Pengertian Revolusi Bumi : Akibat, Gambar, Kecepatan,Dampak

revolusi-bumi-7463226-5700838-png

Sejarah Teori Revolusi Bumi

Lahir pada tanggal 19 Februari 1473 di Toruń, yang pada saat itu berada di bawah kekuasaan ordo Kristen bernama Ordo Teutonicum, nama aslinya adalah Niklas Koppernigk (Mikołaj Kopernik, dalam bahasa Polandia yang merupakan bahasa sehari-hari saat itu). Baru kemudian, ketika dia mulai menulis karya akademisnya, dia mengadopsi nama Latin, Nicolaus Copernicus. Ayahnya, seorang pedagang yang berdagang di Toruń, memiliki empat orang anak; Nikolaus adalah yang termuda. Ketika Nicolaus berusia 11 tahun, ayahnya meninggal. Seorang paman, bernama Lucas Waczenrode, membesarkan Nicolaus dan saudara-saudaranya.

Dia membantu Nicolaus mendapatkan pendidikan yang baik dan mendorongnya untuk menjadi seorang pendeta. Pendidikan Nicolaus dimulai di kampung halamannya, tetapi kemudian dilanjutkan di dekat Chełmno. Di sana dia belajar bahasa Latin dan mempelajari karya penulis kuno. Pada usia 18 tahun, dia pindah ke Kraków, yang saat itu menjadi ibu kota Polandia. Di kota ini dia kuliah dan belajar serta mengejar kecintaannya pada astronomi.

Setelah menyelesaikan pendidikannya di Cracow, paman Nicolaus yang saat itu adalah uskup Warmia memintanya untuk pindah ke Frombork, sebuah kota di Laut Baltik. Waczenrode ingin keponakannya menjadi staf katedral, tetapi Nicolaus yang berusia 23 tahun ingin memuaskan dahaganya akan pengetahuan dan berhasil membujuk pamannya untuk mengizinkannya belajar hukum gereja, kedokteran, dan matematika di universitas di Bologna dan Padua, Italia. Di sana Nicolaus bergabung dengan astronom Domenico Maria Novara dan filsuf Pietro Pomponazzi.


Pengertian Revolusi

Revolusi bumi adalah gerak bumi mengelilingi matahari. Revolusi bumi merupakan akibat adanya tarik ulur antara gaya gravitasi matahari dengan gaya gravitasi bumi, disamping adanya perputaran bumi pada porosnya atau disebut dengan rotasi bumi. Revolusi bumi sekali mengelilingi matahari adalah 365¼ hari. Bumi tidak berputar tegak lurus terhadap bidang ekliptika, tetapi miring ke arah yang sama dengan sudut 23,5 Sehubungan dengan matahari, sudut ini diukur dari garis imajiner yang menghubungkan kutub utara dan selatan, yang disebut sumbu rotasi. Copernicus adalah orang pertama yang menyatakan bahwa:

  1. Bumi berputar pada porosnya sekali dalam 1 hari
  2. Bumi bergerak mengelilingi matahari sekali dalam 1 tahun.

Sesuai dengan pendapat Copernicus, maka bumi berputar mengelilingi porosnya kecuali sekali 1 hari, ia juga berputar mengelilingi matahari atau yang disebut revolusi.Bumi berputar mengelilingi matahari dengan masa revolusi 365,25 hari (1 tahun). berlawanan arah jarum jam dan dengan kecepatan rata-rata melingkar 18,5 mil/detik. Karena ekliptika merupakan elips, matahari merupakan salah satu pusatnya, sehingga jarak matahari dari bumi tidak selalu tetap melainkan berubah-ubah.


Bukti Revolusi Bumi

Evolusi bumi dapat dibuktikan sebagai berikut melalui percobaan yang dilakukan oleh para ahli.


Orang melihat bintang S melalui teropong O, jika teropong diam maka gambar bintang S akan muncul di titik B, tetapi sebenarnya tidak demikian. Orang melihat ke arah OS, bintang tidak terlihat di B (dengan arah SOB), tetapi menyimpang ke samping, yaitu di titik B’. Ini menunjukkan bahwa teropong tidak diam, tetapi bergerak mengikuti bumi.

Bersamaan dengan lewatnya cahaya dari titik O ke B, teropong berpindah tempat atau berubah arah, sehingga cahaya tidak lagi jatuh di titik B, melainkan di sisi titik B’.


Paralaks adalah sudut dengan seluruh jari-jari lintasan Bumi seperti yang terlihat dari sebuah bintang. Sudut tersebut akan semakin kecil jika jarak bintang semakin jauh dari matahari. Jarak bintang-bintang di langit sangat jauh dari bumi, yang menyebabkan sudut paralaks bintang-bintang menjadi sangat kecil.


Karena Revolusi Bumi


Perbedaan panjang siang dan malam

Perpaduan rotasi bumi dan kemiringan sumbu bumi terhadap bidang ekliptika memunculkan berbagai fenomena alam yang berulang kali diamati setiap tahun.
Antara 21 Maret dan 23 September

  • Kutub utara menghadap matahari, sedangkan kutub selatan menjauhi matahari.
  • Belahan bumi utara menerima lebih banyak sinar matahari daripada belahan bumi selatan.
  • Panjang hari di Belahan Bumi Utara lebih panjang daripada di Belahan Bumi Selatan.
  • Ada daerah di sekitar kutub utara yang mengalami siang hari 24 jam dan ada daerah di sekitar kutub selatan yang mengalami malam hari 24 jam.
  • Jika diamati dari ekuator, matahari tampak bergerak ke utara.
  • Kutub utara paling dekat dengan matahari pada 21 Juni. Pada saat ini, pengamat di ekuator melihat matahari bergerak 23,5o ke utara.

Antara 23 September hingga 21 Maret

  • Kutub selatan lebih dekat dengan matahari, sedangkan kutub utara lebih jauh dari matahari.
  • Belahan bumi selatan menerima lebih banyak sinar matahari daripada belahan bumi utara.
  • Panjang hari di Belahan Bumi Selatan lebih panjang daripada di Belahan Bumi Utara.
  • Ada daerah di sekitar kutub utara yang mengalami malam 24 jam dan ada daerah di sekitar kutub selatan yang mengalami siang hari 24 jam.
  • Jika diamati dari ekuator, matahari tampak bergerak ke selatan.
  • Kutub selatan paling dekat dengan matahari pada 22 Desember. Pada saat ini, pengamat di ekuator melihat matahari bergerak 23,5o ke selatan.

Pada 21 Maret dan 23 Desember

  • Kutub utara dan kutub selatan memiliki jarak yang sama dari matahari.
  • Belahan Bumi Utara dan Belahan Bumi Selatan menerima jumlah sinar matahari yang sama.
  • Panjang siang dan malam sama di semua bagian dunia.
  • Di khatulistiwa, matahari tampak bergerak tepat di atas kepala.

Gerak Semu Tahunan Matahari

Pergeseran posisi matahari ke arah belahan bumi utara (22 Desember – 21 Juni) dan pergeseran posisi matahari dari belahan bumi utara ke belahan bumi selatan (21 Juni – 21 Desember) menjadi gerak semu harian matahari yang dinamakan . Disebut demikian karena matahari sebenarnya tidak bergerak. Pergerakan tersebut disebabkan oleh revolusi bumi dengan sumbu rotasi yang miring.


Perubahan musim

Belahan bumi utara dan selatan mengalami empat musim. Empat musim tersebut adalah musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin. Berikut adalah tabel musim untuk waktu dan wilayah tertentu di belahan bumi
Musim di belahan bumi utara

  • Musim Semi: 21 Maret – 21 Juni
  • Musim panas: 21 Juni – 23 September
  • Musim gugur: 23 September – 22 Desember
  • Musim dingin: 22 Desember – 21 Maret
  • Musim di belahan bumi selatan
  • Musim semi: 23 September – 22 Desember
  • Musim panas: 22 Desember – 21 Maret
  • Musim gugur: 21 Maret – 22 Juni
  • Musim dingin: 21 Juni – 23 September

Perubahan penampilan rasi bintang

Rasi bintang adalah susunan bintang yang muncul dari bumi membentuk pola tertentu. Bintang-bintang yang membentuk konstelasi sebenarnya tidak berada di lokasi terdekat. Karena letak bintang-bintang tersebut sangat jauh, mereka tampak berdekatan jika diamati dari Bumi. Rasi bintang yang kita kenal antara lain Aquarius, Pisces, Gemini, Scorpio, Leo dan lain-lain.

Saat bumi berada di sebelah timur matahari, kita hanya bisa melihat bintang yang berada di sebelah timur matahari. Saat bumi berada di utara matahari, kita hanya bisa melihat bintang yang berada di utara matahari. Karena rotasi bumi, bintang yang muncul dari bumi selalu berubah.


kalender Gregorian

Lamanya waktu dalam setahun adalah 365 hari. Untuk menampung kelebihan ¼ hari dalam setiap tahun, lamanya satu tahun diperpanjang 1 hari menjadi 366 hari dalam setiap empat tahun. Satu hari ditambahkan di bulan Februari. Tahun yang satu hari lebih lama disebut tahun kabisat. Agar lebih mudah diingat, tahun kabisat adalah tahun yang habis dibagi empat. Contohnya adalah 1984,2000, dan lain-lain.


Gambar Revolusi Bumi

revolusi-bumi-5713024


Demikian artikel Duniadunia.co.id tentang Pengertian Revolusi Bumi: Akibat, Gambar, Kecepatan, Dampak, Sejarah, Pengertian, Bukti Terjadinya, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua.

website Pelajaran SD SMP SMA dan Kuliah Terlengkap

Materi pelajaran terlengkap

mata pelajaran
jadwal mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa mata pelajaran sd mata pelajaran dalam bahasa jepang mata pelajaran kurikulum merdeka mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran sma jurusan ips mata pelajaran sma
bahasa inggris mata pelajaran
bu ani memberikan tes ujian akhir mata pelajaran ipa
tujuan pemberian mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah adalah
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional. artinya mata pelajaran smp mata pelajaran ipa mata pelajaran bahasa indonesia mata pelajaran ips mata pelajaran bahasa inggris mata pelajaran sd kelas 1
data mengenai mata pelajaran favorit dikumpulkan melalui cara
soal semua mata pelajaran sd kelas 1 semester 2 mata pelajaran smk mata pelajaran kelas 1 sd mata pelajaran matematika mata pelajaran ujian sekolah sd 2022
bahasa arab mata pelajaran mata pelajaran jurusan ips mata pelajaran sd kelas 1 2021 mata pelajaran sbdp mata pelajaran kuliah mata pelajaran pkn
bahasa inggrisnya mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa kelas 10 mata pelajaran untuk span-ptkin mata pelajaran ppkn mata pelajaran ips sma mata pelajaran tik
nama nama mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran pkn sd mata pelajaran mts mata pelajaran pjok
nama nama mata pelajaran dalam bahasa arab mata pelajaran bahasa inggrisnya mata pelajaran bahasa arab
seorang pengajar mata pelajaran akuntansi di sekolah berprofesi sebagai
nama mata pelajaran dalam bahasa jepang
hubungan bidang studi pendidikan kewarganegaraan dengan mata pelajaran lainnya
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional artinya mata pelajaran dalam bahasa arab
tujuan mata pelajaran seni rupa adalah agar siswa

You May Also Like

About the Author: Hack Adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *