Pengertian, Contoh, Jenis dan Tingkatan

piramida-makanan-6965339-9010849-jpg

Definisi Piramida Makanan

Piramida makanan merupakan gambaran umum tentang hubungan antar komponen biotik dalam suatu ekosistem. Berbeda dengan rantai makanan, piramida makanan ini menggambarkan interaksi antar komponen biotik lebih dari sekedar peristiwa makan dan dimakan dalam rantai makanan.

Dalam suatu ekosistem, tumbuhan sebagai produsen memiliki populasi yang lebih besar daripada tingkat trofik lainnya. Jumlah populasi produsen lebih banyak dari konsumen I, konsumen II, konsumen III dan seterusnya hingga konsumen puncak. Berdasarkan perbedaan tingkat populasi tersebut, dapat dibuat diagram berbentuk piramida.

Piramida ini menggambarkan hubungan antar organisme pada setiap tingkat trofik. Hubungan yang terbentuk antar organisme dalam piramida makanan berbentuk kerucut, seperti piramida.

Dalam kasus makan dan dimakan atau rantai makanan yang telah dibahas sebelumnya, menggambarkan interaksi predasi antar organisme dalam garis lurus (linier). Sedangkan pada piramida makanan ini menunjukkan sejumlah organisme pada tingkat trofik suatu ekosistem.

piramida-makanan-9035332

Jenis piramida makanan

Berikut ini adalah jenis-jenis piramida makanan.

Jenis piramida ini menggambarkan bahwa organisme yang menempati tingkat trofik yang lebih rendah memiliki populasi yang lebih besar daripada organisme dengan tingkat trofik yang lebih tinggi. Dasar piramida ini ditempati oleh produsen yang memiliki populasi lebih besar.


Sedangkan titik-titik tersebut dihuni oleh beberapa individu top konsumen. Dan antara pangkal dan ujung ditempati oleh berbagai tingkatan konsumen. Jumlah penduduk konsumen I lebih besar dari konsumen II, dan konsumen II lebih besar dari konsumen III.


Piramida populasi disebut sebagai penyeimbang populasi setiap organisme. Tentu saja, organisme mangsa lebih banyak jumlahnya daripada organisme predator. Sehingga sumber makanan tidak akan pernah habis. sebaliknya, jika jumlah predator lebih banyak, maka yang terjadi adalah kepunahan suatu organisme.


Baca juga artikel terkait: Pengertian molekul dalam biologi dan contoh lengkapnya


Piramida biomassa, seperti namanya, menggambarkan kombinasi massa semua organisme di lingkungan atau habitat tertentu. Kemudian berat masing-masing organisme diukur dalam gram.


Pengukuran biomassa pada setiap tingkat trofik ini didasarkan pada berat rata-rata organisme dengan memperkirakan jumlahnya. Piramida ini lebih akurat dalam menunjukkan hubungan kuantitatif biomassa dalam suatu ekosistem.


Ada dua jenis piramida biomassa, yaitu:

  1. Piramida Tegak

    yaitu, sebuah piramida di mana gabungan massa semua produsen lebih besar daripada gabungan massa setiap tingkat konsumennya. Piramida tegak biasanya menggambarkan ekosistem terestrial.


  2. Piramida terbalik

    yaitu jenis piramida yang menggambarkan massa gabungan produsennya yang lebih kecil dari massa gabungan konsumennya. Contoh piramida ini adalah ekosistem perairan.


Pada piramida energi ini terjadi penurunan energi pada setiap tingkat trofik. Semakin tinggi tingkat trofik, semakin kecil jumlah energinya. yang berarti produsen sebagai tingkat trofik pertama memiliki energi yang lebih besar daripada konsumen pada tingkat trofik yang lebih tinggi. Semakin kecil jumlah energi di setiap trofik karena berbagai alasan. Seperti:


  • Hanya makanan tertentu yang dapat dimakan pada tingkat trofik berikutnya.
  • Tidak semua makanan yang dimakan dapat dicerna, tetapi dikeluarkan sebagai feses.
  • Sebagian besar makanan yang dimakan dicerna menjadi bagian dari tubuh organisme,
  • sedangkan sisanya sebagai sumber energi.

Mengapa jumlah makhluk hidup menurun pada tingkat yang lebih tinggi pada piramida makanan?

Jumlah terbesar makhluk hidup terdapat pada produsen yang menempati dasar piramida.


Baca juga artikel terkait: Menjelaskan air sebagai pelarut kehidupan


  • Makhluk hidup yang menempati tingkat trofik yang lebih rendah lebih banyak daripada makhluk hidup yang menempati tingkat trofik yang lebih tinggi. Ini dicontohkan oleh jumlah produsen yang sangat banyak dan jumlah organisme yang menurun dengan cepat hingga hanya beberapa individu karnivora puncak yang tersisa.

  • Organisme pada tingkat trofik pertama biasanya paling melimpah, sedangkan organisme pada tingkat trofik kedua, ketiga, dan seterusnya menurun.
  • Dalam komunitas normal, tumbuhan selalu melebihi jumlah herbivora.
  • Selalu ada lebih banyak herbivora daripada karnivora level 1. Juga, karnivora level 1 selalu melebihi jumlah karnivora level 2.

  • Dalam ekosistem yang seimbang, jumlah produsen lebih banyak dari jumlah konsumen tingkat I, jumlah konsumen tingkat II lebih banyak dari konsumen tingkat III, dan seterusnya. Hal ini disebabkan oleh hilangnya energi pada setiap tingkat makanan. Jika digambarkan rantai makanan dari produsen hingga konsumen tingkat tinggi, maka akan terbentuk piramida makanan.

Piramida makanan juga dapat digunakan untuk memprediksi keseimbangan populasi dalam suatu ekosistem. Semakin tinggi, populasi piramida, makanan akan semakin sedikit.


Dalam suatu ekosistem, seringkali terdapat dua atau lebih konsumen yang menempati puncak piramida, sehingga terdapat piramida makanan berpuncak satu dan piramida makanan berpuncak dua. Piramida makanan dengan satu puncak berarti hanya satu jenis karnivora yang menempati puncak piramida (konsumen puncak). Piramida makanan dengan dua puncak berarti di puncak piramida terdapat dua jenis karnivora yang keduanya tidak saling memakan.


Peringkat dalam piramida makanan

Piramida Makanan versi Indonesia terdiri dari 5 level makanan dan minuman sesuai kebutuhan tubuh manusia dan 1 level dasar untuk hidup sehat seperti rutin berolahraga dan menjaga berat badan ideal. Berikut adalah gambar Piramida Makanan untuk menjaga keseimbangan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita

  1. Tingkat pertama

Level pertama atau dasar dalam piramida makanan sehat adalah menjaga berat badan ideal dan berolahraga secara teratur. Kedua unsur ini sangat mempengaruhi kualitas hidup sehat kita. Salah satu alasan pentingnya latihan adalah dengan menggunakan aturan-aturan sederhana seperti berikut ini:

“Perubahan berat badan sama dengan kalori masuk dikurangi kalori keluar”

Dengan berolahraga kita dapat membakar kalori yang kita konsumsi dan menjaga berat badan tetap ideal. Makan lebih banyak dari yang Anda bakar akan menyebabkan lemak dan penambahan berat badan, menyebabkan penyakit yang berhubungan dengan kelebihan berat badan.

  1. Tingkat kedua

Air memainkan peran yang sangat penting dalam tubuh manusia. Dalam tubuh manusia, air berfungsi sebagai penyusun sel dan cairan tubuh, pengatur suhu tubuh, pelarut nutrisi lain dan sebagai bantuan dalam proses pencernaan. Dalam satu hari tubuh kita membutuhkan 8 gelas air atau setara dengan 2 liter air.

  1. Tingkat Ketiga

Tingkatan ketiga adalah makanan yang tinggi sumber karbohidrat, seperti nasi, kentang, roti, kue, jagung, dan ubi jalar. Makanan ini biasanya disebut sebagai makanan pokok yang biasanya dikonsumsi sebanyak 3 sampai 8 porsi per hari.

  1. Tingkat Keempat

Piramida Pangan tingkat keempat adalah sayuran dan buah-buahan yang merupakan sumber serat, vitamin dan mineral. Sayuran sebaiknya dimakan 3 sampai 5 porsi, sedangkan buah bisa dimakan 2 sampai 3 porsi per hari.

  1. Tingkat Kelima

Tingkat kelima adalah makanan yang menjadi sumber protein, baik protein nabati maupun protein hewani. Protein nabati adalah protein yang berasal dari tumbuhan seperti kacang-kacangan dan makanan olahan (tempe, tahu).

Sedangkan Protein Hewani adalah protein yang diperoleh dari hewan seperti daging sapi, ikan, ayam, telur dan produk susu. Makanan berprotein (sayuran dan hewani) sebaiknya dikonsumsi 2 hingga 3 porsi per hari.

  1. Tingkat tertinggi (puncak)

Level tertinggi atau posisi puncak adalah makanan yang tingkat konsumsinya harus dibatasi. Hal ini dikarenakan tingkat kebutuhan akan makanan tersebut sangat rendah. Makanan ini termasuk garam, gula dan minyak.


Baca juga artikel terkait: Definisi lengkap unsur kimia dan asal usulnya


Contoh Piramida Makanan

piramida-makanan-1565111

  • Fitoplankton

    yaitu sebagai produsen karena di perairan tersebut plankton dapat berfotosintesis dan menghasilkan cadangan makanan.

  • Ikan

    yaitu sebagai konsumen tingkat 1 di perairan, ikan akan memakan semua fitoplankton sebagai makanannya.

  • Segel

    yaitu sebagai konsumen level 2 di perairan, anjing laut ini akan memakan ikan sebagai makanannya.

  • Paus pembunuh

    yaitu sebagai konsumen level 3 atau level akhir, salah satu makanannya adalah anjing laut. Oleh karena itu, paus jenis ini dapat diklasifikasikan sebagai konsumen akhir.


Semoga bermanfaat ya sahabat guru pendidikan ?

Mungkin dibawah ini yang anda cari

website Pelajaran SD SMP SMA dan Kuliah Terlengkap

Materi pelajaran terlengkap

mata pelajaran
jadwal mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa mata pelajaran sd mata pelajaran dalam bahasa jepang mata pelajaran kurikulum merdeka mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran sma jurusan ips mata pelajaran sma
bahasa inggris mata pelajaran
bu ani memberikan tes ujian akhir mata pelajaran ipa
tujuan pemberian mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah adalah
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional. artinya mata pelajaran smp mata pelajaran ipa mata pelajaran bahasa indonesia mata pelajaran ips mata pelajaran bahasa inggris mata pelajaran sd kelas 1
data mengenai mata pelajaran favorit dikumpulkan melalui cara
soal semua mata pelajaran sd kelas 1 semester 2 mata pelajaran smk mata pelajaran kelas 1 sd mata pelajaran matematika mata pelajaran ujian sekolah sd 2022
bahasa arab mata pelajaran mata pelajaran jurusan ips mata pelajaran sd kelas 1 2021 mata pelajaran sbdp mata pelajaran kuliah mata pelajaran pkn
bahasa inggrisnya mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa kelas 10 mata pelajaran untuk span-ptkin mata pelajaran ppkn mata pelajaran ips sma mata pelajaran tik
nama nama mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran pkn sd mata pelajaran mts mata pelajaran pjok
nama nama mata pelajaran dalam bahasa arab mata pelajaran bahasa inggrisnya mata pelajaran bahasa arab
seorang pengajar mata pelajaran akuntansi di sekolah berprofesi sebagai
nama mata pelajaran dalam bahasa jepang
hubungan bidang studi pendidikan kewarganegaraan dengan mata pelajaran lainnya
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional artinya mata pelajaran dalam bahasa arab
tujuan mata pelajaran seni rupa adalah agar siswa

You May Also Like

About the Author: Hack Adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *