
Definisi pembelajaran berbasis proyek
Istilah pembelajaran berbasis proyek merupakan istilah pembelajaran yang diterjemahkan dari istilah bahasa Inggris pembelajaran berbasis proyek. Menurut BIE 1999 dalam Trianto (20014), pembelajaran berbasis proyek adalah model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam kegiatan pemecahan masalah dan juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk bekerja secara mandiri untuk mengkonstruksi pembelajarannya sendiri dan juga berpuncak pada produksi produk hasil kerja siswa. yang memiliki realistis. nilai.
Karakteristik dan prinsip pembelajaran berbasis proyek
-
Karakteristik pembelajaran berbasis proyek
Menurut Buck Institute for Education (1999) dalam Trianto, pembelajaran berbasis proyek menetapkan karakteristik, antara lain:
- Siswa sebagai pengambil keputusan dan juga membuat kerangka kerja
- Ada masalah yang memecahkannya tidak ditentukan sebelumnya
- Siswa bertanggung jawab untuk memperoleh dan mengelola informasi yang dikumpulkan
- Siswa sebagai perancang proses untuk mencapai hasil
- Melakukan evaluasi terus menerus
- Hasil akhirnya adalah produk dan kualitasnya juga dievaluasi
- Siswa secara teratur merevisi apa yang mereka kerjakan
- Kelas memiliki suasana yang mentolerir kesalahan serta perubahan
-
Prinsip pembelajaran berbasis proyek
Pembelajaran berbasis proyek dapat dikenali dari ciri-cirinya. Pembelajaran berbasis proyek ini mengajarkan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan melalui penciptaan produk
-
Sentralitas
Proyek dalam pembelajaran berbasis proyek merupakan pusat atau inti dari kurikulum, bukan pelengkap kurikulum. Dalam pembelajaran berbasis proyek, proyek adalah model pembelajaran; siswa juga mengalami dan mempelajari konsep inti dari suatu disiplin melalui proyek.
-
Pertanyaan selam
Proyek dalam pembelajaran berbasis proyek difokuskan pada pertanyaan atau masalah, yang mendorong siswa untuk menghayati konsep dan juga inti atau prinsip utama dari disiplin tersebut. Kriteria ini sangat halus dan juga agak sulit untuk disentuh.
-
Investasi konstruktif tiga
Proyek melibatkan siswa dalam penyelidikan konstruktif, penyelidikan dapat berupa proses desain, pengambilan keputusan, dokumentasi, pemecahan masalah, deteksi masalah atau proses pengembangan model.
-
Otonomi
Proyek mendorong siswa ke tingkat yang signifikan. Proyek dalam pembelajaran berbasis proyek tidak dibuat, ditulis, atau dipetakan oleh guru. Latihan laboratorium bukanlah contoh pembelajaran berbasis proyek kecuali mereka fokus pada masalah dan juga merupakan pusat kurikulum.
-
Religisme
Proyek itu realistis. Fitur proyek memberikan keaslian kepada siswa. Karakteristik ini juga dapat mencakup topik, tugas, peran yang dimainkan oleh siswa, konteks di mana pekerjaan proyek dilakukan, kolaborator yang bekerja dengan siswa dalam proyek tersebut, produk yang akan dihasilkan, kriteria penilaian produk atau kinerja.
Langkah-langkah pembelajaran berbasis proyek
Langkah-langkah pembelajaran berbasis proyek telah dirumuskan dengan berbagai cara oleh para ahli pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran berbasis proyek adalah sebagai berikut
-
Proyek pendahuluan
Tahapan ini merupakan kegiatan yang dilakukan oleh guru di luar jam pelajaran. Pada tahap ini guru merancang deskripsi proyek, menentukan tonggak proyek, berbagi sumber belajar, menyiapkan media, dan juga kondisi pembelajaran.
Tujuan Pembelajaran Proyek
Pembelajaran berbasis proyek adalah pendorong yang sangat baik untuk membantu siswa menyelesaikan tugas yang otentik dan multidisiplin, menggunakan sumber daya yang terbatas secara efektif, dan juga berkolaborasi dengan orang lain. Pengalaman di lapangan baik guru maupun siswa bahwa pembelajaran berbasis proyek bermanfaat dan juga efektif sebagai pembelajaran.
Keuntungan dan kerugian dari pembelajaran berbasis proyek
Berkaitan dengan hal tersebut, Anatta menyebutkan beberapa keunggulan model pembelajaran berbasis proyek, antara lain:
-
Meningkatkan motivasi
Dimana siswa rajin dan juga berusaha keras untuk mencapai proyek dan merasakan bahwa belajar dalam proyek lebih menyenangkan dibandingkan dengan komponen kurikulum lainnya.
-
Meningkatkan sumber daya yang menjelaskan
Lingkungan pembelajaran berbasis proyek membuat siswa lebih aktif dan berhasil dalam memecahkan masalah yang kompleks.
-
Tingkatkan kolaborasi
Pentingnya kerja kelompok dalam proyek menuntut siswa untuk mengembangkan dan juga melatih keterampilan komunikasi mereka. Teori kognitif baru serta konstruktivis menegaskan bahwa belajar adalah fenomena sosial, dan bahwa siswa akan belajar lebih banyak dalam lingkungan kolaboratif.
jadi artikel keluar worlddikbud.co.id lebih Pengertian pembelajaran berbasis proyek: langkah-langkah, tujuan, ciri-ciri, prinsip, kekuatan dan kelemahan, Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua.
website Pelajaran SD SMP SMA dan Kuliah Terlengkap
mata pelajaran
jadwal mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa mata pelajaran sd mata pelajaran dalam bahasa jepang mata pelajaran kurikulum merdeka mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran sma jurusan ips mata pelajaran sma
bahasa inggris mata pelajaran
bu ani memberikan tes ujian akhir mata pelajaran ipa
tujuan pemberian mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah adalah
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional. artinya mata pelajaran smp mata pelajaran ipa mata pelajaran bahasa indonesia mata pelajaran ips mata pelajaran bahasa inggris mata pelajaran sd kelas 1
data mengenai mata pelajaran favorit dikumpulkan melalui cara
soal semua mata pelajaran sd kelas 1 semester 2 mata pelajaran smk mata pelajaran kelas 1 sd mata pelajaran matematika mata pelajaran ujian sekolah sd 2022
bahasa arab mata pelajaran mata pelajaran jurusan ips mata pelajaran sd kelas 1 2021 mata pelajaran sbdp mata pelajaran kuliah mata pelajaran pkn
bahasa inggrisnya mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa kelas 10 mata pelajaran untuk span-ptkin mata pelajaran ppkn mata pelajaran ips sma mata pelajaran tik
nama nama mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran pkn sd mata pelajaran mts mata pelajaran pjok
nama nama mata pelajaran dalam bahasa arab mata pelajaran bahasa inggrisnya mata pelajaran bahasa arab
seorang pengajar mata pelajaran akuntansi di sekolah berprofesi sebagai
nama mata pelajaran dalam bahasa jepang
hubungan bidang studi pendidikan kewarganegaraan dengan mata pelajaran lainnya
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional artinya mata pelajaran dalam bahasa arab
tujuan mata pelajaran seni rupa adalah agar siswa