Kenapa Bluetooth Tidak Bisa Dimatikan? Ini 6 Solusinya Mudahnya! – Hack.ac.id

Bluetooth Tidak Bisa Dimatikan – Sampai zaman yang sudah sangat modern ini, salah satu software smartphone yang masih tetap penting, bahkan menjadi semakin penting, adalah Bluetooth. Karena jika dahulu bluetooth digunakan orang-orang hanya untuk mengirim dan menerima berkas saja, namun untuk saat ini hampir rata-rata gadget sudah bisa digunakan dengan menggunakan koneksi bluetooth.

Misalnya adalah speaker bluetooth ataupun tws, yang memanfaatkan koneksi bluetooth, sehingga mendengarkan lagu menggunakan speaker atau headset sudah tidak perlu menggunakan kabel lagi untuk menyambungkannya ke smartphone.

Namun tak jarang juga bluetooth yang ada di smartphone kita bisa mengalami error. Sehingga kita tak bisa menggunakannya seperti biasanya.

Adapun tipe-tipe error yang bisa terjadi pada bluetooth yaitu:

  • Bluetooth tidak bisa dimatikan / dioff kan.
  • Bluetooth tak bisa dihidupkan / aktif.
  • Bluetooth hidup sendiri.
  • Kita tidak dapat mengirim berkas / file menggunakan bluetooth.
  • Dan sebagainya.

Cara Memperbaiki Bluetooth Tidak Bisa Dimatikan

Untuk masalah yang telah admin sebutkan di atas, kamu bisa coba untuk atasi dengan trik dan tips berikut ini yang akan penulis sebutkan. Dan cara-cara berikut ini bisa juga digunakan untuk mengatasi masalah bluetooth pada HP merek Samsung, Xiomi, Asus, Oppo, LG, Acer, Advan, dan yang lainnya. Tinggal disesuaikan saja nanti caranya.

Baiklah, tanpa menunggu lama lagi, silahkan baca langsung cara mengatasi kenapa bluetooth tidak bisa dimatikan sampai masalah-masalah bluetooth lainnya.

1. Me-restart Smartphone

Jika bluetooth yang ada di android kamu tiba-tiba bermasalah, maka cara pertama yang bisa kamu coba adalah dengan me-restart atau menghidupkan ulang hp android tersebut. Ini adalah cara simpel pertama yang bisa dicoba kamu coba terapkan, dan biasanya bluetooth akan kembali normal dan siap digunakan seperti semula.

Baca juga:  Cara Melihat RAM HP Samsung A11

Jika masalah error pada bluetooth yang kamu alami mungkin tidak terlalu parah, hanya kesalahan dalam sistemnya saja, mungkin dengan cara sesimpel ini sudah bisa untuk mengatasinya. Karena itu, tak ada salahnya mencoba dahulu, terkadang hal-hal sepele pun dapat memecahkan masalah yang kita pikir ribet.

2. Bersihkan Cache Bluetooth

Cara kedua yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah bluetooth yang error atau bluetooth tidak bisa dimatikan adalah dengan membersihkan Cache bluetooth. Atau dalam bahasa sederhananya adalah kita menghapus history bluetooth / membersihkan kembali sistem yang ada pada bluetooth, agar bluetooth bisa bagus kembali.

Dan untuk menggunakan cara ini juga tidak membutuhkan aplikasi lain / pihak ketiga. Kamu bisa melakukannya langsung melalui setelan hp.

Inilah cara simpel unuk menghapus cache bluetooth di smartphone android:
Buka Setelan > Aplikasi > Berbagi melalui Bluetooth > Hapus cache

Setelah itu, kamu bisa mencoba untuk menggunakan bluetooth kembali. Misalnya coba untuk mengirim file ke hp yang lain. Atau bisa juga coba untuk mengirim file ke laptop dan komputer. Lalu coba juga untuk menerima file dari perangkat lain, apakah sudah bisa atau belum.

Jika cara kedua ini masih belum work, maka silahkan lanjut untuk mencoba cara berikut ini.

3. Hentikan Paksa Bluetooth

Selanjutnya kamu bisa mencoba dengan cara mengentikan paksa bluetooth, sehingga sistem bluetooth akan berhenti dan sistemnya akan merestart sendiri jika kamu gunakan kembali.

Cara menghentikan paksa bluetooth:
Buka Setelan > Aplikasi > Berbagi melalui bluetooth > Berhenti paksa

Setelah itu coba aktifkan kembali bluetooth di hp kamu, dan coba untuk gunakan kembali, entah itu untuk mengirim file, menerima file, atau menyambungkan bluetooth ke perangkat lain seperti speaker.

Baca juga:  4 Cara Menghubungkan Samsung A50s Ke PC, Langsung Coba!

4. Hapus Data Bluetooth

Langkah keempat yang bisa kamu coba selanjutnya untuk mengatasi bluetooth tidak bisa dimatikan atau error lainnya yaitu dengan membersihkan data bluetooth tersebut. Hal ini hampir sama seperti menghapus cache bluetooth, bedanya kita kali ini akan mencoba untuk menghapus datanya secara langsung, agar bluetooth juga bisa kembali fresh untuk digunakan.

Langkahnya yaitu:
Buka Setelan > Aplikasi > Berbagi melalui bluetooth > Hapus Data

Jika sudah, silahkan kamu coba hidupkan dan gunakan kembali bluetoothnya.

Tenang saja, cara ini bukan berarti akan menghapus semua berkas dari bluetooth atau menghapus bluetoothnya sendiri. Namun hanya membersihkan data-data yang ada di dalam sistem bluetooth tersebut.

Jadi berkas-berkas yang selama ini kamu terima menggunakan bluetooth tidak akan terhapus.

5. Unroot HP Android (Jika Sudah Diroot)

Jika kamu tidak mengetahui apa itu Root, dan tidak pernah melakukan root pada android yang kamu miliki, maka bisa melewati bagian ini.

Namun jika kamu pernah mengeroot smartphone android kamu tersebut, bisa ada kemungkinan bahwa sistem bluetooth pada android kamu tersebut menjadi error karena ada salah settingan ketika mengeroot hp. Walaupun ini masih sekedar kemungkinan saja, namun tetap ada peluangnya ini terjadi. Karena seperti yang kita tahu, root berarti memaksakan untuk membuka sistem pada android secara penuh.

Kamu bisa coba untuk unroot hp android tersebut, untuk masuk kembali ke mode “standar” smartphone. Dan coba lihat apakah hal ini memang berpengaruh pada sistem bluetooth yang error tersebut.

6. Factory Reset

Cara paling akhir yang bisa kamu coba jika semua cara di atas gagal, yaitu dengan Factory Reset atau bahasanya adalah “Setelan Pabrik”. Yaitu mengembalikan semua sistem smartphone tersebut kembali ke awal, seperti baru keluar dari pabrik. Yang berarti semua aplikasi dan data-data yang tersimpan di dalam hp tersebut akan ikut terhapus dan semua sistem tereset kembali seperti baru.

Baca juga:  Cara Mengatasi Samsung A20 Bootloop

Karena itu saya katakan ini adalah cara terakhir, namun kamu bisa juga membackup terlebih dahulu data-data penting yang ada di dalam hp tersebut, untuk berjaga-jaga.

Dengan melakukan Factory Reset, maka hp kamu akan kembali menjadi baru, dan kemungkinan error pada bluetooth tersebut juga akan terhapus dan bluetooth akan kembali normal seperti sedia kala.

7. Memanfaatkan Aplikasi Lain

Zaman semakin canggih, sekarang kita sudah bisa menggunakan aplikasi lain untuk mengirim dan menerima file, bukan hanya menggunakan bluetooth saja. Bahkan semakin banyak aplikasi-aplikasi yang bermunculan dengan banyak fitur untuk saling berbagi file dengan mudah dan lebih cepat.

Aplikasi yang bisa kamu gunakan sebagai pengganti bluetooth yaitu Share It dan Mi Drop. Kamu bisa saling mengirim dan menerima berkas dengan aplikasi tersebut, sama seperti bluetooth. Bahkan kecepatan transfer file aplikasi tersebut jauh lebih cepat dibandingkan dengan bluetooth.

Nah, selesai juga artikel untuk mengatasi bluetooth tidak bisa dimatikan, bluetooth error, dan masalah bluetooth lainnya. Silahkan kamu coba satupersatu mulai dari cara yang dianggap paling mudah.

Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Hack Adm