teknik produksi adalah – Hack.ac.id

teknik produksi adalah

Jawaban :

teknik produksi ialah berkaitan erat dengan disiplin dan bagian pokok dari teknik industri (Industrial Engineering). … Disiplin teknik industri ialah sebagai teknik manufaktur dengan berbagai pertimbangan yang berkaitan dengan proses produksi.

Teknik Proses Produksi

Penggolongan proses produksi menurut teknik atau sifat produksi akan menetukan jenis atau bentuk pokok yang dipakai dalam proses produksi. Berdasarkan tekniknya dapat dibagi menjadi beberapa macam yaitu:

a. Proses Ekstraktif

Proses produksi yang dijalankan dengan mengambil lansung dari sumber alam yang telah tersedia. Misalnya: proses penambangan, perusahaan perikanan, perkebunan dan sebagainya.

b. Proses Analitis

Proses analitis adalah proses untuk menguraikan atau memisahkan dari suatu bahan mentah tertentu menjadi beberapa macam bentuk yang menyerupai jenis aslinya. Contohnya: Pertamina

c. Proses Fabrikasi.

Seperti proses analistis tetapi dalam menggunakan alat seperti mesin, gergajinya menjadikan bentuk baru beberpa macam tanpa harus sejenis aslinya. Contohnya: pakaian, proses pembuatan sepatu dan sebagainya.

d. Proses Sintesis

Prose mengkombinasikan beberpa bahan (persenyawaan zat) dalam suatu bentuk produk. Contohnya: perusahaan kimia, obat-obatan, gelas, kaca, dan sebagainya.

e. Proses Assembling

Proses assembling berarti merangkaikan beberapa produk jadi atau setengah jadi menjadi produk baru (barang abaru) tanpa merubah bentuk fisik susunan kimiawinya. Contohnya: perusahaan karoseri mobil, IPTN, perusahaan alat listrik dan sebagainya.

You May Also Like

About the Author: Hack Adm