
Definisi Reservasi
jika kamu sudah sering mendengar atau bahkan melakukan percakapan dalam kehidupan sehari-hari, lalu tahukah kamu apa yang dimaksud dengan diskusi? Diskusi adalah suatu cara bertukar pendapat untuk mencari kesepakatan atau keputusan bersama, maka dari sini dapat diketahui bahwa tujuan dari diskusi adalah untuk mendapatkan keputusan akhir atas suatu hal yang sedang dibahas. Namun, terkadang adu mulut sering terjadi dalam pelaksanaan diskusi. Dan terakhir sulitnya menentukan kesepakatan akhir. Hal ini akan menimbulkan konflik, bahkan ketidakpuasan terhadap pendapat orang lain.
Moderator Diskusi
Meoderato adalah orang yang tugasnya memandu jalannya diskusi, dan menjaga agar diskusi tetap berjalan sesuai alur yang telah disepakati artinya tidak menyimpang dari topik diskusi.
-
Presentasi makalah
Presentasi makalah bertugas menyusun makalah, juga untuk menyampaikan permasalahan yang ada. Sekaligus presentasi makalah sebagai orang yang menguasai masalah.
-
Peserta diskusi
Peserta adalah orang yang mengikuti jalannya diskusi. Peserta bertugas untuk bertanya tentang apa yang telah disampaikan oleh pemakalah atau pemateri, pertanyaan tersebut akan dilontarkan oleh moderator.
Berbagai diskusi
Setelah mengetahui unsur-unsur apa saja yang terkandung dalam diskusi, selanjutnya kita akan mengetahui jenis-jenis diskusi, antara lain sebagai berikut:
-
Seminar
Seminar dapat diartikan sebagai diskusi ilmiah tentang masalah, meskipun topik yang dibahas adalah masalah dalam kehidupan sehari-hari. Sesuai dengan tujuan pembahasan, maka kesimpulan atau titik temu dari permasalahan yang telah dibahas sebelumnya tentunya harus dibacakan di akhir acara. Oleh karena itu, perlu dibaca keputusan akhir atau kesimpulan yang merupakan hasil keputusan bersama, bukan keputusan individual. Selain itu, biasanya disertai dengan resolusi atau rekomendasi. Pembahasan dalam seminar berpusat pada makalah yang telah disiapkan oleh bembisara sebelumnya.
-
Simposium
Simposium adalah rangkaian pidato singkat yang disampaikan oleh seorang pemimpin kepada pengunjung. Biasanya dalam sebuah simposium terdapat beberapa narasumber yang menyampaikan pandangan berbeda tentang topik yang sama. Akan tetapi pokok permasalahannya juga dapat dibagi menjadi beberapa aspek, kemudian setiap aspek ditonjolkan secara terpisah, sehingga tidak perlu ditonjolkan dari sudut pandang seseorang.
-
Diskusi panel
Dalam diskusi jenis ini, diskusi merupakan suatu kegiatan yang terencana dengan berbagai topik, dimana diskusi ini dilakukan di depan pengunjung, biasanya diskusi panel ini dibawakan oleh 3 sampai 6 orang ahli, dan juga dipimpin oleh seorang moderator. Para penulis berdiskusi sedemikian rupa sehingga para pengunjung dapat mengikuti percakapan mereka.
Peran moderator dalam diskusi
Tentunya dalam pelaksanaan diskusi terdapat unsur-unsur yang sangat penting. Ini adalah moderator. Moderator adalah orang yang bertugas memimpin diskusi. Dalam memimpin diskusi seorang moderator harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut: aturan main dalam suatu diskusi harus dipahami dengan baik, hanya saja seorang moderator harus mengutamakan jujur, baik hati, sabar dan tidak memihak dalam salah satu diskusi. . .
Dalam memimpin diskusi, seorang moderator tentu memiliki cara membuka dan menutup yang berbeda. Cara moderator membuka dan menutup diskusi tidaklah sulit jika sudah memahami fungsi dan tugas masing-masing bagian dalam diskusi. Moderator menyapa dan kemudian mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan juga waktu luang yang diberikan oleh para peserta untuk mengikuti diskusi ini.
Elemen diskusi
Setiap diskusi yang berjalan lancar dan sukses menghasilkan ide cemerlang tentu saja dipengaruhi oleh beberapa unsur, yaitu:
Moderator adalah seseorang yang bertugas mengatur, mengatur dan mengawasi jalannya diskusi agar diskusi dapat berjalan dengan kondusif dan tidak menyimpang jauh dari topik yang sedang dibahas.
Panelis adalah pemateri makalah dalam suatu seminar, biasanya lebih dari satu panelis yang cara penyajiannya dilakukan secara bergantian.
Pencatat adalah seseorang yang mencatat hasil diskusi dari awal sampai akhir.
Participant, participant atau audience adalah seseorang yang mengikuti suatu pertemuan, konferensi, seminar, diskusi, dan lain-lain.
Fungsi pemesanan
Diskusi sendiri memiliki fungsi penting untuk melatih kita hidup bermusyawarah dalam memecahkan berbagai masalah dan mencari solusi. selain itu, dapat menumbuhkan sikap saling menghargai pendapat, serta dapat menyelesaikan sesuatu dengan cepat dan mendorong kerja sama yang baik.
Manfaat pemesanan
Mengapa terkadang harus diadakan percakapan untuk memecahkan suatu masalah, karena dengan adanya percakapan maka jalan keluar atau solusi dari masalah tersebut cepat ditemukan atau diketahui. Selain itu, masih banyak lagi keuntungan dari aktivitas booking, antara lain:
A. Saling menghargai pendapat orang lain
B. Bisa menahan rasa ego yang ada dalam diri
C. Dapat memecahkan masalah yang sedang dibicarakan
D. dapat mempererat hubungan antara satu sama lain, mengapa demikian? berdiskusi, menghargai pendapat orang, memecahkan masalah bersama, mendengarkan orang lain berbicara dapat mempererat hubungan atau membuat pertemanan menjadi lebih akrab.
E. belajar memahami karakter
F. menambah wawasan
G. Bertukar ilmu
H. Mampu berbicara dengan baik di depan orang lain, mulai dari kesantunan, etika, hingga susunan kalimat atau susunan kata.
Tujuan diskusi
Mengapa diskusi itu perlu? karena untuk mendapatkan hasil atau tujuan terbaik untuk kemajuan bersama. namun selain itu, masih banyak tujuan diadakannya diskusi, antara lain:
Memperoleh konformitas atau kesepahaman pengertian mengenai pendapat dan sebagainya
– Dimaksudkan untuk mengadakan perjanjian.
– Bertujuan untuk membuat keputusan bersama tentang suatu masalah.
– Diskusi juga bertujuan sebagai cara untuk belajar dan memperoleh informasi dari berbagai sudut pandang.
– Diskusi bertujuan untuk membangun kepercayaan diri dalam mengungkapkan ide-ide Anda sendiri yang kemudian diuji validitasnya oleh peserta lain dalam diskusi.
Struktur Teks Diskusi
Teks diskusi memiliki 3 struktur, yaitu:
- Masalah.
- Argumen atau pendapat. Ada dua argumentasi, yaitu argumentasi mendukung dan argumentasi menentang atau ditolak.
- Penutup.
Struktur teks diskusi juga dapat dibagi menjadi 4 bagian jika disebutkan kedua argumentasinya, yaitu argumentasi mendukung dan argumentasi menentang (ditolak). Jadi, 3 atau 4 dari struktur ini adalah sama.
Ciri-ciri teks diskusi
Teks diskusi juga memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
- Strukturnya terdiri dari isu, argumen mendukung, argumen menentang, dan kesimpulan.
- Berisi informasi informatif-argumentatif.
- Ciri kebahasaan teks diskusi menggunakan konjungsi perlawanan (tetapi, sementara dan seterusnya).
Kelemahan Metode Diskusi dalam Pembelajaran
Metode diskusi ketika diterapkan dalam pembelajaran juga memiliki kelemahan, seperti tidak dapat digunakan dalam kelompok besar, peserta diskusi mendapatkan informasi yang terbatas, dikuasai oleh anak yang suka berbicara, dan biasanya anak menginginkan pendekatan guru yang lebih formal (Syaiful Bahri Djamarah , 2000).
Saat percakapan berlangsung, anak yang tidak terlibat aktif cenderung lari dari tanggung jawab. Selain itu juga memakan banyak waktu, terkadang hasilnya tidak seperti yang diharapkan. Dalam hal ini penyelesaian hasil pembahasan sulit diprediksi atau dihitung. Diskusi memang sulit diterapkan di tingkat sekolah dasar, namun bukan tidak mungkin untuk diterapkan di tingkat sekolah dasar.
Pembahasan membutuhkan ketajaman untuk menangkap inti permasalahan yang sedang dibahas. Memang tidak mudah, sehingga pembahasannya sering melenceng dari topik permasalahan. Dalam praktiknya, diskusi seringkali hanya didorong oleh beberapa siswa saja, sedangkan yang lainnya hanya menjadi pendengar setia, padahal guru telah memberikan kesempatan kepada semua siswa untuk mengemukakan pendapatnya.
Diharapkan dalam pelaksanaan diskusi dapat berjalan dengan baik, sebaiknya guru mencari permasalahan yang kira-kira sesuai untuk dijadikan bahan diskusi. Masalah dan pertanyaan yang baik untuk dijadikan bahan diskusi yang baik harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut: harus memuat beberapa kemungkinan jawaban, sehingga setiap jawaban memiliki kebenaran yang dapat dipertimbangkan dari sudut pandang tertentu. Masalah-masalah tersebut harus mempunyai arti bagi siswa dan disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa. Masalah dan pertanyaan tersebut harus dapat mengembangkan tingkat belajar siswa yang lebih tinggi.
Nilai metode diskusi dalam konteks pelaksanaan pengajaran tidak dapat dipungkiri, tetapi biasanya guru tidak melaksanakannya. Hal ini dikarenakan adanya anggapan bahwa menggunakan metode diskusi dianggap lebih sulit daripada menggunakan ceramah.
Banyak guru mencari cara yang menurut mereka lebih mudah. Biasanya guru beranggapan bahwa metode diskusi memakan waktu terlalu lama dibandingkan dengan metode ceramah atau penugasan. Ada juga anggapan bahwa siswa belum bisa berdiskusi karena siswa tidak memiliki banyak pengetahuan, sehingga lebih baik diberitahu saja. Ini anggapan yang salah karena belajar yang baik tidak selalu harus menerima dirinya sendiri, tetapi juga mencari dan memikirkan dirinya sendiri (Engkoswara, 1984: 52).
(Engkoswara, 1984: 53) dalam metode diskusi biasanya ada siswa yang ikut dalam pembicaraan atau aktif dan ada siswa yang pasif. Dalam hal ini, guru harus mampu memperhatikan dan memberi jalan kepada siswa agar mereka dapat berpartisipasi secara setara dalam diskusi.
Kekuatan metode diskusi umum
Seperti metode lainnya, metode diskusi juga memiliki kelebihan yaitu suasana kelas menjadi hidup, karena anak akan memusatkan pikirannya pada masalah yang sedang dibahas. Partisipasi siswa dalam metode diskusi sangat baik. Siswa berlatih berpikir kritis dengan mempertimbangkan pendapat temannya, kemudian menentukan sikap menerima, menolak, atau tidak berpendapat sama sekali.
Metode diskusi juga dapat meningkatkan pencapaian kepribadian individu, seperti toleransi, berpikir demokratis, kritis dan sistematis. Selain itu, juga bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam dunia demokrasi. Metode musyawarah merupakan latihan untuk mentaati peraturan dan ketentuan yang berlaku dalam musyawarah.
Tujuan dari metode diskusi ini sendiri adalah untuk menanamkan dan mengembangkan keberanian mengemukakan pendapat, jujur mencari kebenaran dengan mempertimbangkan pendapat yang mungkin berbeda satu sama lain. Selain itu, juga bertujuan untuk melatih siswa belajar menemukan kesepakatan pendapat melalui musyawarah, dan memberikan kehidupan kelas yang lebih dekat dengan kegiatan nyata. Salah satu komponen yang menentukan berhasil tidaknya suatu pembelajaran adalah metode yang digunakan.
Metode diskusi dipilih karena dengan menggunakan metode diskusi ini akan mendorong siswa untuk berpikir secara sistematis dengan menghadapkan mereka pada masalah yang akan dipecahkan. Selanjutnya dengan menggunakan metode diskusi, siswa akan terlibat secara aktif dalam proses belajar mengajar. Dengan berdiskusi, siswa dapat saling bertukar informasi dan mempertahankan pendapatnya dalam rangka pemecahan masalah yang dapat dilihat dari berbagai aspek.
jadi artikel keluar worlddikbud.co.id lebih Pengertian diskusi: jenis, moderator, peran, supervisi dan kekuatan metode, Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua.
website Pelajaran SD SMP SMA dan Kuliah Terlengkap
mata pelajaran
jadwal mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa mata pelajaran sd mata pelajaran dalam bahasa jepang mata pelajaran kurikulum merdeka mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran sma jurusan ips mata pelajaran sma
bahasa inggris mata pelajaran
bu ani memberikan tes ujian akhir mata pelajaran ipa
tujuan pemberian mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah adalah
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional. artinya mata pelajaran smp mata pelajaran ipa mata pelajaran bahasa indonesia mata pelajaran ips mata pelajaran bahasa inggris mata pelajaran sd kelas 1
data mengenai mata pelajaran favorit dikumpulkan melalui cara
soal semua mata pelajaran sd kelas 1 semester 2 mata pelajaran smk mata pelajaran kelas 1 sd mata pelajaran matematika mata pelajaran ujian sekolah sd 2022
bahasa arab mata pelajaran mata pelajaran jurusan ips mata pelajaran sd kelas 1 2021 mata pelajaran sbdp mata pelajaran kuliah mata pelajaran pkn
bahasa inggrisnya mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa kelas 10 mata pelajaran untuk span-ptkin mata pelajaran ppkn mata pelajaran ips sma mata pelajaran tik
nama nama mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran pkn sd mata pelajaran mts mata pelajaran pjok
nama nama mata pelajaran dalam bahasa arab mata pelajaran bahasa inggrisnya mata pelajaran bahasa arab
seorang pengajar mata pelajaran akuntansi di sekolah berprofesi sebagai
nama mata pelajaran dalam bahasa jepang
hubungan bidang studi pendidikan kewarganegaraan dengan mata pelajaran lainnya
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional artinya mata pelajaran dalam bahasa arab
tujuan mata pelajaran seni rupa adalah agar siswa