Pengertian, Perbedaan, Tenik dan Langkahnya

resumee-3932567-7160392-jpg

Table of Contents

Definisi resume

resumee-1461937

Beberapa dari Anda pasti pernah membuat resume atau esai. Mungkin beberapa dari Anda sudah memiliki kemampuan untuk melakukannya dengan benar. Namun, ada juga yang masih belum memahami pengertian CV dan cara membuat CV yang baik dan benar, maka untuk itu kami akan mengulasnya khusus untuk Anda.


Definisi CV (ringkasan)

Resume adalah cara yang efektif untuk mempresentasikan esai panjang dalam presentasi singkat. Ringkasan awalnya dimulai dari esai sumber yang panjang. Yang kemudian ditebang dengan mengambil hal atau bagian yang paling penting dengan membuat detail serta ilustrasi.

Ringkasan harus mempertahankan pemikiran asli penulis serta pendekatannya. Jadi dapat disimpulkan bahwa rangkuman adalah keterampilan menghasilkan karya yang sudah ada dalam bentuk singkat.


Perbedaan antara CV dan Outline

Simak perbedaan antara CV dan ringkasan serta ikhtisar di bawah ini agar lebih mudah dipahami.


Pengertian rangkuman adalah kegiatan menyusun gagasan pokok atau intisari suatu karangan atau buku dalam bentuk singkat, suatu rangkuman tidak boleh mengubah gagasan pokok teks aslinya.


Garis besar pada dasarnya sama dengan ringkasan dalam hal tujuannya, keduanya berbentuk kecil dari esai panjang. Dalam ikhtisar tidak menjaga urutan gagasan yang membangun karangan, terserah kepada pembuat ikhtisar. Untuk mengambil ikhtisar, Anda bebas mengambil asal kata, namun tetap menunjuk pada intisari bacaan.


Untuk dapat meringkas CV yang benar, Anda harus memperhatikan langkah-langkah di bawah ini


Teks asli sangat penting untuk mengetahui isi dan juga untuk memahami maksud penulis. Anda dapat membacanya berulang-ulang untuk memahami lebih lanjut tentang teks tersebut. Anda juga mencatat istilah-istilah yang sulit dipahami dan juga mencari mekanikanya agar memudahkan dalam menulis resume. Ini juga akan membantu untuk mengetahui gambaran umum dari sudut pandang penulis


  • Mendefinisikan dan merekam gagasan utama

Tentukan gagasan utama dari teks yang Anda buat. Jangan lupa untuk merekamnya untuk memudahkan Anda pada tahap selanjutnya.


Gunakan gambaran keseluruhan isi jurnal yang terbayang di benak kita dan juga hasil pencatatan ide pokok tadi untuk membuat resume. Perlu diingat bahwa urutan paragraf untuk membuat CV harus sesuai dengan teks aslinya.

Jika jurnal biasanya memiliki banyak sub bab, kita tidak perlu mengikuti jurnal untuk membuat sub bab juga, karena resume adalah ringkasan singkat, jadi buatlah resume dalam bentuk paragraf demi paragraf. .

Kemudian kalimat-kalimat dalam CV yang kami buat diganti dengan kalimat-kalimat baru yang sekaligus mereformulasinya dari teks aslinya.


  • Baca kembali resume yang telah dibuat

Setelah resume yang Anda buat selesai, sebaiknya Anda membacanya kembali untuk memastikan tidak ada kesalahan baik dalam penulisan maupun isi resume yang Anda buat. CV yang Anda buat harus sesuai dengan bahasa Indonesia yang benar.


Tips cara mudah membuat CV buku yang baik dan benar (per bab).

Harsindo.COM. Langkah-langkah membuat resume (CV) dan contohnya. Resume atau ringkasan adalah cara yang efektif untuk menyajikan esai panjang dalam presentasi singkat. Ringkasan dimulai dengan esai sumber yang panjang, yang kemudian dipotong dengan mengambil poin-poin utama atau bagian-bagian dengan menghilangkan detail dan ilustrasi.

Ringkasan mempertahankan pemikiran dan pendekatan penulis asli. Oleh karena itu, ringkasan adalah keterampilan menghasilkan karya yang ada dalam bentuk singkat. Selanjutnya


Langkah-langkah Membuat Ringkasan (Resume)

1. Tulis semua judul bab dan sub bab

Hal ini untuk memudahkan dalam memahami isi bab atau sub bab. Kami juga akan memiliki gagasan tentang seperti apa diskusi itu nantinya. Biasanya saya awali dengan isi penjelasan yang singkat dan mudah dipahami. Ini juga sangat berguna jika Anda memiliki tenggat waktu ?

2. Baca kalimat pertama dari setiap paragraf, lalu baca kalimat berikutnya dengan cepat

Perhatikan kalimat terakhir paragraf. Biasanya, kalimat utama penulisan bahasa Inggris berada di awal atau akhir paragraf.

3. Lewati kalimat atau paragraf yang menjelaskan sebuah contoh

Diberikan contoh untuk memudahkan pembaca memahami sesuatu yang disampaikan gan harsindo.com. Jika kita tidak mengerti apa yang dimaksud, akan sangat berguna untuk membaca contoh-contohnya. Kami juga tidak perlu menulis ulang contoh dalam laporan kami.

4. Pahami apa yang kita baca, lalu tulis ulang dengan bahasa kita sendiri

5. Saat Anda tidak memahami sebuah kata dalam sebuah kalimat, menafsirkan konteks kalimat

Hal ini untuk menghemat waktu, kecuali kata tersebut merupakan kata kerja utama dalam sebuah kalimat. Gunakan alat terjemahan dan pilih arti yang kurang lebih sesuai dengan konteks kalimat.

6. Google Terjemahan (GT)

Jika bahasa Inggris kita biasa-biasa saja, sebaiknya jangan menggunakan GT untuk mengartikan satu kalimat atau lebih. Karena hasil terjemahan GT seringkali tidak seperti yang seharusnya. Ini akan membuatnya semakin bingung. Namun, jika kita dapat membedakan bahwa hasil terjemahan itu benar atau salah, maka penggunaan GT sangat bermanfaat. Walaupun susunannya kadang dibalik, namun secara umum kita dapat memahami maksud dari paragraf tersebut.


Hal-hal yang harus dicari dalam ringkasan

Dalam ringkasan kita harus memperhatikan hal-hal yang sangat penting, yaitu sebagai berikut:

  1. Perhatikan judul teks atau buku, karena menggambarkan isinya.
  2. Baca sebagian atau seluruh teks atau buku dengan cermat sesuai kebutuhan.
  3. Tandai bagian-bagian yang menjadi inti permasalahan setiap teks atau terbitan buku dengan tinta spidol.
  4. Bacalah setiap paragraf pada bagian yang ditandai dengan cermat dan tentukan ide pokok paragraf tersebut.
  5. Daftar gagasan utama dalam rumusan gagasan utama teks atau buku.
  6. Tuliskan gagasan utama teks atau buku dalam kalimat pendek dalam paragraf yang baik dan sistematis.

Teknik meringkas buku

Anda, saya dan kita semua telah dilatih oleh guru atau dosen kita dalam suatu teknik pembelajaran yang dikenal dengan istilah “rekapitulasi” atau “teknik rekapitulasi”. Teknik CV adalah teknik mempelajari dan mengambil inti pengetahuan dari terjemahan ilmiah yang panjang menjadi poin-poin yang ringkas sehingga mudah dipelajari dan diingat.

Beberapa dari Anda mungkin berpikir bahwa pekerjaan meringkas adalah pekerjaan yang membosankan. Karena syarat utama CV adalah “membaca”. Anda harus membaca seluruh buku terlebih dahulu.

Ada cara atau tips agar pekerjaan CV Anda tidak terlihat membosankan yaitu membuat CV Anda dalam bentuk diagram.
Bagaimana caranya? Tentu saja, sebuah buku dibagi menjadi beberapa bab, dan bab juga dibagi menjadi beberapa sub bab.

Begitu pula pada sub-bab terdapat beberapa paragraf, dan paragraf-paragraf tersebut tersusun dari kalimat-kalimat utama. Tugas Anda adalah menemukan dan mengatur titik-titik ini dalam sebuah diagram. Diagramnya sangat bebas tergantung kreatifitas kalian masing-masing. Untuk lebih menambah daya tarik dan imajinasi Anda, sisipkan beberapa gambar ke dalam diagram. Cobalah meringkas buku Anda terlebih dahulu, sesuaikan dengan kemampuan Anda dan teruslah mencoba sampai Anda bisa. Segala sesuatu yang pasti dapat kita capai tergantung pada keinginan dan kemampuan kita untuk belajar dan berkembang.


Jadi artikel dari worlddikbud.co.id lebih Contoh resume: definisi, perbedaan, teknik, langkah-langkah menulis, tips cara mudah dan hal-hal yang harus diperhatikan, Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang membacanya.

website Pelajaran SD SMP SMA dan Kuliah Terlengkap

Materi pelajaran terlengkap

mata pelajaran
jadwal mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa mata pelajaran sd mata pelajaran dalam bahasa jepang mata pelajaran kurikulum merdeka mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran sma jurusan ips mata pelajaran sma
bahasa inggris mata pelajaran
bu ani memberikan tes ujian akhir mata pelajaran ipa
tujuan pemberian mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah adalah
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional. artinya mata pelajaran smp mata pelajaran ipa mata pelajaran bahasa indonesia mata pelajaran ips mata pelajaran bahasa inggris mata pelajaran sd kelas 1
data mengenai mata pelajaran favorit dikumpulkan melalui cara
soal semua mata pelajaran sd kelas 1 semester 2 mata pelajaran smk mata pelajaran kelas 1 sd mata pelajaran matematika mata pelajaran ujian sekolah sd 2022
bahasa arab mata pelajaran mata pelajaran jurusan ips mata pelajaran sd kelas 1 2021 mata pelajaran sbdp mata pelajaran kuliah mata pelajaran pkn
bahasa inggrisnya mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa kelas 10 mata pelajaran untuk span-ptkin mata pelajaran ppkn mata pelajaran ips sma mata pelajaran tik
nama nama mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran pkn sd mata pelajaran mts mata pelajaran pjok
nama nama mata pelajaran dalam bahasa arab mata pelajaran bahasa inggrisnya mata pelajaran bahasa arab
seorang pengajar mata pelajaran akuntansi di sekolah berprofesi sebagai
nama mata pelajaran dalam bahasa jepang
hubungan bidang studi pendidikan kewarganegaraan dengan mata pelajaran lainnya
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional artinya mata pelajaran dalam bahasa arab
tujuan mata pelajaran seni rupa adalah agar siswa

You May Also Like

About the Author: Hack Adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *