kesalahan yang bisa terjadi saat melakukan loncat kangkang adalah – Hack.ac.id

default-6045749

Kesalahan yang bisa terjadi saat melakukan loncat kangkang adalah …. a. Saat membuka kaki sangat lebar b. Saat melayang di udara, badan agak membungkuk c. Mendarat dengan menekuk lutut sedikit d. Saat menumpu di atas peti, tangan kurang melakukan tolakan

e. Saat mendarat, tangan direntangkan ke depan

Jawaban

Lompat kangkang termasuk ke dalam bagian senam ketangkasan. Latihan senam ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi gerak serta keberanian. Ada beberapa gerakan dasar lompat kangkang yang perlu diketahui, di antaranya: – Berdiri tegak – Tekuk kedua lutut sedikit, kedua tangan di samping badan dalam keadaan rileks – Lompatlah ke atas setinggi-tingginya, lakukan gerakan membuka kedua kaki ke samping selebar-lebarnya

– Lakukan sampai beberapa kali

Selain gerakan dasar, ada beberapa teknik khusus yang harus diperhatikan dalam melakukan lompat kangkang. Mulai dari awalan, tolakan kaki saat berada di atas peti tumpuan, dan pendaratan. Berikut beberapa teknik lompat kangkang yang perlu diperhatikan dan dipahami.

1. Awalan
Berdiri dengan jarak beberapa langkah (biasanya antara 10-15 meter) dari peti tumpuan. Setelah sudah siap, berlarilah dengan kecepatan sedang menuju peti tumpuan dengan menggunakan ujung kaki. Posisi kepala tegak, serta pandangan lurus ke depan. Ketika sudah mendekati peti tumpuan, laju lari dipercepat, sehingga memiliki tenaga yang bagus untuk melakukan lompatan.

2. Teknik tolakan kaki
Setelah melakukan awalan dan melakukan lompatan kaki, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan lompatan kaki dalam lompat kangkang, yaitu fokus pada peti tumpuan. Kaki sedikit jongkok agar mendapatkan tenaga pantulan yang bagus. Lakukan lompatan dengan menggunakan kaki, posisi tangan bersiap menopang badan untuk memberikan lecutan ke depan. Ketika berada dalam posisi melayang, antara tolakan kaki dan akan menumpukan tangan pada peti tumpuan, badan harus sedikit dicondongkan. Selanjutnya, ulurkan tangan ke depan agar tangan bisa meraih tumpuan untuk melakukan tolakan. Menyiapkan tangan sebagai tumpuan pada peti juga perlu diperhatikan. Hal ini bertujuan agar meningkatkan daya jangkau agar bisa sampai pada peti selanjutnya.

3. Teknik melewati peti tumpuan
Ambil awalan dengan beberapa langkah, kemudian kedua tangan bertumpu pada peti tumpuan. Lakukan tolakan dengan posisi kangkang.

4. Teknik mendarat
Meloncati peti dan lakukanlah pendaratan dengan menggunakan kaki, lutut menekuk, dan kedua lengan kalian lurus ke atas.

Oleh karenanya, jawaban yang tepat adalah D. Saat menumpu di atas peti, tangan kurang melakukan tolakan ya. 

Kemudian, Buk Guru sangat menyarankan siswa sekalian untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu jelaskan kandungan qs ar rahman 55 33 dengan penjelasan jawaban dan pembahasan yang lengkap.

You May Also Like

About the Author: Hack Adm