Contoh Lingkungan Buatan : Ciri, Manfaat, Cara, Pengertian

lingkungan-buatan-3072484-9489564-png

Definisi Lingkungan Binaan

Segala sesuatu yang dibuat oleh manusia, baik kota, kota besar maupun kota kecil, pabrik, kantor, rumah, dan lain-lain, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Contoh lingkungan binaan adalah waduk, lahan pertanian, bendungan, perkebunan dan pemukiman manusia. Dalam beberapa kasus, masalah lingkungan binaan lebih sulit untuk dihadapi daripada lingkungan alam. Dalam pembangunan permukiman diperlukan keseimbangan dengan ekosistem, agar tidak melebihi daya dukung lingkungan.
Untuk itu diperlukan suatu strategi yang berbasis pada keberlanjutan. Dengan pendekatan ekologi diharapkan mampu:

  1. meningkatkan dan menjamin pasokan air bersih
  2. meminimalkan masalah pembuangan limbah
  3. mengurangi konversi lahan subur untuk pertanian menjadi lahan pemukiman dan membantu mempertahankan produktivitas lahan
  4. pengembangan pola hemat energi untuk kebutuhan hidup dan produksi barang
  5. memaksimalkan penggunaan sumber daya yang tersedia
  6. mengintegrasikan pemeliharaan dan pelayanan permukiman dengan penyediaan lapangan kerja, pengembangan masyarakat dan pendidikan.

Contoh Lingkungan Bangun

Lingkungan binaan adalah segala sesuatu yang diciptakan oleh manusia dan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Contoh lingkungan binaan adalah waduk, lahan pertanian, bendungan, perkebunan dan pemukiman manusia.


Waduk dibuat oleh manusia untuk menampung air hujan. Waduk juga merupakan tempat berkumpulnya sungai atau tampungan air di wilayah yang bersangkutan. Manfaat waduk bagi manusia antara lain untuk tujuan sebagai berikut:

  1. pembangkit listrik,
  2. pengairan atau pengairan sawah,
  3. budidaya ikan air tawar,
  4. tempat rekreasi,
  5. pengendalian banjir, dan
  6. kegiatan olahraga (dayung, ski air, dll.).

Indonesia merupakan negara yang memiliki lahan pertanian yang luas. Lahan pertanian di Indonesia digunakan penduduk untuk kegiatan pertanian seperti padi, jagung, sayuran, buah-buahan dan tanaman lainnya. Sebagian besar penduduk di negara kita hidup sebagai petani. Lahan pertanian harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Hasil pertanian bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia.


Usaha bendungan dilakukan di daerah dekat pantai. Petani tambak memanfaatkan wilayah pesisir untuk tambak udang dan bandeng. Udang dan bandeng merupakan sumber protein yang dibutuhkan tubuh kita. Pernahkah Anda melihat budidaya ikan bandeng di tambak?


Pernahkah Anda berada di daerah pegunungan atau dataran tinggi? Tumbuhan apa yang ada di daerah pegunungan? Tumbuhan di daerah pegunungan merupakan jenis tanaman perkebunan yang dapat tumbuh dengan baik di daerah yang sejuk, seperti teh, kopi, dan tembakau.
Selain di dataran tinggi, usaha perkebunan juga diusahakan di tempat lain. Contoh produk dari tanaman perkebunan lainnya adalah kelapa sawit, karet, kakao, kapas, dll. Perkebunan juga termasuk dalam lingkungan binaan. Perkebunan dibuat oleh masyarakat dengan tujuan untuk memenuhi berbagai kepentingan hidup.


Permukiman adalah kawasan yang digunakan untuk perumahan masyarakat. Permukiman pemukiman juga termasuk dalam lingkungan buatan, karena pemukiman manusia dibuat untuk tujuan tertentu yaitu sebagai tempat tinggal. Kawasan pemukiman adalah suatu tempat berupa rumah yang dibangun di atas tanah tertentu. Perhatikan uraian berikut!
Tn. Tatang tinggal di kompleks perumahan. Namanya Perumahan Pondok Permai. Beliau tinggal di Jalan Kenanga Blok A Nomor 2. Bpk. Tatang adalah ketua RT. Area perumahan bersih dan rapi. Tidak ada sampah berserakan.

Limbah mengalir dengan lancar. Warga menjaga kebersihan dan ketertiban lingkungan setiap hari. Sebagai ketua RT, Pak Tatang memberikan contoh yang baik bagi seluruh warga. Misalnya dengan tidak membuang sampah sembarangan. Bunga-bunga di taman tidak boleh dipetik. Fasilitas umum di dalam kompleks tidak boleh dirusak atau dirusak. Sesama warga harus hidup rukun dan saling menghormati.
Di komplek perumahan, diadakan bakti sosial seminggu sekali untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. Semua warga negara harus mengikutinya. Lingkungan perumahan harus bersih, sejuk dan rapi. Semua warga hidup damai.


  • Lingkungan alami dan terbangun di sekitar sekolah

Anda juga dapat menemukan lingkungan alam dan lingkungan binaan di sekolah. Coba deh, kamu perhatikan uraian berikut ini. Siswa kelas III diajari oleh ibu. Farida menuju halaman belakang sekolah. Dari halaman belakang sekolah terlihat bentuk bumi berdiri tegak dan besar di kejauhan. Ibu Farida menjelaskan bahwa bentuk permukaan bumi adalah gunung dan sudah ada jauh sebelum sekolah ini dibangun. Pegunungan termasuk dalam lingkungan alam di bumi. Pernahkah Anda melihat atau pergi ke gunung?

Selain pegunungan di sekitar sekolah, juga terdapat parit yang dibuat oleh penjaga sekolah dengan bantuan beberapa pekerja. Parit berguna untuk mengalirkan air saat hujan. Itu sebabnya halaman sekolah tidak pernah kebanjiran. Parit merupakan lingkungan buatan karena dibuat oleh manusia.


Bagaimana menjaga lingkungan binaan


  • Pemeliharaan ketertiban lingkungan

Lingkungan yang aman, tertib dan damai merupakan harapan setiap orang. Oleh karena itu, setiap warga negara wajib menjaga keamanan dan ketertiban. Apa yang terjadi jika kita tidak menjaga lingkungan tetap teratur? Tentu saja lingkungan tidak akan aman, akan banyak terjadi pencurian, kekacauan dan berbagai kegaduhan lainnya. Akibatnya, warga merasa terancam dan tidak bisa hidup damai.


  • Jaga kebersihan lingkungan

Lingkungan yang bersih adalah dambaan setiap orang. Kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab semua orang. Perhatikan uraian berikut.

Di Mr. Perumahan Tatang menggelar bakti sosial setiap hari Minggu. Pukul tujuh pagi, seluruh warga berkumpul untuk melakukan kerja bakti. Mereka membawa alat-alat yang diperlukan untuk pengabdian masyarakat.
Tn. Tatang selaku ketua RT memberikan arahan kepada warga. Ada yang membersihkan saluran air, ada yang mendorong gerobak sampah, ada yang mencangkul, meratakan tanah dan ada yang membersihkan rumput liar.

Anak-anak juga berpartisipasi dalam pengabdian masyarakat, dengan mengumpulkan sampah dan membuangnya ke tempat sampah. Para wanita menyediakan makanan dan minuman untuk penduduk.
Sekarang komplek perumahan bersih dan asri. Lingkungan yang bersih akan mencegah penyebaran berbagai penyakit. Anda harus selalu menjaga lingkungan tempat tinggal Anda sedemikian rupa agar selalu bersih dan sehat.


  • Jaga kebersihan akuarium

Apakah Anda memiliki akuarium di rumah? Akuarium yang Anda miliki tertutup dalam lingkungan buatan. Akuarium yang kami buat berisi ikan dan berbagai benda buatan yang mirip dengan yang ada di sungai dan laut.

Seperti bebatuan, tanaman hias, kerikil, dll. Semua ini bertujuan agar akuarium terlihat seperti bentuk kehidupan laut yang nyata, dan ikan di dalam akuarium merasa seolah-olah hidup di laut.
Akuarium harus selalu dijaga kebersihannya. Karena itu, akuarium harus dibersihkan seminggu sekali. Air kotor harus diganti secara berkala. semua ini akan menjaga kesehatan ikan. Akuarium yang bersih indah dipandang mata.


Chili Dibangun dan Lingkungan Alam

  1. Fitur lingkungan alam:
  2. Segera ada objek.
  3. Bisa dilihat dengan mata atau perasaan
  4. Dapat disentuh dan tidak
  5. Dibuat oleh karya Tuhan

Contoh: batu, air, tanah, matahari, dll

  1. Lingkungan binaan memiliki:
  2. Dibuat oleh tangan manusia
  3. Dapat disentuh dan tidak
  4. Dapat dilihat

Contoh: waduk, bendungan, dll


Manfaat Lingkungan Binaan

Rumah Rumah adalah tempat kita mencari perlindungan. Rumah juga berguna untuk melindungi kita dari binatang buas.


Sawah merupakan hal yang lumrah di pedesaan. Sawah berguna bagi manusia. Sawah merupakan tempat menanam padi, jagung dan palawija.


Jalan digunakan oleh orang-orang sebagai jalan untuk berpindah ke tempat lain. Jalan yang baik akan memudahkan kita untuk mencapai tempat yang kita tuju.


Gedung sekolah merupakan tempat belajar bagi siswa. Anda dapat bertemu teman baru di sekolah. Anda juga bisa mendapatkan banyak pengetahuan di sekolah. Ada beberapa gedung sekolah, misalnya untuk siswa SD, SMP dan SMA.


Pasar biasanya menjual banyak barang, seperti makanan, pakaian, dan peralatan rumah tangga. Sehingga masyarakat dapat memenuhi kebutuhannya dengan membeli barang di pasar


Usaha bendungan dilakukan di daerah dekat pantai. Petani tambak memanfaatkan wilayah pesisir untuk tambak udang dan bandeng. Udang dan bandeng merupakan sumber protein yang dibutuhkan tubuh kita.


Gunung merupakan jenis tanaman perkebunan yang dapat tumbuh dengan baik di daerah yang sejuk, seperti teh, kopi, dan tembakau.


Waduk adalah suatu kawasan yang dibangun khusus untuk menyimpan air bagi berbagai kebutuhan manusia. Waduk dibuat oleh manusia untuk menampung air hujan. Waduk juga merupakan tempat berkumpulnya sungai atau tampungan air di wilayah yang bersangkutan. Manfaat waduk bagi manusia antara lain:

  1. Pembangkit listrik
  2. Irigasi/irigasi sawah
  3. Budidaya ikan air tawar
  4. tempat rekreasi
  5. Pengendalian banjir
  6. Kegiatan olahraga

Bagaimana menjaga lingkungan binaan

Kalian semua pasti pernah melihat sungai, baik sungai besar maupun sungai kecil. Sungai termasuk kenampakan alami. Apakah Anda tahu manfaat sungai? Ada banyak manfaat sungai seperti yang telah dijelaskan di atas. Agar sungai selalu dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, maka sungai harus dijaga dan dibersihkan. Contoh perilaku yang baik dalam pemeliharaan sungai adalah tidak membuang sampah dan limbah ke sungai karena dapat mencemari dan mencemari sungai.

Selain itu, sampah yang dibuang di sungai juga dapat menyebabkan banjir. Selain sungai, kenampakan alam dan buatan yang perlu dilestarikan adalah hutan. Hutan ada yang alami dan ada yang buatan. Hutan alam adalah hutan yang ada dengan sendirinya sebagai ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Hutan buatan adalah hutan yang sengaja dibuat oleh manusia untuk berbagai keperluan dan kepentingan dalam kehidupannya.

Manfaat terbesar hutan adalah sebagai tempat menyimpan air dan mencegah banjir dan tanah longsor. Oleh karena itu kita tidak boleh merusak hutan. Hutan harus dilestarikan melalui tebang pilih (menebang pohon dengan memilih pohon yang lebih tua dan siap ditebang) dan reboisasi. Reboisasi adalah penanaman kembali pohon di hutan.

Sawah merupakan salah satu contoh lingkungan buatan yang sengaja dibuat oleh manusia. Petani menanam padi di sawah. Dari menanam padi, petani mendapatkan beras yang dimasak menjadi beras sebagai makanan pokok sehari-hari. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, petani harus mengolah lahan pertaniannya dengan baik, seperti penggunaan pupuk yang tepat, sistem pengairan yang baik dan pengolahan tanah yang baik. Upaya tersebut merupakan bentuk pemeliharaan dan pelestarian lingkungan alam dan buatan manusia.


Gambar lingkungan bangunan

lingkungan-buatan-5991217


Demikian artikel Duniadik.co.id tentang Contoh Lingkungan Binaan: Ciri-Ciri, Kelebihan, Cara, Pengertian, Gambar, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua.

website Pelajaran SD SMP SMA dan Kuliah Terlengkap

Materi pelajaran terlengkap

mata pelajaran
jadwal mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa mata pelajaran sd mata pelajaran dalam bahasa jepang mata pelajaran kurikulum merdeka mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran sma jurusan ips mata pelajaran sma
bahasa inggris mata pelajaran
bu ani memberikan tes ujian akhir mata pelajaran ipa
tujuan pemberian mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah adalah
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional. artinya mata pelajaran smp mata pelajaran ipa mata pelajaran bahasa indonesia mata pelajaran ips mata pelajaran bahasa inggris mata pelajaran sd kelas 1
data mengenai mata pelajaran favorit dikumpulkan melalui cara
soal semua mata pelajaran sd kelas 1 semester 2 mata pelajaran smk mata pelajaran kelas 1 sd mata pelajaran matematika mata pelajaran ujian sekolah sd 2022
bahasa arab mata pelajaran mata pelajaran jurusan ips mata pelajaran sd kelas 1 2021 mata pelajaran sbdp mata pelajaran kuliah mata pelajaran pkn
bahasa inggrisnya mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa kelas 10 mata pelajaran untuk span-ptkin mata pelajaran ppkn mata pelajaran ips sma mata pelajaran tik
nama nama mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran pkn sd mata pelajaran mts mata pelajaran pjok
nama nama mata pelajaran dalam bahasa arab mata pelajaran bahasa inggrisnya mata pelajaran bahasa arab
seorang pengajar mata pelajaran akuntansi di sekolah berprofesi sebagai
nama mata pelajaran dalam bahasa jepang
hubungan bidang studi pendidikan kewarganegaraan dengan mata pelajaran lainnya
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional artinya mata pelajaran dalam bahasa arab
tujuan mata pelajaran seni rupa adalah agar siswa

You May Also Like

About the Author: Hack Adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *