
Pengertian Negara Kesatuan Republik Indonesia
Berdasarkan latar belakang terbentuknya negara Indonesia, dapat disimpulkan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah suatu bentuk pemerintahan yang terdiri dari wilayah yang luas dan tersebar dengan berbagai adat istiadat, suku, kepercayaan, dan budaya yang memiliki kesamaan tujuan pokok. menjadi bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.
Sedangkan pengertian Negara Kesatuan Republik Indonesia menurut UUD 1945 Pasal 1 ayat (1) berbunyi sebagai berikut: Negara Indonesia adalah Negara Kesatuan yang berbentuk Republik. Ketentuan ini dijelaskan dalam pasal 18 UUD 1945 ayat 1 yang menyatakan bahwa negara kesatuan republik indonesia dibagi atas provinsi dan provinsi dibagi atas kota dan kabupaten, dimana setiap kota, kabupaten, dan provinsi mempunyai pemerintahan daerah yang diatur oleh UUD.
Sejarah Republik Indonesia
Berdasarkan sejarah bangsa Indonesia, ketika tanam paksa (Sistem Budaya) diperkenalkan oleh Belanda pada tahun 1615 merusak struktur tanah milik pribumi, dimana tanah merupakan modal dasar bagi pribumi dalam menjalankan segala urusannya. kegiatan. Dengan adanya penerapan tanam paksa mengubah jenis tanaman asli dengan jenis tanaman impor dari Eropa yang dengan cara tidak dikuasai oleh penduduk asli, menyebabkan penduduk asli tidak lagi dapat mengolah tanah yang mereka miliki dan tidak mengelolanya. . tidak mengerti jenis-jenis tumbuhan yang berasal dari Eropa, sehingga penduduk asli pada saat itu bodoh, termiskin, terbelakang dan tertindas.
Hal inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh Belanda untuk membangun pemerintahan yang disebut Hindia Belanda untuk mengatur kehidupan pribumi yang semakin tertindas, yang pada akhirnya menciptakan sistem kerja paksa untuk menggali hasil pertanian di Indonesia.
Pada awal tahun 1900, pemerintah Hindia Belanda menerapkan kebijakan politik etis sebagai bentuk pengembalian kepada pribumi dengan mendirikan sistem pendidikan di wilayah Indonesia. Namun karena biaya yang dikenakan untuk memperoleh pendidikan tersebut terlalu mahal, hal ini menyebabkan tidak semua penduduk asli dapat menikmati pendidikan yang dilaksanakan di Indonesia. Disinilah strata sosial dibangun dalam kehidupan masyarakat Indonesia.
Bentuk strata sosial memposisikan pribumi sebagai mayoritas di kelas paling bawah, kelas atas adalah pribumi bangsawan dan pendatang dari Asia Timur (China, India, Arab, dll), kemudian kelas atas adalah orang Eropa dan orang kulit putih lainnya. putih. Hal ini membuat pribumi sebagai mayoritas semakin bodoh, miskin, terbelakang dan tertindas. Sehingga pada tahun 1908 Dr. Soetomoe membangun pendidikan informal dan gratis bagi pribumi dengan nama Budi Utomo sebagai bentuk kepedulian terhadap pribumi yang semakin tertindas.
Pada akhirnya pendidikan adat ini dilanjutkan oleh Ki Hajar Dewantara dengan secara resmi mendirikan Taman Siswa pada tahun 1920. Pendidikan adat dimotori oleh Dr. Soetomoe dan Ki Hajar Dewantara membangkitkan jiwa kebangsaan dan persatuan untuk melawan Belanda, yang pada akhirnya melahirkan bangsa Indonesia pada tanggal 28 Oktober 1928 melalui momen Sumpah Pemuda pada Kongres Pemuda II di Jakarta yang telah datang. . Jong-jong atau pemuda dari berbagai pulau di Indonesia yang memiliki komitmen untuk meningkatkan harkat dan martabat kehidupan masyarakat Indonesia (pribumi).
Fungsi negara
- Pemeliharaan keadilan oleh lembaga peradilan sesuai dengan hukum.
- Mengusahakan kemakmuran, kesejahteraan dan keadilan bagi rakyatnya.
- Menerapkan kontrol untuk mencapai tujuan bersama dan mencegah hal-hal buruk di masyarakat. Dalam hal ini negara berperan sebagai stabilisator yaitu pihak yang menstabilkan keadaan dalam masyarakat.
- Menjaga terpeliharanya kedaulatan negara dan kemungkinan terjadinya serangan yang dapat mengancam kelangsungan hidup negara.
Tujuan negara
- Untuk mencapai kesejahteraan umum.
- Untuk melaksanakan ketertiban umum
- Untuk memperluas kekuasaan.
- Tujuan Negara Menurut ajaran Plato
Tujuan negara adalah mewujudkan kesusilaan manusia sebagai makhluk sosial yang individual.
- Tujuan Negara Menurut Rousseau
Tujuan negara adalah untuk menciptakan kesetaraan dan kebebasan bagi warga negaranya.
- Tujuan Negara Menurut Roger H. Soltau
Tujuan negara adalah agar rakyatnya dapat berkembang dan mengembangkan kreativitasnya sebebas-bebasnya.
- Nyatakan tujuan menurut Shan Yang dan Machiavelli
Tujuan negara adalah memperluas kekuasaan sehingga rakyat harus rela berkorban demi kehormatan negara.
Negara bertujuan untuk menciptakan kondisi yang baik sehingga rakyatnya dapat sepenuhnya mencapai keinginan mereka.
- Tujuan negara Menurut doktrin negara hukum
Tujuan negara adalah untuk menyelenggarakan tatanan hukum yang berlaku bagi negara tersebut.
- Tujuan negara Menurut ajaran teokratis
Tujuan Negara adalah untuk mencapai kehidupan yang damai dan aman dengan menaati Tuhan Yang Maha Esa.
- Tujuan negara Menurut doktrin negara Polis
Tujuan negara adalah untuk mengatur ketertiban dan keamanan dalam negara.
- Sebutkan tujuan menurut Agustinus dan Thomas Aquinas
Tujuan Negara adalah untuk mencapai kehidupan dan kehidupan yang aman dan damai melalui ketaatan dan di bawah bimbingan Tuhan Yang Maha Esa.
- Tujuan Negara Menurut ajaran Negara Kesejahteraan
Tujuan negara adalah untuk mewujudkan kesejahteraan umum.
Fungsi Negara Kesatuan Republik Indonesia
- Fungsinya untuk membentuk lembaga negara.
- Fungsinya untuk membuat undang-undang.
- Fungsinya untuk menentukan anggaran pendapatan dan belanja pemerintah.
- Fungsinya untuk membuat undang-undang dan peraturan umum.
- Fungsinya untuk menguji akuntabilitas keuangan publik.
- Fungsinya adalah pertimbangan.
- Fungsi pemerintah adalah mengatur kekayaan.
- Fungsinya untuk keadilan.
- Fungsinya untuk merencanakan kegiatan pembangunan Negara.
Tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia dinyatakan dalam pembukaan UUD 1945 alinea 4, yaitu:
- Ikut serta dalam penyelenggaraan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.
- Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia serta memajukan kesejahteraan umum.
- Memperkaya kehidupan bangsa.
Menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945 menandai lahirnya bangsa Indonesia. Sejak saat itu, Indonesia menjadi negara yang berdaulat dan berhak menentukan nasib dan tujuannya sendiri.
Bentuk pemerintahan yang dipilih oleh para pendiri bangsa adalah negara kesatuan republik indonesia. Meskipun sepanjang sejarah telah ada upaya untuk mengganti bentuk pemerintahan, upaya tersebut tidak berlangsung lama dan selalu digagalkan oleh rakyat. Misalnya, ada upaya mengubah bentuk negara di Indonesia Bersatu. Namun upaya untuk mengganti bentuk pemerintahan itu segera sirna. Indonesia kembali menjadi negara kesatuan. Hingga saat ini, negara kesatuan tetap dipertahankan. Sebagai generasi penerus bangsa dan juga sebagai pelajar, kami merasa terpanggil untuk ikut serta dalam upaya bela negara.
Bangsa kita terus bergerak maju dan terus melalui sejarah. Berbagai kemajuan dan perkembangan masih dinikmati oleh masyarakat. Namun, ancaman terhadap kedaulatan dan kerukunan berbangsa dan bernegara tetap saja terjadi, meskipun intensitasnya rendah. Ancaman, meskipun intensitasnya kecil, jauh lebih kompleks. Ancaman tersebut dapat dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu ancaman yang berasal dari luar negeri dan ancaman dari dalam negeri.
-
Ancaman dalam negeri
- Kerusuhan
Ancaman kerusuhan akan muncul jika terjadi kesenjangan ekonomi. Ancaman ini dapat muncul jika pembangunan nasional gagal memberikan kesejahteraan kepada masyarakat. Selain itu, pemerintah gagal mengurangi ketidakadilan sosial ekonomi. - Tekad
Ancaman ini bisa saja terjadi di negara kita. Karena ada kelompok-kelompok tertentu yang berusaha memaksakan kepentingannya secara inkonstitusional, terutama ketika sistem sosial politik gagal mengakomodir aspirasi yang berkembang di masyarakat. - Pemberontakan Tentara
Ancaman ini bisa muncul dari separatis karena pembangunan nasional tidak bisa merata di semua daerah. - Pemberontakan kelompok yang ingin mengubah ideologi negara
Ancaman tersebut dapat berupa pemberontakan bersenjata yang dilakukan oleh orang-orang yang ingin mengubah ideologi negara dan membentuk negara baru. Kelompok yang melakukan pemberontakan ini biasanya berasal dari kelompok ekstrim, baik ekstrim kiri maupun ekstrim kanan. Kelompok ini memaksa diri untuk mengubah dasar negara Indonesia, misalnya dengan mengubah ideologi Pancasila menjadi ideologi komunisme.
Bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa dengan latar belakang budaya yang berbeda-beda. Perbedaan etnis ini dapat menjadi sumber konflik yang dapat menimbulkan perpecahan dalam negara kesatuan Republik Indonesia.
Sikap dan perilaku mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia
- Menjaga wilayah dan kekayaan tanah air Indonesia berarti menjaga seluruh kekayaan alam yang terkandung di dalamnya.
- Menciptakan ketahanan nasional, artinya setiap warga negara menjaga keutuhan, kedaulatan negara dan memperkokoh persatuan bangsa.
- Menghargai perbedaan suku, budaya, agama dan warna kulit. Perbedaan akan indah jika ada kerukunan, bahkan akan menjadi sebuah kehormatan karena merupakan salah satu aset bangsa.
- Pemeliharaan persamaan dan persatuan, yaitu kesepakatan untuk berbangsa, bersatu bahasa dan tanah air Indonesia, dan Pancasila, UUD 1945, dan Sang Saka Merah Putih. Solidaritas dapat diwujudkan dalam bentuk pengamalan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.
- Memiliki semangat persatuan yang berwawasan nusantara, yaitu semangat mewujudkan persatuan dan kesatuan dalam segala aspek kehidupan bermasyarakat, baik alam maupun aspek sosial yang berkaitan dengan kehidupan bermasyarakat. Wawasan Nusantara meliputi kepentingan bersama, tujuan bersama, keadilan, solidaritas, kerjasama dan solidaritas untuk janji bersama.
Berwawasan nusantara berarti memiliki ketentuan-ketentuan pokok yang harus dipatuhi, diperhatikan dan dipelihara oleh seluruh komponen masyarakat. Ketentuan tersebut meliputi Pancasila sebagai dasar dan UUD 1945 sebagai dasar konstitusional. Ketentuan lain dapat berupa peraturan yang berlaku di daerah yang mengatur kehidupan masyarakat. - Patuhi aturan, agar kehidupan bermasyarakat dan bernegara berjalan tertib dan aman. Jika aturan itu saling dilanggar, maka akan terjadi kekacauan yang dapat menimbulkan perpecahan.
jadi artikel keluar worlddikbud.co.id lebih Tujuan negara kesatuan republik indonesia : pengertian, sejarah, fungsi, tujuan, menjaga keutuhan, mempertahankan sikap dan perilaku, Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua.
website Pelajaran SD SMP SMA dan Kuliah Terlengkap
mata pelajaran
jadwal mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa mata pelajaran sd mata pelajaran dalam bahasa jepang mata pelajaran kurikulum merdeka mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran sma jurusan ips mata pelajaran sma
bahasa inggris mata pelajaran
bu ani memberikan tes ujian akhir mata pelajaran ipa
tujuan pemberian mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah adalah
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional. artinya mata pelajaran smp mata pelajaran ipa mata pelajaran bahasa indonesia mata pelajaran ips mata pelajaran bahasa inggris mata pelajaran sd kelas 1
data mengenai mata pelajaran favorit dikumpulkan melalui cara
soal semua mata pelajaran sd kelas 1 semester 2 mata pelajaran smk mata pelajaran kelas 1 sd mata pelajaran matematika mata pelajaran ujian sekolah sd 2022
bahasa arab mata pelajaran mata pelajaran jurusan ips mata pelajaran sd kelas 1 2021 mata pelajaran sbdp mata pelajaran kuliah mata pelajaran pkn
bahasa inggrisnya mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa kelas 10 mata pelajaran untuk span-ptkin mata pelajaran ppkn mata pelajaran ips sma mata pelajaran tik
nama nama mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran pkn sd mata pelajaran mts mata pelajaran pjok
nama nama mata pelajaran dalam bahasa arab mata pelajaran bahasa inggrisnya mata pelajaran bahasa arab
seorang pengajar mata pelajaran akuntansi di sekolah berprofesi sebagai
nama mata pelajaran dalam bahasa jepang
hubungan bidang studi pendidikan kewarganegaraan dengan mata pelajaran lainnya
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional artinya mata pelajaran dalam bahasa arab
tujuan mata pelajaran seni rupa adalah agar siswa