pengembangan teks eksposisi – Hack.ac.id

pengembangan teks eksposisi?

Jawaban

Teks eksposisi adalah yang berisi informasi dan pengetahuan yang disampaikan secara singkat dan padat, dan disertai pendapat atau argumen penulisnya.

Teks eksposisi memiliki beberapa pola pengembangan sebagai berikut. 1. Umum-khusus atau deduktif adalah pola pengembangan teks eksposisi dengan menempatkan ide pokok pada awal paragraf. 2. Khusus-umum atau induktif adalah pola pengembangan teks eksposisi dengan menempatkan ide pokok pada akhir paragraf. Pada pola pengembangan ini, ide pokok juga berfungsi sebagai simpulan. 3. Perbandingan adalah pola pengembangan teks eksposisi dengan membandingkan hal-hal yang memiliki kesamaan. Tujuannya adalah untuk meyakinkan pembaca.

4. Ilustrasi adalah pola pengembangan teks eksposisi dengan menambahkan ilustrasi sebagai data penguat.

Dengan demikian, pembagian pengembangan teks eksposisi adalah umum-khusus atau deduktif adalah pola pengembangan teks eksposisi dengan menempatkan ide pokok pada awal paragraf; khusus-umum atau induktif adalah pola pengembangan teks eksposisi dengan menempatkan ide pokok pada akhir paragraf, perbandingan adalah pola pengembangan teks eksposisi dengan membandingkan hal-hal yang memiliki kesamaan, dan ilustrasi adalah pola pengembangan teks eksposisi dengan menambahkan ilustrasi sebagai data penguat.

You May Also Like

About the Author: Hack Adm