Pengertian Recount Text, Jenis, Sifat, Struktur dan Contohnya adalah teks yang memberitahu pembaca tentang cerita, tindakan atau kegiatan masa lalu
Baca juga artikel terkait: Materi Teks Prosedur
Definisi Ulangan Teks
Teks naratif adalah teks yang memberitahu pembaca tentang cerita, tindakan atau kegiatan masa lalu. Tujuan komunikatifnya adalah untuk melaporkan peristiwa, kejadian atau kegiatan yang terjadi di masa lalu secara kronologis untuk menghibur atau menginformasikan pembaca.
Peta konsep
Baca juga artikel terkait: Contoh teks eksposisi: pengertian, struktur, ciri, kaidah bahasa
Jenis dan ciri-ciri teks cerita ulang
Jenis Teks Cerita Ulang
Ada banyak jenis retelling text, diantaranya:
- Teks berita.
- Kisah pengalaman.
- Biografi.
- Autobiografi.
Kembalikan fitur
- Faktual/imajinatif.
- Menceritakan kejadian di masa lalu.
- Gunakan banyak pilihan kata yang menunjukkan kronologis suatu peristiwa.
- Narasi karakter / fokus pada objek tertentu.
- Ceritakan tentang peristiwa yang bisa kita amati.
- Beritahu waktu dan tempat acara.
- Disusun secara kronologis.
- Penyajian kesan dan kesimpulan pada akhir paragraf.
Baca juga artikel terkait: Teks eksplanasi: pengertian, contoh, ciri, jenis, struktur, aturan
Ceritakan struktur teks
- Orientasi (Pendahuluan)
Yaitu memberikan informasi tentang siapa, dimana dan kapan peristiwa atau kegiatan berlangsung di masa lalu. - Acara (Acara)
Yakni, pencatatan peristiwa yang terjadi, biasanya disajikan secara kronologis, seperti “pada hari pertama, saya…, dan keesokan harinya, saya…, dan pada hari terakhir, saya…” . Pada bagian event juga biasanya terdapat komentar-komentar pribadi mengenai peristiwa atau kejadian yang diceritakan. - Reorientasi (Pengulangan Pengakuan)
Ada pengulangan pendahuluan dalam orientasi, pengulangan yang merangkum rangkaian peristiwa, kejadian atau kegiatan yang diceritakan.
Baca juga artikel terkait: teks prosedur kompleks – definisi, tujuan, struktur, aturan, kata kerja, kata sambung, contoh
Aturan bahasa Herteltext
Fitur linguistik umum dalam teks Hertel adalah penggunaan tenses yang menundukkan konjungsi dan kata kerja perilaku.
- Gunakan kata-kata yang menunjukkan apa, dimana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana.
- Penggunaan verba perilaku (sikap yang benar-benar dilakukan)
- Gunakan bentuk lampau.
- Gunakan kata-kata yang menunjukkan tempat dan waktu tertentu.
Baca juga artikel terkait: pengertian teks editorial, tujuan, struktur, fungsi dan contoh
Jenis dan jenis teks menceritakan kembali
Pemulihan pribadi
Adalah menceritakan kembali yang melibatkan penulis atau pendongeng secara pribadi. Narasi atau cerita pribadi berfungsi untuk membangun keakraban antara penulis dan pembaca.
Contoh teks naratif pribadi adalah buku harian, surat pribadi, dan percakapan. Penceritaan ulang pribadi memiliki beberapa fitur berikut:
- Ini adalah pengalaman pribadi penulis
- Ditulis secara subyektif
- Gunakan orang pertama (saya dan kami) dan orang ketiga (dia dan mereka)
Personal retelling pribadi, misalnya surat pribadi yang ditujukan oleh seorang anak kepada ibunya. Dalam surat tersebut, sang anak mengatakan bahwa ia sangat merindukan ibunya.
Menceritakan kembali fakta
Adalah cerita yang merekam suatu peristiwa berdasarkan kenyataan. Contoh menceritakan kembali fakta adalah catatan sejarah, biografi, otobiografi, laporan penelitian ilmiah dan berita media massa. Narasi faktual memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
- Waktu penulisan dilakukan secara detail untuk memudahkan pembaca memahami urutan kejadian
- Akhir cerita dapat diketahui dari hasil kegiatan atau peristiwa, misalnya dalam kegiatan ilmiah
- Penguraian fakta dilakukan secara detail untuk memberikan informasi yang lebih lengkap.
Pengulangan Imajinasi
Apakah menceritakan kembali dibuat berdasarkan pengalaman imajiner. Contoh penceritaan ulang imajiner adalah cerita pendek dan novel. Penceritaan ulang imajiner memiliki karakteristik sebagai berikut:
- Berdasarkan pengalaman atau imajinasi penulis
- Gunakan gaya bahasa tertentu
Baca Juga Artikel Terkait : “Teks Diskusi” Pengertian & (Struktur – Tujuan – Jenis – Contoh)
Cara dan tips untuk menceritakan kembali
Cara membuat pemulihan
- Baca retext secara keseluruhan.
- Perhatikan pemilihan kata (diksi) yang tepat dalam teks naratif.
- Ringkaslah isi teks retelling secara keseluruhan.
- Tentukan jenis teks apa yang akan digunakan sebagai konversi.
- Tulis jenis teks apa yang akan digunakan sebagai konversi.
- Tulis ulang teks yang menceritakan kembali dalam bentuk yang berbeda.
- Tinjau formulir teks baru jika mungkin ada kesalahan.
Tips dalam Bercerita
- Membangkitkan rasa ingin tahu pendengar.
- Bangun imajinasinya, gunakan emosi dan semua indranya.
- Masukkan poin secara alami.
- Sertakan penonton dalam cerita.
- Bantu pendengar berpikir.
Baca juga artikel terkait: Pengertian teks anekdot beserta contohnya
Contoh Teks Cerita Ulang
Henry Guntur Tarigan, lahir pada tanggal 23 September 1933 di Linggajulu, Kabanjahe, Sumatera Utara. Menyelesaikan pendidikan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Padjadjaran, Bandung (1962). Beliau mengikuti Studi Pascasarjana Linguistik di Rijksuniversiteit Leiden, Belanda (1971–1973). Meraih gelar Doktor Ilmu Linguistik dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (1975) dengan tesis berjudul “Morfologi Bahasa Simalungun”. Karya-karyanya antara lain: Struktur Sosial Masyarakat Simalungun, Morfologi Bahasa Simalungun, Dasar Puisi, Dasar Fiksi, Dasar Drama, Dasar Kritik Sastra, Pengantar Sintaks, Bahasa Karo, Sastra Lisan Karo, Percikan Budaya Karo, Psikolinguistik, Tagmemik Grammar, Linguistik Kontrastif, Mendengar (Sebagai Keterampilan Berbahasa), Berbicara (Sebagai Keterampilan Berbahasa), Membaca (Sebagai Keterampilan Berbahasa), Menulis (Sebagai Keterampilan Berbahasa), dan Tatarucingaan Sunda.
1. Informasi yang kita peroleh setelah membaca teks naratif biografi di atas adalah…
- A. Henry Guntur Tarigan adalah seorang tokoh linguistik dan sastra.
- B. Henry Guntur Tarigan mempresentasikan empat karya ilmiah.
- C. Henry Guntur Tarigan memperoleh gelar doktor dari Rijksuniversiteit Leiden, Belanda (1971–1973).
- D. Henry Guntur Tarigan lahir di Linggajulu, Kabanjahe, Sumatera Utara.
- E. Henry Guntur Tarigan lahir di Leiden, Belanda.
2. Konjungsi dalam teks biografi di atas adalah…
- A. dan, dengan.
- B. dan, op.
- C. dan, di.
- D. dan, ditemani.
- E. dan, antara.
Bacalah teks narasi biografi di bawah ini dengan cermat untuk mengerjakan soal 3 sampai 4!
DARI SEJARAH RAMADHAN KH
- Dia suka dipanggil Tutun oleh keluarganya, dan dipanggil Atun oleh teman dekatnya. Ia sendiri yang menulis namanya, Ramadhan KH, semacam kependekan dari Ramadhan Kartahadimadja. Lahir di Bandung, 16 Maret 1927, Ramadhan adalah anak ketujuh dari sepuluh bersaudara. Ayahnya Rd. Edjeh Kartahadimadja, adalah seorang gubernur pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Ramadhan lahir dari pernikahan Rd. Kartahadimadja dengan istri ketiganya, Sadiah.
- Masa kecil Ramadhan dihabiskan di Cianjur, kota yang diselimuti hawa sejuk, tempat kelahiran sastrawan terkenal Utuy Tatang Sontani (1918-1978). Dunia Ramadhan seperti kincir ria: Ia mentransformasi puisi menjadi novel dan cerpen; dia bekerja sebagai jurnalis, mengelola ruang budaya dan menjadi penulis lepas hingga sekarang; ia menerjemahkan karya sastra internasional dan berpartisipasi aktif dalam membangun jembatan budaya yang menghubungkan Indonesia dengan mancanegara; dia mengedit sejumlah buku dan ikut mengelola sebuah penerbit; aktif terlibat dalam kepengurusan sebuah organisasi kesenian; Ia kemudian dikenal sebagai penulis biografi tokoh-tokoh terkemuka Indonesia. tanpa keraguan
- Ramadhan KH menempati tempat terkemuka di jajaran sastrawan Indonesia.
(Dikutip dari buku: Ramadhan KH Tiga Perempat Abad)
3. Teks naratif biografi di atas yang memiliki struktur orientasi adalah…
- A. Paragraf 1.
- B. Paragraf 2.
- C. Paragraf 3.
- D. Paragraf 2 dan 3.
- E. Paragraf 1 dan 2.
4. Informasi yang kita peroleh setelah membaca teks naratif biografi di atas adalah…
- A. Ramadhan KH adalah seorang sastrawan yang lahir di Bandung dan memiliki tiga orang anak.
- B. Ramadhan KH adalah putra Raden Kartahadimadja dari istri ketiganya Sadiah.
- C. Ramadhan KH memiliki nama lengkap Ramadhan Kartanegara.
- D. Ramadhan KH adalah seorang sastrawan yang lahir di Bandung dan memiliki tiga istri.
- E. Ramadhan KH adalah sastrawan yang menerjemahkan karya internasional.
5. Teks naratif biografi di atas yang memuat struktur urutan peristiwa dalam kehidupan tokoh adalah…
- A. Paragraf 1.
- B. Paragraf 2.
- C. Paragraf 3.
- D. Paragraf 2 dan 3.
- E. Paragraf 1 dan 2.
6. Menceritakan kembali adalah:
- A. cerita di masa lalu yang berulang kali diceritakan atau diceritakan kembali.
- B. cerita masa lalu yang diceritakan kembali secara tidak teratur.
- C. cerita masa lalu yang tidak ada kaitannya dengan kronologi penceritaan.
- D. cerita yang diulang-ulang di masa sekarang tanpa memikirkan benar atau tidaknya cerita tersebut.
- E. cerita yang akan terulang di era abad ke-20.
7. Ciri-ciri menceritakan kembali:
- A. Menceritakan kejadian di masa lalu, disusun secara kronologis.
- B. Ceritakan masalah nyata di masa lalu.
- C. Memberikan informasi tentang masa lalu
- D. Memberikan hiburan kepada pembaca
- E. Berbagi pengalaman dengan orang lain.
8. Struktur penceritaan kembali adalah…
- A. Timur – tahapan peristiwa – reorientasi
- B. Orientasi – acara – reorientasi
- C. Orientasi – tahapan peristiwa – reorientasi
- D. Oriental – peristiwa – reorientasi
- E. Pendahuluan – tahapan peristiwa – pengulangan kata benda.
9. Proses yang harus dilakukan untuk mengonversi teks recount adalah sebagai berikut:
- meringkas isi teks retelling secara keseluruhan
- merevisi bentuk teks baru jika mungkin ada kesalahan
- menulis ulang teks naratif dalam bentuk yang berbeda
- membaca retext secara keseluruhan
- perhatikan pilihan kata (diksi) yang tepat dalam teks retelling
- tentukan jenis teks apa yang akan digunakan sebagai konversi
Urutan di atas tidak benar, urutan apa yang benar?
- A.4 – 5 – 1 – 6 – 3 – 2
- B.4 – 1 – 5 – 2 – 3 – 6
- C.4 – 5 – 6 – 1 – 2 – 3
- D.4 – 1 – 6 – 5 – 2 – 3
- E.4 – 5 – 1 – 3 – 2 – 6
10. Cerita naratif ada tiga jenis, yaitu…
- A. Menceritakan kembali secara pribadi, menceritakan kembali secara faktual dan menceritakan kembali secara imajinatif.
- B. Menceritakan kembali secara pribadi, menceritakan kembali informasional dan menceritakan kembali imajinatif.
- C. Menceritakan kembali secara umum, menceritakan kembali pendapat dan menceritakan kembali secara rasional.
- D. Narasi pribadi, narasi umum dan narasi informatif.
- E. Jawaban A dan B benar.
website Pelajaran SD SMP SMA dan Kuliah Terlengkap
mata pelajaran
jadwal mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa mata pelajaran sd mata pelajaran dalam bahasa jepang mata pelajaran kurikulum merdeka mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran sma jurusan ips mata pelajaran sma
bahasa inggris mata pelajaran
bu ani memberikan tes ujian akhir mata pelajaran ipa
tujuan pemberian mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah adalah
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional. artinya mata pelajaran smp mata pelajaran ipa mata pelajaran bahasa indonesia mata pelajaran ips mata pelajaran bahasa inggris mata pelajaran sd kelas 1
data mengenai mata pelajaran favorit dikumpulkan melalui cara
soal semua mata pelajaran sd kelas 1 semester 2 mata pelajaran smk mata pelajaran kelas 1 sd mata pelajaran matematika mata pelajaran ujian sekolah sd 2022
bahasa arab mata pelajaran mata pelajaran jurusan ips mata pelajaran sd kelas 1 2021 mata pelajaran sbdp mata pelajaran kuliah mata pelajaran pkn
bahasa inggrisnya mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa kelas 10 mata pelajaran untuk span-ptkin mata pelajaran ppkn mata pelajaran ips sma mata pelajaran tik
nama nama mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran pkn sd mata pelajaran mts mata pelajaran pjok
nama nama mata pelajaran dalam bahasa arab mata pelajaran bahasa inggrisnya mata pelajaran bahasa arab
seorang pengajar mata pelajaran akuntansi di sekolah berprofesi sebagai
nama mata pelajaran dalam bahasa jepang
hubungan bidang studi pendidikan kewarganegaraan dengan mata pelajaran lainnya
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional artinya mata pelajaran dalam bahasa arab
tujuan mata pelajaran seni rupa adalah agar siswa