seseorang hendaknya percaya pada yang gaib atas dasar petunjuk – Hack.ac.id

seseorang hendaknya percaya pada yang gaib atas dasar petunjuk?

Jawaban

Seseorang hendaknya percaya pada yang gaib atas dasar petunjuk Al-Quran dan Hadist.

Pembahasan.
Mempercayai hal-hal yang ghaib merupakan salah satu syarat dari benarnya keimanan. Ghaib secara bahasa adalah sesuatu yang tidak tampak. Sedangkan ghaib menurut istilah adalah sesuatu yang tidak tampak oleh panca indra tapi ada dalil tertulis yang menjelaskan akan keberadaannya, seperti surga, neraka dan apa yang ada di dalamnya, alam malaikat, hari akhir, alam langit dan yang lainnya yang tidak bisa diketahui manusia kecuali bila ada pemberitaan dari Allah SWT.

Sebagaimana dalam QS Al-Baqarah ayat 3 ”Yaitu orang-orang yang beriman kepada yang gaib, melaksanakan shalat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan.” Seperti halnya percaya adanya malaikat. Malaikat merupakan makhluk Allah yang diciptakan dari nur (cahaya) dan bersifat gaib, selalu taat dan patuh terhadap semua perintah Allah serta tidak pernah dusta terhadap Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda: “Allah menciptakan malaikat dari cahaya, menciptakan jin dari nyala api dan menciptakan Adam dari apa yang terlah disifatkan (dijelaskan) kepada kalian.” (HR. Muslim).

Beriman kepada hal yang ghaib berarti meyakini ciptaan Allah SWT yang berada di luar dunia nyata, dan meyakini secara penuh tentang kekuasaan-Nya. Namun percaya atau beriman kepada hal yang ghaib bukan berarti meyakini bahwa makhluk ghaib itu memiliki kekuatan penuh, karena jika hal ini sampai terjadi maka akan mengakibatkan kemusyrikan atau menganggap ada sesuatu kekuatan selain kekuatan Allah SWT.
Jadi, Seseorang hendaknya percaya pada yang gaib atas dasar petunjuk Al-Quran dan Hadist.

Kemudian, Buk Guru sangat menyarankan siswa sekalian untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu pembagian wilayah benua australia dengan penjelasan jawaban dan pembahasan yang lengkap.

You May Also Like

About the Author: Hack Adm