Jelaskan apa yang dimaksud dengan energi ionisasi, afinitas elektron, dan keelektronegatifan – Hack.ac.id

Jelaskan apa yang dimaksud dengan energi ionisasi, afinitas elektron, dan keelektronegatifan?

Jawaban

Energi ionisasi adalah energi yang diperlukan untuk melepaskan elektron terluar suatu atom dalam keadaan gas. Besarnya energi ionisasi dinyatakan dalam . Nilai energi ionisasi kecil menunjukkan bahwa atom mudah melepaskan elektron dan jika energi ionisasi besar maka atom sukar melepaskan elektron.

Afinitas elektron adalah energi yang dilepaskan pada saat suatu atom dalam keadaan gas menerima elektron. Harga afinitas elektron biasanya dinyatakan dengan tanda negatif karena menunjukkan pelepasan energi. Jika harga afinitas elektron makin negatif, berarti afinitas elektron semakin besar.

Keelektronegatifan adalah kemampuan atau kecenderungan suatu atom untuk menangkap elektron dari atom lain dalam senyawanya.

Jadi, energi ionisasi adalah adalah energi yang diperlukan untuk melepaskan elektron terluar suatu atom dalam keadaan gas; afinitas elektron adalah energi yang dilepaskan pada saat suatu atom dalam keadaan gas menerima elektron; dan keelektronegatifan adalah kemampuan atau kecenderungan suatu atom untuk menangkap elektron dari atom lain dalam senyawanya.

Itulah tadi jawaban dari Jelaskan apa yang dimaksud dengan energi ionisasi, afinitas elektron, dan keelektronegatifan, semoga membantu.

Kemudian, Buk Guru sangat menyarankan siswa sekalian untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu bagaimana reaksi rakyat indonesia menyambut proklamasi kemerdekaan dengan penjelasan jawaban dan pembahasan yang lengkap.

You May Also Like

About the Author: Hack Adm