Dampak Globalisasi Banding Politik : Cara Menghadapi,Dampak

glopalisasi-politik-1446207-2878557-png

Definisi globalisasi politik

Menurut Roger F. Soltau dalam Pengantar Politik (Miriam Budiarjo: 1991:9) “ilmu politik mempelajari negara, tujuan negara dan lembaga-lembaga yang akan melaksanakan tujuan tersebut, hubungan antara negara dan warga negaranya serta dengan negara lain..

Menurut konsep ini, ilmu politik mempelajari negara dengan tujuan-tujuannya, lembaga-lembaga yang melaksanakan tujuan-tujuan itu, hubungan dengan warganya dan hubungan negara-negara lain. Dalam perspektif global, aspek hubungan dengan negara lain menjadi isu utama.

glopalisasi-politik-1147906

Hubungan dengan negara lain khususnya Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan negara tetangga yang kita sebut hubungan regional, dengan negara lain pada umumnya kita sebut hubungan antar negara atau antar bangsa atau hubungan internasional, dan terakhir dengan seluruh negara di dunia ini, yang kita sebut hubungan global. . Namun, konotasi hubungan global sebenarnya lebih komprehensif dan kurang formal. Berbeda dengan hubungan bilateral dan hubungan multilateral.


Dampak Globalisasi Politik di Indonesia


  • Dampak positif globalisasi politik

Pengaruh globalisasi tidak hanya pada bidang ekonomi, globalisasi juga berdampak positif pada bidang politik. Walaupun politik dan pemerintahan merupakan hak berdaulat setiap negara, negara-negara lain dalam penyelenggaraan pemerintahan di era global ini memerlukan sikap keterbukaan, demokrasi dan penghormatan terhadap hak asasi manusia. Tuntutan ini sudah menjadi kesepakatan antar negara di dunia dan oleh karena itu setiap negara mau tidak mau harus mempraktekkan manajemen yang sesuai dengan tuntutan globalisasi.

Hal tersebut tentunya berdampak positif bagi kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Kita juga merasakan dampak dari sistem pemerintahan yang terbuka, demokratis dan menghargai hak asasi manusia. Jika kita amati bahwa telah terjadi perubahan yang luar biasa di negara kita dalam beberapa tahun terakhir. Setiap warga negara berhak terlibat langsung dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan serta mengawasi penyelenggaraan pemerintahan.


  • Dampak negatif globalisasi politik

Perkembangan globalisasi mempengaruhi kedaulatan suatu negara dalam penyelenggaraan pemerintahan dan penyelenggaraan negara. Gejala ini terjadi hampir di setiap negara. Pasalnya, ada aturan baru yang telah disepakati bersama dengan lembaga global seperti PBB dan WTO.

Campur tangan masyarakat internasional dan masuknya nilai-nilai budaya baru dari dunia luar menyebabkan perubahan bidang politik di dalam suatu negara. Di Indonesia, setelah nilai-nilai politik luar negeri masuk secara langsung atau tidak langsung, nilai-nilai politik yang dilandasi semangat kekeluargaan, musyawarah mufakat dan gotong royong yang sudah lama kita miliki memudar. Untuk itu kita sebagai bangsa harus mampu menyaring nilai atau pengaruh dari luar agar sesuai dengan kepribadian bangsa.


Dampak globalisasi


  • Pengaruh globalisasi dalam bidang ideologi dan politik

Pengaruh globalisasi terhadap ideologi dan politik merupakan pengaruh penguatan ideologi liberal dalam mewarnai politik negara-negara berkembang yang ditandai dengan menguatnya kapitalisme. Ciri kapitalisme abad ke-21 adalah sangat pragmatis dan imperialistik dalam arti ingin terus mendominasi pihak lain. Implikasi global dalam bidang politik tentu harus membuka komunikasi dan sistem politik baru yang terbuka.

Tuntutan proses globalisasi adalah adanya gerakan hak asasi manusia, gerakan lingkungan dan gerakan politik yang melemahkan gagasan nasionalisme. Sementara di sisi lain ideologi komunis sebagai legitimasi kekuasaan telah runtuh, sehingga sosialisasi ideologi komunis di era globalisasi semakin memudar (Sunarso.2013: 241).


  • Pengaruh globalisasi di bidang ekonomi

Pengaruh globalisasi terhadap perekonomian antara lain berupa bertambahnya jumlah perusahaan transnasional bekerja tanpa mengenal batas negara. Selanjutnya, persaingan yang semakin ketat dalam produksi barang dan jasa di pasar bebas.


  • kapitalisme di indonesia

Dalam Pasal 33 UUD 1945, kata “penguasaan” dapat berarti sesuatu yang dimiliki atau diusahakan oleh negara itu sendiri. Pengertian lain berarti “master” dapat diartikan sebagai “pengelolaan”. Maka dengan kata “penguasaan” secara operasional diartikan “diatur” setelah pemerintah mengeluarkan peraturan, “barang dan cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak” dan “bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya”. dapat dimiliki oleh seseorang dengan perolehan keuntungan bagi individu.


Faktor penyebab terjadinya globalisasi

Globalisasi merupakan fenomena yang datang bukan tanpa sebab. Ada beberapa faktor yang melatarbelakangi munculnya globalisasi antara lain:

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang berperan dalam mempermudah transaksi ekonomi antar negara. Negara maju mampu menciptakan teknologi canggih yang dapat dengan bebas memfasilitasi hubungan antar negara. Adanya teknologi modern seperti televisi, radio, internet dan satelit telah menjadikan dunia luas seperti kota kecil yang dapat dijangkau dengan mudah.

Perekonomian dunia berjalan cepat dan bebas, sehingga negara-negara saling bersaing untuk mendapatkan keuntungan bagi mereka.
Kerja sama ekonomi internasional yang memfasilitasi munculnya kesepakatan antar negara yang terjalin erat. Hubungan mutualisme yang terjadi dimaksudkan untuk saling menguntungkan baik dalam bidang ekonomi, pendidikan maupun sosial budaya

Kemajuan pengetahuan dalam teknologi transportasi memudahkan pengangkutan dan pengiriman barang ke luar negeri. Perkembangan ilmu pengetahuan telah melahirkan sarjana-sarjana yang mampu menciptakan teknologi modern yang membantu manusia dalam hubungan sosial dari hubungan antar pribadi hingga hubungan antar negara. produk lokal dapat dengan mudah diekspor dengan teknologi transportasi modern. Sebaliknya, masyarakat Indonesia bisa menikmati produk impor.


Pengaruh globalisasi dalam politik

Globalisasi politik adalah perjuangan sedunia untuk mewujudkan kepentingan para aktor yang mengelolanya. Pelaku globalisasi dalam bidang politik :

  • Semua negara
  • Organisasi antar pemerintah: ASEAN, NATO dll.
  • Perusahaan internasional dan transnasional Pemerintah nasional yang dipilih secara demokratis tidak lagi memiliki kendali atas perbatasan negara mereka.

Pengaruh positif globalisasi terhadap nilai-nilai nasionalisme:

  1. Dilihat dari globalisasi politik, pemerintahan dijalankan secara terbuka dan demokratis. Karena pemerintah merupakan bagian dari suatu negara, pasti akan mendapat respon positif dari masyarakat jika pemerintahan dijalankan secara jujur, bersih dan dinamis. Reaksi positif berupa rasa nasionalisme terhadap negara semakin meningkat.
  2. Dari aspek globalisasi ekonomi, terbukanya pasar internasional, peningkatan kesempatan kerja dan peningkatan devisa negara. Dengan demikian akan meningkatkan kehidupan ekonomi kerakyatan yang menunjang kehidupan nasional kerakyatan.
  3. Dari globalisasi sosial budaya kita dapat mencontoh pola pikir yang baik seperti etos kerja yang tinggi dan disiplin serta iptek dari bangsa lain yang sudah maju untuk meningkatkan kemajuan bangsa yang pada akhirnya akan memajukan bangsa dan memperkokoh rasa nasionalisme kita. terhadap bangsa.

Contoh globalisasi politik


  • Kehadiran politik suatu negara

Indonesia memiliki politik luar negeri sendiri yaitu bebas dan aktif, bebas artinya tidak memihak apapun dan aktif artinya aktif dalam kegiatan internasional seperti menjadi bagian dari PBB, membantu negara lain, dll.


  • Pembentukan organisasi internasional

Salah satu dari banyak contoh globalisasi di bidang politik adalah munculnya organisasi internasional yang terdiri dari beberapa negara yang umumnya memiliki visi dan misi yang sama, misalnya PBB, APEC, dll.


Kerjasama bilateral atau multilateral suatu negara dengan negara lain juga merupakan dampak dari globalisasi, sudah sewajarnya diharapkan kerjasama ini dapat menguntungkan negara-negara yang bekerjasama (mutualisme).


  • Masuknya Ideologi Asing

Globalisasi memudahkan masuknya ideologi-ideologi ke dalam negeri, jika tidak sesuai dengan filosofi kita, bukan tidak mungkin akan terjadi kekacauan, dan kita sudah memiliki sejarahnya.


  • gangguan tanah lainnya

Salah satu contoh globalisasi di bidang politik yang sangat kita pedulikan adalah campur tangan negara lain, kita bisa melihat contoh berbagai negara di Timur Tengah yang telah “dicuri” oleh negara lain.


teori globalisasi

Kata “globalisasi” diambil dari kata global yang artinya universal. Globalisasi belum memiliki definisi yang mapan, kecuali definisi kerja, jadi tergantung dari mana kita melihatnya. Ada yang melihatnya sebagai proses sosial, atau proses sejarah, atau proses alamiah yang akan semakin menghubungkan seluruh bangsa dan negara di dunia, menciptakan tatanan kehidupan baru atau menciptakan koeksistensi dengan menyingkirkan geografis, ekonomi dan budaya. batas publik.

Dan Globalisasi juga merupakan proses yang meliputi keseluruhan dalam berbagai bidang kehidupan sehingga tidak terlihat lagi batas-batas yang mengikat secara nyata, sehingga sulit untuk disaring atau dikendalikan.


Fitur globalisasi

  • Perubahan dalam ruang dan waktu Constantine. Perkembangan barang-barang seperti handphone, televisi satelit dan internet menunjukkan bahwa komunikasi global terjadi begitu cepat, sedangkan pergerakan massa seperti pariwisata memungkinkan kita untuk mengalami banyak hal dari budaya yang berbeda.
  • Pasar dan produksi ekonomi di berbagai negara menjadi saling bergantung karena pertumbuhan perdagangan internasional, meningkatnya pengaruh perusahaan multinasional dan dominasi organisasi seperti Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).
  • Meningkatnya interaksi budaya melalui perkembangan media massa (khususnya televisi, film, musik dan transmisi berita internasional dan olah raga). hari ini kita dapat mengonsumsi dan mengalami ide dan pengalaman baru tentang hal-hal yang melintasi budaya yang berbeda, misalnya di bidang mode, sastra, dan makanan.
  • Meningkatnya permasalahan umum, misalnya di bidang lingkungan hidup, krisis multinasional, inflasi daerah dan lain-lain.

Demikianlah artikel Duniadunia.co.id mengenai dampak globalisasi terhadap himbauan politik: cara menghadapi, upaya, dampak, pengaruh, contoh, teori, definisi, ciri-ciri, semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat semua.

website Pelajaran SD SMP SMA dan Kuliah Terlengkap

Materi pelajaran terlengkap

mata pelajaran
jadwal mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa mata pelajaran sd mata pelajaran dalam bahasa jepang mata pelajaran kurikulum merdeka mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran sma jurusan ips mata pelajaran sma
bahasa inggris mata pelajaran
bu ani memberikan tes ujian akhir mata pelajaran ipa
tujuan pemberian mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah adalah
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional. artinya mata pelajaran smp mata pelajaran ipa mata pelajaran bahasa indonesia mata pelajaran ips mata pelajaran bahasa inggris mata pelajaran sd kelas 1
data mengenai mata pelajaran favorit dikumpulkan melalui cara
soal semua mata pelajaran sd kelas 1 semester 2 mata pelajaran smk mata pelajaran kelas 1 sd mata pelajaran matematika mata pelajaran ujian sekolah sd 2022
bahasa arab mata pelajaran mata pelajaran jurusan ips mata pelajaran sd kelas 1 2021 mata pelajaran sbdp mata pelajaran kuliah mata pelajaran pkn
bahasa inggrisnya mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa kelas 10 mata pelajaran untuk span-ptkin mata pelajaran ppkn mata pelajaran ips sma mata pelajaran tik
nama nama mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran pkn sd mata pelajaran mts mata pelajaran pjok
nama nama mata pelajaran dalam bahasa arab mata pelajaran bahasa inggrisnya mata pelajaran bahasa arab
seorang pengajar mata pelajaran akuntansi di sekolah berprofesi sebagai
nama mata pelajaran dalam bahasa jepang
hubungan bidang studi pendidikan kewarganegaraan dengan mata pelajaran lainnya
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional artinya mata pelajaran dalam bahasa arab
tujuan mata pelajaran seni rupa adalah agar siswa

You May Also Like

About the Author: Hack Adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *