salah satu penyebab terjadinya reformasi gereja adalah – Hack.ac.id

Berikut ini merupakan penyebab terjadinya reformasi gereja di Eropa pada abad ke-16 dan ke-17, kecuali ….

A. Kekuasaan absolut yang dijalankan Paus

B. Perselisihan paham dan pandangan di kalangan umat

C. Kurang cakapnya para pemimpin agama

D. Penjualan surat pengampunan dosa

E. Turut campurnya raja terhadap kehidupan beragama

Jawaban

Berikut ini adalah kondisi sosial-keagamaan yang melatarbelakangi Reformasi Gereja pada tahun 1517 (sekitar abad ke-16 dan ke-17):

Paus yang menjalankan kekuasaan secara absolut, dengan begitu pemuka agama kurang cakap memimpin umat. Krisis moral dalam tubuh gereja. Banyak terjadi penyelewengan kekuasaan oleh pejabat gereja (termasuk Paus), korupsi, jual-beli indulgensi (surat pengampunan dosa). Munculnya ketidakpuasan terhadap kepemimpinan gereja dari dalam tubuh gereja sendiri. Wycliffe dan Hus adalah contoh tokoh-tokoh yang kecewa terhadap kondisi internal gereja. Semakin berkembangnya tradisi intelektual dan iklim kebebasan di Eropa. Hal ini terkait golongan Renaisans yang menekankan kemampuan akal sehat, otonomi individu dan tanggung jawab manusia untuk menciptakan kebahagiaan dunia. Tokohnya yaitu Marthin Luther dan raja-raja yang berani melawan otoritas kepausan. Raja-raja yang melawan otoritas kepausan secara tidak langsung mencampuri urusan agama dan menimbulkan konflik dengan pihak gereja. Raja turut ikut campur terhadap kehidupan beragama, ditunjukkan pada saat terjadinya perselisihan antara Paus dengan Raja Inggris, Henry VIII. Perselisihan ini terjadi karena Paus tidak menyetujui keputusan Henry VIII untuk membatalkan pernikahannya dengan Katherine dari Aragon. Akibatnya Henry memilih untuk memutuskan hubungan dengan Roma dan memunculkan reformasi gereja di Inggris. Raja Henry kemudian mendirikan gereja sendiri, Gereja Anglikan, dan menobatkan dirinya sebagai pemimpin tertinggi.

Jadi, yang tidak termasuk penyebab terjadinya reformasi gereja di Eropa pada abad ke-16 dan ke-17 adalah perselisihan paham dan pandangan di kalangan umat, karena penyebab reformasi gereja terbatas pada perselisihan kalangan pemuka gereja dengan raja-raja.

You May Also Like

About the Author: Hack Adm