
mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan istilah game, bahkan semua kalangan dari anak kecil hingga orang tua sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Saat ini banyak sekali permainan yang tersebar luas di luar sana, namun apa sebenarnya arti dari kata permainan? Dan apa saja jenisnya? Berikut ini akan kami jelaskan pengertian dari permainan dan jenis-jenisnya.
Definisi permainan
Dalam kamus bahasa Indonesia, “permainan” diartikan sebagai permainan. Game adalah bagian dari game dan game juga merupakan bagian dari game, keduanya saling berkaitan. Game adalah aktivitas kompleks yang di dalamnya terdapat aturan, permainan, dan budaya. Game adalah suatu sistem dimana pemain terlibat dalam konflik buatan, disini interaksi dengan sistem konflik dalam permainan bersifat rekayasa atau buatan, dalam permainan terdapat aturan-aturan yang bertujuan untuk membatasi perilaku pemain dan juga menentukan permainan tersebut.
Mantra berasal dari bahasa Inggris yang berarti dasar permainan. Permainan dalam hal ini mengacu pada gagasan ketangkasan intelektual yang juga dapat diartikan sebagai arena keputusan dan juga aksi dari permainan tersebut. Di dalam game ada target yang bisa dicapai pemain.
Sejarah dan perkembangan game
Pada tahun 1952, AS Douglas menciptakan OXO, sebuah permainan grafik noughts and crosses, di University of Cambridge untuk mendemonstrasikan tesisnya tentang interaksi manusia-komputer. Game ini berjalan di komputer besar menggunakan tampilan CRT. Bahkan, perangkat game portable pertama yang dibuat adalah Tic Tac Toe pada tahun 1972 oleh Perusahaan Waco. Hingga saat ini, game ‘jadul’ ini masih populer di internet. Menengok ke belakang, tahun 1947 diyakini sebagai tahun pertama game dirancang untuk dimainkan dengan layar CRT (cathode ray tube). Game sederhana yang dirancang oleh Thomas T. Goldsmith Jr. dan Estelle Ray Mann.
Aplikasi ini mendapat paten pada 14 Desember 1948. Sistem yang diciptakannya terdiri dari 8 tabung vakum dan mensimulasikan peluru yang ditembakkan ke sasaran, terinspirasi dari tampilan radar pada Perang Dunia II. Ini diyakini sebagai sistem pertama yang dirancang khusus untuk bermain game di layar CRT.
Banyak yang mengatakan bahwa penemu video game adalah William Higinbotham. 1958 menciptakan game Tennis for Two di osiloskop. Permainan ini memiliki lapangan tenis yang sederhana dilihat dari samping.
Pada tahun 1972, perangkat video game pertama untuk pasar rumah dirilis, Magnavox Odyssey, yang terhubung ke televisi. Meski tidak sukses besar, perusahaan lain dengan produk yang sama harus membayar lisensi. Namun, kesuksesan diraih sejak Atari meluncurkan Pong, video game tenis meja, pada 29 November 1972. Dari sini, video dan permainan komputer menjadi populer dan menjadi hobi baru di saat komputer baru dikenal dan digunakan secara luas.
Perkembangan game komputer dan video game yang semakin memanjakan para pemainnya dengan teknologi modern menjadi hal yang menarik untuk dicermati. Meskipun sejarah permainan video dan permainan komputer berlangsung sekitar lima dekade, permainan ini menjadi populer sebagai bagian dari peradaban manusia modern pada akhir tahun 1970-an.
Meski baru pada pertengahan hingga akhir 1980-an game yang muncul di pasaran hadir dengan fungsi scrolling atau scrolling virtual, namun kehadiran produk monitor berwarna di awal 1980-an membuat para pecinta game semakin antusias, sehingga transmisi game suasana dari halaman ke halaman menjadi lebih mulus.
Awal tahun 1980-an ditandai dengan hadirnya media penyimpanan CD-ROM yang menjadi populer dalam waktu singkat. Era game 3 dimensi (3D) dengan sudut pandang orang pertama dan game multiplayer mulai bermunculan di era ini. Suara dan musik berkembang pada pertengahan 1980-an seiring dengan hadirnya produk kartu suara. Dengan demikian, pasar PC gaming memang dirasakan semakin berkembang seiring dengan perkembangan teknologi pendukungnya.
Industri game yang masih kuat hingga saat ini memegang dua pasar utama, yaitu video game dan game komputer. Dan tidak diragukan lagi, game PC memiliki judul yang lebih banyak, karena dengan perangkat standar, hampir semua game yang diproduksi oleh pihak ketiga dapat dimainkan di PC. Sedangkan untuk pasar video game didominasi oleh pemilik standar, siapa lagi selain Sony dengan Play Station, Microsoft dengan Xbox 360 dan Nintendo.
Menariknya, game komputer telah berkembang menjadi Game Multimedia Jaringan, di mana banyak pemain dari lokasi terpencil berinteraksi satu sama lain secara real time dalam satu jaringan komputer. Ambil Quake III Arena misalnya, yang menyebabkan demam kampus sekitar tahun 2001.
PC gaming berbasis prosesor terbaru (Core2 Duo) dan menggunakan kartu video generasi terbaru (Geforce 8800GTS) memang akan menelan biaya hampir 2X lipat dari harga XBOX 360, tetapi PC Gaming memiliki fitur 7X lebih banyak daripada konsol game. Dan perlu diingat bahwa performa gaming di PC gaming jauh lebih baik daripada di XBOX 360.
Jenis Permainan
Berdasarkan jenis “platform” atau alay yang digunakan:
-
Game arcade
Inilah yang sering disebut ding-dong di Indonesia, biasanya terletak di area khusus dan memiliki kotak atau mesin yang dirancang khusus untuk jenis video game tertentu dan juga tidak jarang bahkan memiliki fitur yang dapat membuat pemainnya merasa lebih nyaman dan enjoy bukan. itu, misalnya, seperti pistol, kursi khusus, sensor gerak, dan lainnya.
-
komputer game
Ini adalah video game yang dimainkan dengan konsol tertentu, misalnya Platstation 2 dan 3, XBOX 360 dan Nintendo Wii
-
Permainan tangan
Yakni yang dimainkan di konsol video game khusus yang bisa dibawa kemana-mana, misalnya Nintendo DS dan Sony PSP
Berdasarkan “genre” pemain
-
Tembak aksi
Video game jenis ini sangat membutuhkan kecepatan refleks, koordinasi mata tangan, dan juga timing, inti dari jenis permainan ini adalah menembak.
-
berkelahi (bertarung)
Ada yang mengklasifikasikan video game fighting ini sebagai action section, namun penulis berpikir sebaliknya, jenis ini memang membutuhkan kecepatan refleks dan koordinasi mata-tangan, namun inti dari game ini adalah penguasaan gerakan, pengenalan karakter, dan pengaturan waktu. sangat penting.
-
Tindakan
Memasuki gua bawah tanah, melompati bebatuan di lahar, bergulat dengan ular sambil mencari kunci untuk membuka pintu kuil legendaris, atau sekadar mencari telepon umum untuk mendapatkan misi berikutnya, itu dari sekian banyak hal yang harus dilakukan dan dilalui oleh karakter pemain. video game. tipe ini.
-
Petualangan
Bedanya dengan jenis video game action adventure, refleksi dan juga ketajaman pemain untuk bergerak, melompat, berlari, mencambuk atau menembak tidak diperlukan di sini. Video game petualangan murni lebih menekankan pada alur cerita dan juga kemampuan berpikir pemain untuk menganalisis lokasi secara visual, memecahkan teka-teki, dan menyimpulkan urutan peristiwa dan percakapan karakter untuk menggunakan objek yang tepat di tempat yang tepat.
Pengaruh game pada kehidupan siswa
Munculnya video game sebagai perkembangan teknologi di era modern ini tentunya harus disikapi dari berbagai sisi positif dan negatif menurut penggunanya. Sebagai orang yang menerima perubahan, perlu adanya batasan mengenai sejauh mana dampak negatif yang ditimbulkannya.
Kehadiran video game memang mendapat apresiasi di kalangan remaja, khususnya mahasiswa. Ini dapat meningkatkan kreativitas dan daya reaksi selama permainan tidak dimainkan berulang kali.
Akio Mori, seorang profesor dari Universitas Nihon Tokyo, melakukan penelitian tentang dampak video game pada aktivitas otak. Dari penelitian Akio Mori dapat disimpulkan bahwa ada dua hal penting yaitu:
Pertama, berkurangnya aktivitas gelombang otak depan yang berperan sangat penting, dengan pengendalian emosi dan agresivitas sehingga cepat mengalami perubahan suasana hati, seperti mudah tersinggung, bermasalah dalam hubungan sosial, tidak konsentrasi dan sebagainya.
Kedua, penurunan aktivitas gelombang beta adalah efek jangka panjang yang bertahan bahkan saat pemain tidak sedang bermain game. Dengan kata lain, gamer mengalami “saraf otonom”, yaitu tubuh mengalami penipuan, keadaan di mana sekresi adrenalin meningkat, sehingga detak jantung, tekanan darah, dan kebutuhan oksigen dipercepat untuk meningkat. Ketika tubuh dalam keadaan ini, yang terjadi pada para gamer adalah otak mereka bereaksi terhadap bahaya yang nyata.
Dampak positif game online
-
Membuat orang pintar
Penelitian di Manchester University dan Central Lancashire University membuktikan bahwa pemain yang bermain 18 jam seminggu memiliki koordinasi tangan-mata yang baik setara dengan kemampuan atletik.
-
Meningkatkan konsentrasi
dr. Jo Bryce Kepala penelitian di sebuah universitas di Inggris menemukan bahwa real gamer memiliki daya konsentrasi tinggi yang memungkinkan mereka menyelesaikan banyak tugas.
-
Meningkatkan ketajaman mata
Penelitian di University of Rochester mengungkapkan bahwa anak-anak yang rutin bermain game action memiliki mata yang lebih tajam dibandingkan mereka yang tidak bermain game.
-
Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris
Penelitian di Indonesia membuktikan bahwa laki-laki yang fasih berbahasa Inggris di sekolah atau universitas tanpa kursus adalah mereka yang bermain game.
-
Membantu bersosialisasi
Beberapa profesor di Universitas Loyola, Chicago telah melakukan penelitian dan menurut mereka, game online dapat mendorong interaksi sosial yang menantang stereotipe pemain yang terisolasi.
-
Meningkatkan kinerja otak dan membantu otak menyerap cerita
Bermain game yang tidak berlebihan dapat meningkatkan kinerja otak bahkan memiliki kapasitas kekenyangan yang lebih sedikit dibandingkan dengan belajar dan membaca buku.
-
Meningkatkan kecepatan dalam mengetik
Sebagian besar game online mengharuskan pemainnya untuk mengetik sambil berkomunikasi dengan lawan bicara, sehingga secara tidak langsung hal ini akan membiasakan pemain untuk mengetik.
-
Atasi stres
Para peneliti di Universitas Indiana menjelaskan bahwa bermain game dapat meredakan ketegangan saraf.
-
Pemulihan kondisi tubuh
dr. Psikolog Mark Griffiths dari Nottingham Trent University telah meneliti sejauh mana permainan bermanfaat dalam terapi fisik.
Dampak negatif game akan terasa jika pemain tidak bisa mengendalikan diri. Hasil penelitian dari Fakultas Kedokteran Universitas Hanover, Jerman menyebutkan bahwa game online dapat menimbulkan kepribadian ganda. Seorang wanita yang rutin bermain game online setiap hari selama 3 bulan dengan memainkan beberapa karakter berbeda ternyata karakter imajiner tersebut mengambil alih kepribadiannya. Sehingga perempuan tersebut kehilangan kendali atas kepribadian dan kehidupan sosialnya.
Dampak negatif game online
- Efek adiktif
- Membuat orang terisolasi dari kehidupan di sekitarnya
- Membuat orang malas
- Mengganggu kesehatan
- Menyebabkan masalah psikologis jika Anda terlalu memikirkannya
- Mengganggu kehidupan di dunia nyata
- Kecanduan game online itu sia-sia
Upaya siswa untuk menghentikan kecanduan
Banyak siswa yang kecanduan game mengaku sangat sulit menghentikannya. Berikut ini adalah cara untuk menghentikan kecanduan.
- Sibukkan diri Anda dengan hal-hal baru. Misalnya membuat janji dengan teman untuk mengadakan acara yang memakan banyak waktu.
- Saat dalam permainan, buat diri Anda tidak nyaman sebanyak mungkin. Seperti duduk di kursi yang panas, atau memungut komputer yang rusak.
- Ketika Anda ingin bermain game, sebaiknya beritahu orang yang paling dekat dengan Anda agar orang tersebut dapat melarang Anda bermain game tersebut.
- Lakukan hal-hal nyata seperti dalam game. Misalnya pertandingan sepak bola, pemain lebih baik bermain sepak bola langsung di lapangan.
- Niatnya bukan untuk main-main. Ini cara yang paling ampuh karena hanya kamu yang tahu dan bisa mengendalikan diri.
Jadi artikel dari worlddikbud.co.id tentang Pengertian Permainan: sejarah, perkembangan, jenis, pengaruh terhadap kehidupan, dampak positif, negatif dan upaya berhentiSemoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua.
website Pelajaran SD SMP SMA dan Kuliah Terlengkap
mata pelajaran
jadwal mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa mata pelajaran sd mata pelajaran dalam bahasa jepang mata pelajaran kurikulum merdeka mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran sma jurusan ips mata pelajaran sma
bahasa inggris mata pelajaran
bu ani memberikan tes ujian akhir mata pelajaran ipa
tujuan pemberian mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah adalah
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional. artinya mata pelajaran smp mata pelajaran ipa mata pelajaran bahasa indonesia mata pelajaran ips mata pelajaran bahasa inggris mata pelajaran sd kelas 1
data mengenai mata pelajaran favorit dikumpulkan melalui cara
soal semua mata pelajaran sd kelas 1 semester 2 mata pelajaran smk mata pelajaran kelas 1 sd mata pelajaran matematika mata pelajaran ujian sekolah sd 2022
bahasa arab mata pelajaran mata pelajaran jurusan ips mata pelajaran sd kelas 1 2021 mata pelajaran sbdp mata pelajaran kuliah mata pelajaran pkn
bahasa inggrisnya mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa kelas 10 mata pelajaran untuk span-ptkin mata pelajaran ppkn mata pelajaran ips sma mata pelajaran tik
nama nama mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran pkn sd mata pelajaran mts mata pelajaran pjok
nama nama mata pelajaran dalam bahasa arab mata pelajaran bahasa inggrisnya mata pelajaran bahasa arab
seorang pengajar mata pelajaran akuntansi di sekolah berprofesi sebagai
nama mata pelajaran dalam bahasa jepang
hubungan bidang studi pendidikan kewarganegaraan dengan mata pelajaran lainnya
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional artinya mata pelajaran dalam bahasa arab
tujuan mata pelajaran seni rupa adalah agar siswa