Materi Sistem Informasi Manajemen: Pengertian, Contoh, Fungsi

sistem-informasi-manajemen-8975801-6065108-jpg

Dalam suatu perusahaan harus memiliki informasi dalam pengelolaannya sehingga dapat mengetahui sistem yang ada berjalan lancar atau tidak dan mengambil keputusan. Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas secara lengkap tentang manajemen sistem informasi disini. Oleh karena itu, mari kita simak ulasan di bawah ini.

sistem-informasi-manajemen-4921076

Pengertian Sistem Informasi Manajemen

Sistem informasi manajemen adalah sistem informasi yang digunakan oleh organisasi untuk mengelola semua transaksi yang mendukung fungsi manajemen, dan dapat berguna untuk pengambilan keputusan. Atau sistem informasi manajemen yaitu sistem informasi yang menghasilkan output dengan input dan berbagai proses lain yang hasilnya diperlukan untuk tujuan tertentu dalam kegiatan manajemen.

Sistem informasi manajemen sering disebut dengan MIS, hasil SIM umumnya selalu menjadi bahan pertimbangan untuk mengambil suatu keputusan dalam suatu organisasi. Dengan menggunakan Sistem Informasi Manajemen, berbagai jenis pekerjaan yang berkaitan dengan analisis manajemen selalu dapat diselesaikan dengan cepat.

Sistem informasi manajemen dapat berjalan dengan baik jika didukung oleh teknologi yang canggih, sumber daya manusia yang berkualitas dan komitmen organisasi. Sistem informasi manajemen sangat berguna dalam mendukung fungsi manajemen, operasional dan pengambilan keputusan.


Baca juga artikel terkait: Pengertian manajemen keuangan menurut para ahli terlengkap


Kegiatan SIM juga dapat mendukung proses bisnis dalam suatu perusahaan dan sangat penting bagi kelangsungan perusahaan. Oleh karena itu perusahaan harus memiliki komitmen untuk mengelola Sistem Informasi Manajemen, agar berbagai proses dalam perusahaan termasuk proses produksi dapat berjalan dengan baik dan tentunya juga memberikan keuntungan.


Agar informasi yang dihasilkan oleh Sistem Informasi Manajemen dapat bermanfaat bagi manajemen, analisis sistem harus mengetahui berbagai jenis kebutuhan informasi yang dibutuhkannya, misalnya dengan mengetahui berbagai aktivitas pada setiap level manajemen dalam organisasi dan jenis keputusannya. yang dapat dilakukan untuk memecahkan masalah.


Dapat dikatakan bahwa terbentuknya sistem informasi manajemen atau SIM pada suatu perusahaan adalah agar manajemen dapat memiliki berbagai informasi yang berguna yang nantinya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.


Fungsi Sistem Informasi Manajemen

Fungsi utama penerapan sistem informasi manajemen dalam suatu organisasi adalah sebagai berikut:

  • Memudahkan manajemen untuk melakukan perencanaan, pengawasan, pengarahan dan pendelegasian pekerjaan kepada semua departemen yang memiliki hubungan komando atau koordinasi dengannya.
  • Untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi data yang disajikan secara akurat dan tepat waktu.
  • Untuk meningkatkan produktivitas dan penghematan biaya dalam suatu organisasi.
  • Meningkatkan kualitas sumber daya manusia sebagai hasil dari sistem kerja unit yang terkoordinasi dan sistematis.

Tujuan Sistem Informasi Manajemen

  • Untuk memberikan informasi dalam mengambil keputusan.
  • Menyediakan informasi yang digunakan dalam perencanaan, pengendalian, evaluasi dan juga perbaikan berkelanjutan.
  • Menyediakan informasi yang digunakan dalam perhitungan harga pokok produk, jasa dan tujuan lain yang diperlukan oleh manajemen.

Ketiga tujuan tersebut menunjukkan bahwa manajer dan pengguna lain harus memiliki akses ke informasi akuntansi manajemen dan juga harus mengetahui cara menggunakannya. Informasi akuntansi manajemen dapat membantu mereka mengidentifikasi masalah, memecahkan masalah dan mengevaluasi kinerja yang disampaikan.


Baca juga artikel terkait: Pengertian manajemen personalia beserta fungsi dan tujuannya


Manajemen proses sebagai aktivitas

formulasi rinci untuk mencapai tujuan akhir tertentu merupakan kegiatan manajemen yang disebut perencanaan. Oleh karena itu, perencanaan membutuhkan penetapan tujuan dan mengidentifikasi metode untuk mencapai tujuan tersebut.


perencanaan hanyalah setengah dari pertempuran. Setelah sebuah rencana dibuat, itu harus dilaksanakan, dan manajer serta pekerja harus memantau implementasinya untuk memastikan bahwa rencana tersebut berjalan sebagaimana mestinya. Kegiatan manajemen untuk memantau pelaksanaan rencana dan mengambil tindakan korektif yang diperlukan disebut kebutuhan.


Proses memilih di antara berbagai alternatif disebut proses pengambilan keputusan. Fungsi manajemen ini terjalin antara perencanaan dan pengendalian. Manajer harus memilih antara berbagai tujuan dan metode untuk melaksanakan tujuan yang dipilih. Hanya satu dari beberapa rencana untuk dipilih. Komentar serupa dapat dibuat mengenai fungsi kontrol.


(SIM) adalah kumpulan sistem informasi

Dikarenakan banyaknya manajer yang belum memahami tentang Sistem Informasi Manajemen, maka penulis mempresentasikan makalah yang berjudul “Sistem Informasi Manajemen”. Oleh karena itu diharapkan para manajer mampu mengelola perusahaannya dengan baik.


Baca juga artikel terkait: 4 Definisi Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli


  • Sistem Informasi Akuntansi (sistem informasi akuntansi)penyediaan informasi dan transaksi keuangan.
  • Sistem Informasi Pemasaran (sistem informasi pemasaran)memberikan informasi untuk penjualan, promosi penjualan, kegiatan pemasaran, kegiatan riset pasar dan lain-lain yang berkaitan dengan pemasaran.
  • sistem informasi manajemen persediaan (sistem informasi manajemen persediaan).
  • Sistem Informasi Kepegawaian (sistem informasi pribadi).
  • Sistem Informasi Distribusi (sistem informasi distribusi).
  • sistem informasi pembelian (pembelian sistem informasi).
  • Sistem informasi kekayaan (sistem informasi treasury).
  • Sistem informasi analisis kreditT (sistem informasi analisis kredit).
  • Penelitian dan pengembangan sistem informasi (penelitian dan pengembangan sistem informasi).
  • Sistem Informasi analisis perangkat lunak
  • Sistem Informasi Rekayasa (rekayasa sistem informasi)

Manfaat Sistem Informasi Manajemen

Pengetahuan tentang kemampuan potensial dari sistem informasi terkomputerisasi akan memungkinkan seorang manajer untuk secara sistematis menganalisis tugas-tugas individu organisasi dan menyesuaikannya dengan kemampuan komputer. Secara khusus, SIM memiliki beberapa kemampuan teknis yang direncanakan untuknya. Secara kolektif, kemampuan ini menyanggah pernyataan bahwa komputer hanyalah mesin penjumlahan atau kalkulator berkapasitas tinggi, sebenarnya komputer tidak dapat melakukan sesuatu, ia hanya melakukannya lebih cepat.


Sistem informasi komputer dapat memiliki sejumlah kemampuan jauh melebihi sistem non-komputer. Dan kemampuan ini telah merevolusi proses manajemen yang menggunakan informasi yang dihasilkan oleh sistem yang ada. Beberapa keterampilan teknis yang paling penting dalam sistem komputer:

Manfaat Kemampuan Teknis (SIM)

  1. Pemrosesan data batch
  2. Pemrosesan data tunggal
  3. Pemrosesan online, waktu nyata
  4. Komunikasi data dan pertukaran pesan
  5. Entri data jarak jauh dan pembaruan file
  6. Cari catatan dan analisis
  7. Pencarian berkas
  8. Algoritma dan model keputusan
  9. Otomatisasi kantor.

sistem-informasi-manajemen-9079273

Faktor-faktor yang menyebabkan SIM gagal dibangun

  • Kurangnya organisasi yang tepat
  • Kurangnya perencanaan yang memadai
  • Kurangnya staf yang dapat diandalkan
  • Kurangnya partisipasi manajemen berupa partisipasi manajer dalam perancangan sistem,

Contoh Sistem Informasi Manajemen

Beberapa contoh konkrit penerapan sistem informasi manajemen adalah sebagai berikut:

  • 1. Perencanaan Sumber Daya Perusahaan (ERP)

Sistem ERP ini biasanya digunakan oleh sejumlah perusahaan besar dalam mengelola manajemen dan melakukan pengawasan terpadu terhadap unit kerja di bidang Finance, Accounting, Human Resources, Marketing, Operations dan Inventory Management.

  • 2. Manajemen rantai pasokan (SCM)

Sistem SCM ini sangat berguna untuk manajemen dimana data yang disajikan terintegrasi dalam kaitannya dengan manajemen pasokan bahan baku, mulai dari pemasok, produsen, pengecer hingga konsumen akhir.

  • 3. Sistem Pemrosesan Transaksi (TPS)

TPS ini berguna untuk mengolah data dalam jumlah besar dengan transaksi bisnis rutin. Program ini umumnya diterapkan untuk penggajian dan manajemen persediaan. Contohnya adalah aplikasi yang digunakan untuk Bantuan Keuangan Desa oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

  • 4. Sistem Otomasi Kantor (OAS)

Sistem aplikasi ini berguna untuk memudahkan komunikasi antar departemen dalam suatu perusahaan dengan mengintegrasikan server komputer untuk setiap pengguna di perusahaan tersebut. Contohnya adalah email.

  • 5. Sistem Kerja Pengetahuan (KWS)

Sistem informasi KWS ini mengintegrasikan pengetahuan baru ke dalam organisasi. Dengan ini, diharapkan para ahli dapat menerapkannya dalam pekerjaan mereka.

Semoga bermanfaat ya sahabat guru pendidikan ?

Mungkin dibawah ini yang anda cari

website Pelajaran SD SMP SMA dan Kuliah Terlengkap

Materi pelajaran terlengkap

mata pelajaran
jadwal mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa mata pelajaran sd mata pelajaran dalam bahasa jepang mata pelajaran kurikulum merdeka mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran sma jurusan ips mata pelajaran sma
bahasa inggris mata pelajaran
bu ani memberikan tes ujian akhir mata pelajaran ipa
tujuan pemberian mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah adalah
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional. artinya mata pelajaran smp mata pelajaran ipa mata pelajaran bahasa indonesia mata pelajaran ips mata pelajaran bahasa inggris mata pelajaran sd kelas 1
data mengenai mata pelajaran favorit dikumpulkan melalui cara
soal semua mata pelajaran sd kelas 1 semester 2 mata pelajaran smk mata pelajaran kelas 1 sd mata pelajaran matematika mata pelajaran ujian sekolah sd 2022
bahasa arab mata pelajaran mata pelajaran jurusan ips mata pelajaran sd kelas 1 2021 mata pelajaran sbdp mata pelajaran kuliah mata pelajaran pkn
bahasa inggrisnya mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa kelas 10 mata pelajaran untuk span-ptkin mata pelajaran ppkn mata pelajaran ips sma mata pelajaran tik
nama nama mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran pkn sd mata pelajaran mts mata pelajaran pjok
nama nama mata pelajaran dalam bahasa arab mata pelajaran bahasa inggrisnya mata pelajaran bahasa arab
seorang pengajar mata pelajaran akuntansi di sekolah berprofesi sebagai
nama mata pelajaran dalam bahasa jepang
hubungan bidang studi pendidikan kewarganegaraan dengan mata pelajaran lainnya
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional artinya mata pelajaran dalam bahasa arab
tujuan mata pelajaran seni rupa adalah agar siswa

You May Also Like

About the Author: Hack Adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *