Pengertian Ikhtisar, Ciri, Fungsi, Tujuan, Kegunaan & Contoh

ikhtisar-8382061-7422576-jpg

Pengertian ikhtisar, fitur, fungsi, tujuan, langkah-langkah, kegunaan dan contoh: Adalah tulisan yang menyampaikan informasi penting dari sebuah artikel dalam bentuk yang sangat singkat. Kajian merupakan bagian yang sangat penting setelah kesimpulan dan rekomendasi dibuat.

ikhtisar-8909722


Baca juga artikel terkait: Pengertian & Pengertian “Tulisan” (Jenis – Fungsi – Kelebihan – Elemen)


Definisi Gambaran Umum

Ringkasan adalah tulisan yang menyampaikan informasi penting dari sebuah artikel dalam bentuk yang sangat singkat. Kajian merupakan bagian yang sangat penting setelah kesimpulan dan rekomendasi dibuat. Gambaran umum berisi topik masalah dan tujuan yang ingin dicapai oleh topik tersebut. Menurut Juhara (2003).


Outline adalah penulisan pokok-pokok masalah penulisan yang tidak perlu berurutan, boleh acak atau disajikan dalam bahasa penulis rangkuman tanpa mengubah tema wacana. Tinjauan berfungsi sebagai eksposisi masalah dalam wacana pendek atau menengah. Ringkasan, yaitu penyajian singkat esai asli yang tidak harus memberikan isi seluruh esai secara proporsional.


Pada dasarnya, penulis resensi dapat langsung menyajikan intisari atau pokok permasalahan dan solusi permasalahannya. Sebagai ilustrasi, beberapa bagian atau isi dari beberapa bab dapat diberikan untuk menjelaskan esensi atau masalah utama, sedangkan bagian atau bab yang kurang penting dapat diabaikan.


Oleh karena itu, ikhtisar dapat membantu kita memahami dengan cermat esai asli dan cara menulis ulang dengan cepat. Selain itu juga dapat mempertajam gaya bahasa, dan menghindari uraian panjang yang dapat menyusup ke dalam karangan.


Garis besar berbeda dengan ringkasan, meskipun kedua istilah tersebut sering disamakan, namun sebenarnya keduanya berbeda, ringkasan adalah penyajian singkat dari karangan asli, namun tetap mempertahankan urutan isi dan sudut pandang dari aslinya. pengarang. Jadi dapat disimpulkan bahwa rangkuman adalah keterampilan menghasilkan karya yang ada dalam bentuk singkat.


Meskipun ringkasan tidak harus menjaga urutan isi esai asli, ringkasan juga tidak harus menyajikan isi esai secara profesional. Penulis rangkuman dapat langsung mempresentasikan inti atau masalah utama dan solusi masalah. Sebagai ilustrasi, beberapa bagian atau isi dari berbagai bab dapat diberikan untuk menjelaskan esensi atau masalah utama. Sedangkan bagian atau poin yang kurang penting dapat dihilangkan. Untuk formulir ikhtisar lebih bebas daripada ringkasan.


Baca juga artikel terkait: Prosa – Definisi, Jenis, Ciri, Bentuk, Contoh


Ikhtisar Fitur dan Fungsi

Fitur Gambaran Umum

  1. Tidak menjaga urutan ide.
  2. Bebas menggabungkan kata asalkan tidak menyimpang dari intinya.
  3. Tujuannya adalah untuk mengambil intinya.

Fungsi ikhtisar

  1. Untuk mengembangkan ekspresi serta untuk menyimpan kata-kata.
  2. Untuk memahami dan mengetahui isi dari sebuah buku atau esai.
  3. Membimbing dan membimbing seseorang untuk bisa.

Garis besar dapat membantu kita memahami esai asli dengan hati-hati, dan cara menulis ulang dengan cepat.

Penulis tidak akan membuat rangkuman yang baik jika tidak membaca dengan seksama, jika tidak dapat membedakan gagasan pokok dengan gagasan tambahan. Selain itu juga dapat mempertajam gaya bahasa, dan menghindari uraian panjang yang dapat menyusup ke dalam karangan.


Baca juga artikel terkait: Konjungsi: 20 contoh, pengertian dan jenis [ LENGKAP ]


Tujuan dan Penggunaan Ikhtisar

Bertujuan untuk membuat gambaran umum

  • Ikhtisar dibuat untuk diletakkan di awal artikel sebagai penjelasan, tetapi ikhtisar juga bisa berdiri sendiri.
  • Ringkasan merupakan bagian yang sangat penting setelah kesimpulan dan rekomendasi.

Ikhtisar Kegunaan

Sebelum kita mengetahui cara membuat ikhtisar, terlebih dahulu kita harus mengetahui fungsi atau kegunaan dari ikhtisar itu sendiri. Antara lain, berikut adalah fungsi dari overview, yaitu:

  • Untuk mengembangkan ekspresi serta untuk menyimpan kata-kata.
  • Untuk memahami dan mengetahui isi dari sebuah buku atau esai.
  • Untuk memimpin dan membimbing seseorang untuk memahami ringkasan

Penciptaan Ikhtisar

Langkah-langkah menyusun ikhtisar hampir sama dengan langkah-langkah menyusun ringkasan eksekutif. Hanya saja penulis setelah membaca teks yang akan dirangkum dapat langsung menambah ilmu yang sesuai dengan bahan kajian pada bacaan yang akan dirangkum tersebut. Hasil penggabungan kemudian ditulis ulang dalam gambaran yang koheren.


Berikut cara membuat gambaran umum, yaitu:

  1. Baca aslinya beberapa kali (setidaknya dua kali).
  2. Membuat kerangka bacaan dengan menuliskan main idea atau gagasan utama yang terdapat dalam teks.
  3. Tulis ikhtisar.

Baca juga artikel terkait: ejaan bahasa Indonesia


Langkah-langkah membuat ikhtisar

Gambaran umum yang baik didasarkan pada 7 langkah ini:

  1. Tetapkan tujuan baca ide apa yang saya butuhkan?
  2. Baca baik-baik apa relevansi ide yang saya butuhkan dalam konteks tulisan saya?
  3. Catat ide-ide penting dari perspektif ikhtisar dengan kata-kata Anda sendiri.
  4. Kembangkan garis besar.
  5. Tulis ikhtisar.
  6. Periksa ulang skrip asli untuk memastikan semua ide penting sudah terbentuk.
  7. Memperbaiki kesalahan ketik dan kesalahan ketik.

Baca juga artikel terkait: Teori evolusi menurut para ahli dan perbedaan serta sanggahannya


Contoh Ikhtisar

Saudara tenis

“Dua kakak beradik tenis, Serena dan Venus William, tampil luar biasa di turnamen dunia bergengsi. Serena memenangkan tunggal putri dengan mengalahkan Martina Hingis dan bersaudara memenangkan ganda putri dengan mengalahkan pasangan Amerika/Prancis di Turnamen Seri Grand Slam Amerika Serikat Terbuka 1999. Penampilan Serena – Venus membuat ayah mereka, Richard William, bangga.


Dari bacaan tersebut dapat kita buat Ringkasan atau ringkasan seperti ini:
1. Pasangan Serena-Venus Williams bangga dengan ayah mereka.
2. Serena mengalahkan Martina Hingis.
3. Pasangan Serena – Venus Juara ganda putri.


Tantangan untuk gemar membaca

Apa sebenarnya WJLRC itu? Mungkin sebagian sudah ada yang tahu dan ikutan ya, tapi biar lebih menarik lagi, dia berbicara langsung dengan CEO jambore literasi ini, Pak Edi Parmadi yang ditemuinya di lokasi, Rabu (1/11). . /2017). kata Pak Edi, WJLRC. merupakan pengembangan dari program Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Awalnya terinspirasi saat 700 guru sekolah di Jawa Barat berkunjung ke Adelaide, Australia Selatan untuk pelatihan singkat. Nah, di Adelaide ada yang namanya Premier’s Reading Challenge yang mewajibkan setiap siswa membaca minimal 10 buku selama satu tahun kemudian mereview dan menceritakan kembali isi dari buku yang dibaca dengan tujuan untuk meningkatkan budaya literasi bagi siswa.


Nah, sekembalinya dari Adelaide, para guru yang mengikuti pelatihan ini mencoba mengimplementasikan reading challenge di sekolah masing-masing. Mereka membuat forum untuk mengembangkan model yang cocok yang akhirnya disebut “’Tantangan Readibg Pemimpin Jawa Barat’. Tantangannya sendiri berupa membaca buku minimal 24 jam, 2 di antaranya dalam bahasa daerah selama 10 bulan. .kemudian siswa juga harus mempresentasikan dan mendiskusikan buku yang telah dibacanya dengan teman satu kelompoknya dan membuat resensi tertulis.


Seperti yang telah dikembangkan sejak tahun 2012, banyak program yang dibentuk, salah satunya pada tahun 2015 adalah pertukaran medali antara peserta WJLRC dan PRC di Australia, dan pada tahun 2016, peserta yang mengikuti WJLRC akan mendapatkan medali jika memiliki tantangan. berhasil diselesaikan.naaah, jambore literasi itulah yang dijadikan sebagai ajang apresiasi sekaligus pemberian medali bagi yang berhasil.


Selama dua hari mengikuti jambore literasi, para peserta mengikuti berbagai kegiatan seru diantaranya mengikuti Kaulina Children yang terdiri dari berbagai permainan lawas tapi seru seperti bebetengan, lari egrang, lari batok kelapa dan ketapel. Lalu ada harta karun itu. berburu, belajar bahasa isyarat, tantangan menulis thon, atau menulis cerita secara estafet, dan masih banyak lagi. Selain itu untuk para guru pendamping juga terdapat workshop workshop dimana mereka dapat mengikuti selama kegiatan berlangsung. Malam harinya ada pentas seni yang di dalamnya ada penampilan dari perwakilan peserta dan diakhir ada medali.


WJLRC merupakan pengembangan dari Program Gerakan Literasi Sekolah (SLM). Awalnya, WJLRC dimulai dengan 700 guru di Jawa Barat yang mengikuti pelatihan di Adelaide, Australia Selatan. Jadi baru setelah guru mengikuti pelatihan, mereka mewajibkan siswa di sekolahnya untuk membaca minimal 10 buku selama 1 tahun untuk mengulas buku dan menceritakan isi buku tersebut. Program ini disebut TANTANGAN MEMBACA. kemudian mereka membuat wadah untuk mengembangkan program sebelumnya yang disebut TANTANGAN MEMBACA PEMIMPIN JAWA BARAT, yaitu membaca minimal 24 buku dalam 10 bulan.


Kemudian beberapa siswa yang berhasil menyelesaikan tantangan diberikan medali melalui jambore literasi. Selama 2 hari mengikuti jambore tersebut, banyak kegiatan yang dilakukan, seperti mengikuti Permainan Anak, mencari harta karun, belajar bahasa isyarat, tantangan menulis cerita secara estafet (menulis setahun) dan masih banyak lagi.


Kota Hirosima

Sekitar 30.000 hingga 50.000 orang berkumpul di kota Hiroshima, Jepang, untuk memperingati jatuhnya bom atom di kota itu pada 6 Agustus 1945 yang menewaskan sekitar 14.000 orang. Mereka mengheningkan cipta bersama selama 60 detik dan melepas ratusan burung merpati pada upacara HUT tersebut. Upacara akan dilanjutkan pada Kamis, 9 Agustus 2001 di Kota Nagasaki, yang juga dibom oleh AS 56 tahun lalu, menewaskan sekitar 70.000 orang. Pada peringatan itu, Perdana Menteri Jepang Junichiro Koizumi meminta seluruh dunia untuk menghapuskan senjata nuklir.


BIBLIOGRAFI
Kunjana Rahardi, Muhammad. 2004. Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta:
Penerbit Erlangga.
Keraf, Gorys. 1993. Kompilasi. Jakarta: Nusa Indah.
Sahara, Siti. 2008. Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: FITK UIN Jakarta.
Mungkin dibawah ini yang anda cari

website Pelajaran SD SMP SMA dan Kuliah Terlengkap

Materi pelajaran terlengkap

mata pelajaran
jadwal mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa mata pelajaran sd mata pelajaran dalam bahasa jepang mata pelajaran kurikulum merdeka mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran sma jurusan ips mata pelajaran sma
bahasa inggris mata pelajaran
bu ani memberikan tes ujian akhir mata pelajaran ipa
tujuan pemberian mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah adalah
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional. artinya mata pelajaran smp mata pelajaran ipa mata pelajaran bahasa indonesia mata pelajaran ips mata pelajaran bahasa inggris mata pelajaran sd kelas 1
data mengenai mata pelajaran favorit dikumpulkan melalui cara
soal semua mata pelajaran sd kelas 1 semester 2 mata pelajaran smk mata pelajaran kelas 1 sd mata pelajaran matematika mata pelajaran ujian sekolah sd 2022
bahasa arab mata pelajaran mata pelajaran jurusan ips mata pelajaran sd kelas 1 2021 mata pelajaran sbdp mata pelajaran kuliah mata pelajaran pkn
bahasa inggrisnya mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa kelas 10 mata pelajaran untuk span-ptkin mata pelajaran ppkn mata pelajaran ips sma mata pelajaran tik
nama nama mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran pkn sd mata pelajaran mts mata pelajaran pjok
nama nama mata pelajaran dalam bahasa arab mata pelajaran bahasa inggrisnya mata pelajaran bahasa arab
seorang pengajar mata pelajaran akuntansi di sekolah berprofesi sebagai
nama mata pelajaran dalam bahasa jepang
hubungan bidang studi pendidikan kewarganegaraan dengan mata pelajaran lainnya
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional artinya mata pelajaran dalam bahasa arab
tujuan mata pelajaran seni rupa adalah agar siswa

You May Also Like

About the Author: Hack Adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *