semipermeabel pada epidermis akar rambut. Peristiwa ini dikenal sebagai osmosis. Setelah melewati rambut akar, air bergerak melalui korteks, endodermis dan silinder pusat. Air terus bergerak hingga mencapai pembuluh xilem di silinder pusat.
  2. Transportasi Intrafascicular, transportasi yang terjadi pada berkas pembuluh air akan bergerak melalui pembuluh xilem menuju daun karena adanya aksi kapiler pada pembuluh xilem. Pembuluh xilem berbentuk seperti pipa kecil yang dapat mengangkut air lebih kuat dibandingkan pipa besar. Selanjutnya terjadi transpirasi (penguapan) di daun. Terjadinya peristiwa transpirasi akan menyebabkan mengalirnya air dan garam-garam mineral dari batang ke daun. Proses ini disebut sebagai kemampuan daun untuk menyerap air dan garam mineral.

7. Kesimpulan

Pada tanaman yang menyukai air, ada tidaknya akar tidak menjadi masalah karena batangnya juga mengandung pembuluh xilem. Pembuluh xilem menyerap air dan mineral kemudian mengedarkannya ke seluruh bagian tumbuhan, sehingga daun dan pembuluh xilem pada tumbuhan tersebut akan berubah warna menjadi merah dan biru.

Bibliografi

  1. http://id.anwers.yahoo.com/question/index?qid=20091025033445AAer4xg
  2. http://www.crayonpedia.org/mw/1._Structure_dan_Fungsi_Jaringan_Tumbuhan_11.1

Demikianlah gambaran singkat mengenai teks laporan sidang. Artikel lain yang dapat dibaca antara lain contoh teks report tentang observasi dan strukturnya, contoh teks report tentang observasi tentang tumbuhan, contoh teks report tentang observasi tentang hewan, contoh report text singkat, contoh report text tentang observasi tentang alam, contoh laporan perjalanan singkat, contoh teks prosedur. singkat bahasa indonesia, teks prosedur bahasa indonesia, contoh latar belakang laporan magang, contoh laporan praktikum pengantar, contoh teks prosedur sederhana membuat minuman, essay ilmiah, semi ilmiah dan non ilmiah, tata cara penulisan catatan kaki, dan cara daftar menulis Referensi. Semoga ini bermanfaat. Terima kasih.

website Pelajaran SD SMP SMA dan Kuliah Terlengkap

Materi pelajaran terlengkap

mata pelajaran
jadwal mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa mata pelajaran sd mata pelajaran dalam bahasa jepang mata pelajaran kurikulum merdeka mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran sma jurusan ips mata pelajaran sma
bahasa inggris mata pelajaran
bu ani memberikan tes ujian akhir mata pelajaran ipa
tujuan pemberian mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah adalah
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional. artinya mata pelajaran smp mata pelajaran ipa mata pelajaran bahasa indonesia mata pelajaran ips mata pelajaran bahasa inggris mata pelajaran sd kelas 1
data mengenai mata pelajaran favorit dikumpulkan melalui cara
soal semua mata pelajaran sd kelas 1 semester 2 mata pelajaran smk mata pelajaran kelas 1 sd mata pelajaran matematika mata pelajaran ujian sekolah sd 2022
bahasa arab mata pelajaran mata pelajaran jurusan ips mata pelajaran sd kelas 1 2021 mata pelajaran sbdp mata pelajaran kuliah mata pelajaran pkn
bahasa inggrisnya mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa kelas 10 mata pelajaran untuk span-ptkin mata pelajaran ppkn mata pelajaran ips sma mata pelajaran tik
nama nama mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran pkn sd mata pelajaran mts mata pelajaran pjok
nama nama mata pelajaran dalam bahasa arab mata pelajaran bahasa inggrisnya mata pelajaran bahasa arab
seorang pengajar mata pelajaran akuntansi di sekolah berprofesi sebagai
nama mata pelajaran dalam bahasa jepang
hubungan bidang studi pendidikan kewarganegaraan dengan mata pelajaran lainnya
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional artinya mata pelajaran dalam bahasa arab
tujuan mata pelajaran seni rupa adalah agar siswa

You May Also Like

About the Author: Hack Adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *