Faktor Yang Mempengaruhi Pembentukan Tanah : Faktor, Unsur

tanah-3495743-5487423-png

Pengertian Geografi Darat

Tanah merupakan salah satu faktor terpenting bagi kehidupan manusia, karena semua kebutuhan hidup manusia dapat kita lihat dari produk-produk yang bahan-bahannya hampir seluruhnya tersedia di dalam tanah.

Di seluruh bumi terdapat berbagai jenis tanah dari yang paling haus hingga yang paling subur, berwarna putih, merah, coklat, abu-abu, hitam dan karakteristiknya beragam.

Ilmu yang mempelajari tanah disebut pedologi.

Tanah adalah lapisan tipis kerak bumi yang terletak di permukaan bumi bagian atas yang terbentuk dari pelapukan dan penghancuran batuan induk (bahan anorganik/mineral) dan pembusukan tumbuhan/hewan (bahan organik) yang merupakan media pertumbuhan tanaman.


Komponen utama tanah

Tanah terdiri dari empat komponen utama, yaitu bahan mineral, bahan organik, udara dan air tanah. Gambar di bawah ini menunjukkan komposisi tanah utama berdasarkan volume suatu jenis tanah dengan tekstur lempung berdebu dengan rasio padatan ruang udara tanah seimbang.

Dari gambar di atas terlihat bahwa tanah mengandung 50% pori-pori yang terdiri dari udara dan air. Fase padat berdasarkan volume membentuk sekitar 45% bahan mineral tanah dan 5% bahan organik. Pada kadar air yang optimal untuk pertumbuhan tanaman, persentase ruang pori adalah 25% berisi air dan 25% berisi udara.

Dalam kondisi alami, rasio udara terhadap air bervariasi tergantung pada cuaca dan faktor lainnya. Bahan-bahan penyusun tanah yang telah disebutkan tadi, yaitu bahan mineral, bahan organik dan air, bercampur menjadi satu di dalam tanah sehingga sulit dipisahkan satu sama lain.


Faktor Pembentuk Tanah

Ada dua syarat utama pembentukan tanah, yaitu: (1) tersedianya bahan asal atau batuan induk, (2) adanya faktor-faktor yang mempengaruhi bahan induk (Jenny, 1941). Bahan induk tanah berbeda dengan batuan induknya. Bahan induk tanah merupakan hasil pelapukan batuan induk. Bahan induk dapat dilepas (tidak terkonsolidasi), sedangkan batuan induknya padat.

Faktor-faktor lain yang bekerja kemudian setelah bahan tanah induk telah diklasifikasikan dapat dikelompokkan menjadi faktor aktif dan faktor pasif. Faktor aktif dalam pembentukan tanah adalah iklim dan organisme tanah. Faktor pembentuk tanah pasif adalah tempat di mana bahan induk berada dan periode di mana pembentukan tanah berlangsung.

Jenny (1941) merumuskan faktor-faktor pembentuk tanah dalam rumus matematika sebagai berikut:

S = f (C, O, P, R, T …)

  • S = Tanah (Tanah)
  • f = Fungsi (fungsi)
  • C = iklim (iklim)
  • O = Organisme (organisme)
  • P = Bahan indeks tanah (Bahan Induk Tanah)
  • R = Bentuk lahan (Relif)
  • T = Waktu (waktu)

= faktor lokal yang tidak ditentukan secara spesifik

Penjelasan detail oleh Jenny dimulai dari faktor tanah induk sebagai bahan dasar pembentukan tanah, dilanjutkan dengan iklim dan organisme sebagai faktor pembentuk tanah yang aktif serta pencahayaan dan waktu sebagai faktor pembentuk tanah yang pasif. Jenny (1941) juga menunjukkan bahwa ada faktor-faktor pembentuk tanah lokal yang tentunya tidak dapat diterapkan secara universal.


Proses pembentukan tanah

Proses pembentukan tanah diawali dengan pelapukan batuan, baik pelapukan fisik maupun pelapukan kimiawi. Dari proses pelapukan ini, batuan akan melunak dan berubah komposisinya. Pada tahap ini batuan hasil pelapukan belum tergolong sebagai tanah, melainkan sebagai material tanah (regolith) karena masih memperlihatkan struktur batuan induknya.

Proses pelapukan berlanjut sampai bahan induk akhirnya berubah menjadi tanah. Nah, proses pelapukan ini merupakan awal dari pembentukan tanah, proses pembentukan tanah sangat erat kaitannya dengan pelapukan, baik itu pelapukan fisik maupun pelapukan kimia batuan atau bahan organik. Pelapukan tanah terdiri dari:

  1. Dekomposisi atau pelapukan kimia terjadi bila kondisi tanah cukup tergenang air, dengan kata lain air merupakan indikator yang mendukung terjadinya dekomposisi. Pada daerah humus yang biasanya ditumbuhi vegetasi, proses dekomposisi lebih dominan pada proses disintegrasi Dekomposisi dapat dilakukan dengan berbagai media, seperti dekomposisi oleh tumbuhan, dekomposisi oleh mikroorganisme dan dekomposisi pedomik.
  2. Disintegrasi atau pelapukan fisik dapat disebabkan oleh pengaruh suhu, air, dingin, cuaca dan gletser. Disintegrasi adalah proses mekanis di mana batuan masif (tidak terpisah) pecah menjadi fragmen yang lebih kecil tanpa perubahan sifat fragmen. disintegrasi dapat disebabkan oleh suhu, air, angin, cuaca beku, makhluk

Karakteristik tanah


  • Morfologi Tanah dan Sifat Fisik

Istilah morfologi pertama kali dikemukakan oleh Zakhraf (1927) untuk mempelajari tanah, yang berdasarkan tujuan morfologi adalah suatu keterampilan untuk mendeskripsikan deskripsi, sehingga morfologi adalah deskripsi tanah dalam hubungannya dengan kenampakan dan sifat-sifat serta sifat-sifat umum tanah. . Dan media untuk mengamati morfologi tanah adalah Profil tanah.

Profil tanah merupakan urutan, susunan horizon yang terdapat pada anatomi tubuh tanah yang berbentuk bujur sangkar dan vertikal di kedalaman tanah, serta merupakan media untuk mempelajari morfologi tanah. Kondisi untuk mengamati profil tanah adalah:

  1. Vertikal
  2. Baru
  3. Tidak terkena sinar matahari langsung

Dalam pengamatan morfologi tanah pada profil tanah sangat berguna untuk mengetahui sifat-sifat fisik tanah, adapun sifat-sifat fisik tanah adalah :

  1. Warna dasar
  2. Tekstur tanah
  3. Struktur tanah
  4. Konsistensi dasar
  5. Formasi khusus di tanah

Nutrisi tanah


Makronutrien adalah jumlah unsur hara yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah banyak, yaitu N, P, K, Ca, Mg dan S.


Mikronutrien adalah unsur-unsur yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah sedikit, antara lain Besi (Fe), Mangan (Mn), Seng (Zn), Tembaga (Cu), Molibdenum (Mo), Boron (B), Klorin (Cl).


Klasifikasi Di Lapangan

Karakteristik tanah bermacam-macam, ada yang berwarna hitam, abu-abu, bertekstur pasir, lanau, lempung, dll. Untuk membedakan tanah perlu dilakukan pengklasifikasian tanah walaupun dengan cara yang sangat sederhana. Klasifikasi tanah sendiri berarti usaha untuk membedakan tanah berdasarkan ciri-ciri yang dimilikinya.

Tujuan klasifikasi tanah, yaitu:

  1. Organisasi atau pengelolaan tanah
  2. Ketahui hubungan masing-masing tanah
  3. Mempermudah mengingat sifat-sifat tanah
  4. Mengklasifikasikan tanah untuk:
  • Evaluasi karakteristiknya
  • Cari tahu negara-negara terbaik
  • Mengevaluasi produktivitas
  • Penelitian eksplorasi

Tanah dapat diklasifikasikan menjadi dua yaitu klasifikasi alami dan klasifikasi teknis. Klasifikasi alami adalah klasifikasi tanah berdasarkan sifat tanah yang dimilikinya tanpa mengaitkannya dengan tujuan penggunaan tanah. Klasifikasi ini memberikan gambaran dasar tentang sifat fisik, kimia, mineralogi tanah yang dimiliki oleh masing-masing kelas yang selanjutnya dapat digunakan sebagai dasar pengelolaan berbagai pengelolaan tanah.


Gambar Negara

tanah-6992184


Jenis tanah di Indonesia

  1. Tanah Vulkanik
  2. Tanah Organosol
  3. Tanah litosol (tanah berbatu)
  4. tanah Podzol
  5. Tanah Laterit
  6. Tanah Marl
  7. Tanah Terrarosa (Batu Kapur).

Demikian artikel Duniadunia.co.id tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan tanah: faktor, komponen penyusun, pengertian, isi, gambar, unsur, jenis, klasifikasi, semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat semua.

website Pelajaran SD SMP SMA dan Kuliah Terlengkap

Materi pelajaran terlengkap

mata pelajaran
jadwal mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa mata pelajaran sd mata pelajaran dalam bahasa jepang mata pelajaran kurikulum merdeka mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran sma jurusan ips mata pelajaran sma
bahasa inggris mata pelajaran
bu ani memberikan tes ujian akhir mata pelajaran ipa
tujuan pemberian mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah adalah
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional. artinya mata pelajaran smp mata pelajaran ipa mata pelajaran bahasa indonesia mata pelajaran ips mata pelajaran bahasa inggris mata pelajaran sd kelas 1
data mengenai mata pelajaran favorit dikumpulkan melalui cara
soal semua mata pelajaran sd kelas 1 semester 2 mata pelajaran smk mata pelajaran kelas 1 sd mata pelajaran matematika mata pelajaran ujian sekolah sd 2022
bahasa arab mata pelajaran mata pelajaran jurusan ips mata pelajaran sd kelas 1 2021 mata pelajaran sbdp mata pelajaran kuliah mata pelajaran pkn
bahasa inggrisnya mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa kelas 10 mata pelajaran untuk span-ptkin mata pelajaran ppkn mata pelajaran ips sma mata pelajaran tik
nama nama mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran pkn sd mata pelajaran mts mata pelajaran pjok
nama nama mata pelajaran dalam bahasa arab mata pelajaran bahasa inggrisnya mata pelajaran bahasa arab
seorang pengajar mata pelajaran akuntansi di sekolah berprofesi sebagai
nama mata pelajaran dalam bahasa jepang
hubungan bidang studi pendidikan kewarganegaraan dengan mata pelajaran lainnya
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional artinya mata pelajaran dalam bahasa arab
tujuan mata pelajaran seni rupa adalah agar siswa

You May Also Like

About the Author: Hack Adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *