Dampak Rotasi Bumi : Pengertian, Gambar, Pengaruh,Kecepatan

rotasi-bumi-5091728-1137543-png

Memahami Rotasi Bumi

Rotasi bumi adalah perputaran bumi pada porosnya. Rotasi ini merupakan hasil gaya gravitasi antara gaya gravitasi matahari dan gaya gravitasi bumi.

Bumi berputar pada porosnya dari barat ke timur. Arahnya persis sama dengan arah revolusi bumi mengelilingi matahari. Ketika rotasi bumi adalah 23 jam 56 menit 4 detik, interval waktu ini disebut satu hari. Setelah berotasi, Bumi bergerak 360 derajat bujur dalam 24 jam. Ini berarti bahwa 10 derajat garis bujur membutuhkan waktu 4 menit. Jadi tempat yang berbeda 10 derajat garis bujur akan memiliki perbedaan waktu 4 menit.

rotasi-bumi-7762069


Pengaruh Rotasi Bumi


  • Pergantian siang dan malam

Permukaan bumi yang menghadap matahari mengalami siang hari. Sebaliknya, permukaan bumi yang membelakangi matahari mengalami malam. Akibat rotasi bumi, permukaan bumi berubah secara bergantian menuju dan menjauhi matahari. Ini adalah acara siang dan malam. Karena periode sirkulasi harian matahari yang tampak adalah 24 jam, panjang rata-rata siang atau malam adalah 12 jam.


  • Perbedaan waktu di berbagai tempat di bumi

Seluruh permukaan bumi dibagi menurut garis lintang dan garis bujur. Garis lintang adalah garis yang sejajar dengan garis tengah ekuator, sedangkan garis bujur adalah garis yang sejajar dengan garis tengah kutub. Arah rotasi bumi sama dengan arah revolusinya, yaitu dari barat ke timur. Itulah sebabnya matahari selalu terbit di timur dan terbenam di barat.

Waktu GMT (Greenwich Mean Time) sebagai waktu mulai yang berada pada garis bujur nol derajat melalui kota Greenwich di London. Misalnya, Indonesia memiliki tiga derajat bujur standar, yaitu 105120135 Bujur timur, jadi waktu setempat adalah Greenwich Mean Time ditambah 7 jam, 8 jam dan 9 jam berturut-turut. Jika bujur standar barat nol, waktu dikurangi, dan jika bujur standar timur nol, waktu bertambah.


  • Star Daily Pseudo Motion

Bintang (termasuk matahari) yang tampak bergerak sebenarnya tidak bergerak. Akibat rotasi bumi dari barat ke timur, bintang tampak bergerak dari timur ke barat. Perputaran bumi tidak dapat kita lihat, yang dapat kita lihat adalah peredaran matahari dan benda langit yang bergerak dari timur ke barat.

Itu sebabnya kita selalu melihat matahari terbit di timur dan terbenam di barat. Pergerakan dari timur ke barat yang terlihat oleh matahari dan benda langit lainnya disebut pergerakan diurnal semu dari bintang-bintang. Karena gerak semu ini dapat diamati setiap hari, maka disebut gerak semu diurnal.


  • Perbedaan percepatan gravitasi di permukaan bumi

Rotasi bumi juga menyebabkan pembengkakan di ekuator dan kompresi di dua kutub bumi. Selama Bumi mengalami pembekuan dari gas menjadi cair kemudian menjadi padat, Bumi terus berputar pada porosnya. Hal ini menyebabkan tonjolan di ekuator dan perataan kedua kutub bumi sehingga menjadi seperti sekarang. Karena percepatan gravitasi berbanding terbalik dengan kuadrat jari-jari, percepatan gravitasi lebih besar di kutub daripada di sekitar khatulistiwa.


Kecepatan rotasi Bumi

Menurut Wolfram Research, diameter bumi = 12.756.274 km, keliling bumi dapat dihitung sebagai berikut: (phi) x (diameter) = 3,1415 x 12.756.274 km = panjang atau keliling bumi = 40.073,83 km.
Panjang keliling bumi jika diambil dalam satu putaran atau putaran bumi selama sehari semalam. (24 jam) maka kecepatan rotasi di permukaan khatulistiwa dihitung sebagai berikut: * 40.073,83 km : 24 jam = 1.669,97 km/jam,
Jadi kecepatan bumi di atas ekuator = 1669,97 km/jam.

Selain berotasi, bumi kita juga berputar mengelilingi matahari atau berotasi, dengan kecepatan 107,5000 km/jam, satu revolusi per tahun, bila dihitung maka panjang lintasan yang ditempuh bumi selama 365 hari dapat dihitung sebagai berikut menjadi:
= 107.500 km/jam x 365 hari x 24 jam/hari = 941.700.000 km

Kira-kira begini gambarannya jika bumi tiba-tiba berhenti berputar dan mengalami revolusi. Seluruh penghuni/benda di permukaan khatulistiwa akan terlempar dengan kecepatan putar 1.669,97 km/jam dan kecepatan revolusi 107.500 km/jam.


Karena Rotasi Bumi

Sirkulasi semu harian benda langit

Benda langit yang terlihat setiap hari (terutama pada malam hari) tampak melintas dari timur ke barat. Gerak ini selanjutnya disebut sebagai gerak semu harian benda langit. Gerak ini bukan disebabkan oleh gerak benda langit terhadap bumi melainkan akibat perputaran bumi pada porosnya.

Peristiwa siang dan malam, rotasi bumi menyebabkan bagian bumi yang berhadapan langsung dengan matahari mendapat cahaya, sedangkan bagian yang berlawanan tidak mendapat cahaya. Bagian bumi yang mendapat sinar matahari akan mengalami siang, sedangkan bagian yang tidak terkena sinar matahari akan mengalami malam. Perubahan siang dan malam terjadi secara perlahan sehingga daerah yang berada pada posisi lebih timur dibanding lainnya akan mengalami siang terlebih dahulu.

Perbedaan waktu, Bujur adalah garis imajiner yang digunakan untuk menentukan waktu di permukaan bumi dan didasarkan pada kota Greenwich di Inggris. Kota Greenwich didefinisikan sebagai garis bujur 0o. Daerah di sebelah timur disebut bujur timur, sedangkan daerah di sebelah barat disebut bujur barat. Selanjutnya wilayah barat dan timur masing-masing dibagi menjadi 180o

Pembagian waktu internasional

Pembelokan arah angin, angin bertiup dari daerah bertekanan tinggi ke daerah bertekanan rendah. Namun arah angin tidak persis sama dengan arah gradien tekanan, hal ini disebabkan adanya pengaruh gaya Coriolis pada angin. Gaya Coriolis adalah gaya semu yang timbul akibat pengaruh dua gerak, yaitu gerak rotasi bumi dan gerak benda relatif terhadap bumi.

Pembelokan arah angin akibat efek Coriolis
Pembelokan arus laut, umumnya arus laut disebabkan oleh tiupan angin di permukaan. Seperti arah angin, arah arus laut juga terdistorsi oleh rotasi bumi. Arus laut terpaksa berbelok saat tiba di belahan bumi utara dan belahan bumi selatan

Perbedaan percepatan gravitasi, benda berotasi/berputar akan menimbulkan gaya sentripetal. Semakin besar jari-jari putaran, semakin besar pula gaya sentripetal yang timbul.

Gaya sentrifugal ini akan menyebabkan bumi menjadi rata di kutub (diameter bumi ke kutub lebih kecil dari diameter ke ekuator). Perbedaan diameter ini menghasilkan percepatan gravitasi yang berbeda, sesuai dengan hukum gravitasi Newton.

Revolusi Bumi Evolusi Bumi adalah gerak bumi mengelilingi matahari. Pergerakan ini juga terjadi di planet lain di tata surya. Bumi berputar dari barat ke timur dengan kemiringan 66,5o terhadap sumbu rotasi bumi. Bidang yang dibentuk Bumi selama evolusinya disebut bidang ekliptika


Sifat Rotasi Bumi

  1. Terjadi siang dan malam
  2. Terjadinya gerak semu harian Matahari
  3. Zona waktu bervariasi
  4. Perubahan arah angin
  5. Perbedaan ketebalan lapisan atmosfer
  6. Perbedaan percepatan akibat gravitasi di beberapa daerah
  7. Revolusi dan rotasi bulan

Demikian artikel Duniadunia.co.id tentang dampak rotasi bumi: pengertian, gambar, efek, kecepatan, efek, ciri-ciri, semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat semua.

website Pelajaran SD SMP SMA dan Kuliah Terlengkap

Materi pelajaran terlengkap

mata pelajaran
jadwal mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa mata pelajaran sd mata pelajaran dalam bahasa jepang mata pelajaran kurikulum merdeka mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran sma jurusan ips mata pelajaran sma
bahasa inggris mata pelajaran
bu ani memberikan tes ujian akhir mata pelajaran ipa
tujuan pemberian mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah adalah
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional. artinya mata pelajaran smp mata pelajaran ipa mata pelajaran bahasa indonesia mata pelajaran ips mata pelajaran bahasa inggris mata pelajaran sd kelas 1
data mengenai mata pelajaran favorit dikumpulkan melalui cara
soal semua mata pelajaran sd kelas 1 semester 2 mata pelajaran smk mata pelajaran kelas 1 sd mata pelajaran matematika mata pelajaran ujian sekolah sd 2022
bahasa arab mata pelajaran mata pelajaran jurusan ips mata pelajaran sd kelas 1 2021 mata pelajaran sbdp mata pelajaran kuliah mata pelajaran pkn
bahasa inggrisnya mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa kelas 10 mata pelajaran untuk span-ptkin mata pelajaran ppkn mata pelajaran ips sma mata pelajaran tik
nama nama mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran pkn sd mata pelajaran mts mata pelajaran pjok
nama nama mata pelajaran dalam bahasa arab mata pelajaran bahasa inggrisnya mata pelajaran bahasa arab
seorang pengajar mata pelajaran akuntansi di sekolah berprofesi sebagai
nama mata pelajaran dalam bahasa jepang
hubungan bidang studi pendidikan kewarganegaraan dengan mata pelajaran lainnya
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional artinya mata pelajaran dalam bahasa arab
tujuan mata pelajaran seni rupa adalah agar siswa

You May Also Like

About the Author: Hack Adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *