Ciri Pasar Oligopoli : Kelebihan, Kekurangan,Karakteristik

pasar-oligopoli-9345266-5811119-png

Definisi pasar oligopoli

Oligopoli berasal dari kata olio yang berarti beberapa, dan kata poli yang berarti penjual. Secara sederhana, oligopoli adalah pasar yang terdiri dari banyak penjual. Dalam ilmu ekonomi, pasar oligopoli didefinisikan sebagai suatu bentuk pasar yang terdiri dari beberapa produsen atau penjual yang menguasai penawaran. Biasanya terdiri dari dua sampai 10 vendor.

Penguasaan penawaran dalam pasar oligopoli dapat dilakukan secara mandiri atau perseorangan atau berkolusi secara rahasia. Ciri unik keterkaitan dalam pasar oligopoli adalah bahwa kebijakan satu perusahaan untuk menurunkan harga barang cenderung diikuti oleh perusahaan lain. Ini tidak terjadi ketika perusahaan lain menaikkan harga barang mereka.

Setiap perusahaan menetapkan kebijakannya masing-masing, dan setiap kebijakan yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan akan segera ditanggapi oleh perusahaan lain. Setiap perusahaan dalam pasar oligopoli percaya bahwa kebijakan satu perusahaan akan mempengaruhi penjualan dan laba perusahaan lain.

pasar-oligopoli-6982342


Ciri-ciri Pasar Oligopoli

  • Hanya Ssedikit Pperusahaan Dalami SAYAindustri (jumlah perusahaan kecil).

Secara teoritis sangat sulit untuk menentukan berapa banyak perusahaan yang ada di pasar, sehingga dapat dikatakan oligopoli. Untuk analisis dasar, biasanya diasumsikan bahwa jumlah perusahaan kurang dari sepuluh.


  • Produk Homogen atau Dibedakan (Homogen atau produk yang terdiferensiasi)

Contoh pasar oligopoli yang menghasilkan produk terdiferensiasi adalah industri mobil, rokok, dan film kamera. Sedangkan yang menghasilkan produk homogen adalah industri baja, pipa peralon, seng dan kertas.


  • Mengambil Keputusan Yang Satu sama lain Memengaruhi (Keputusan Saling Ketergantungan)

Keputusan perusahaan dalam menentukan harga dan jumlah output akan mempengaruhi perusahaan lain, baik yang sudah ada maupun yang berada di luar industri. Jadi, untuk mencegah perusahaan potensial memasuki industri, perusahaan yang ada mengikuti strategi menetapkan harga jual terbatas yang memungkinkan perusahaan menikmati laba supernormal di bawah tingkat maksimum.


  • Kompetisi Bukan Harga/Kompetisi tanpa hadiah

Dalam upaya mencapai kondisi optimal, perusahaan bersaing tidak hanya pada harga tetapi juga pada non harga. Bentuk persaingan non harga meliputi layanan purna jual dan periklanan untuk memberikan informasi, membentuk citra yang baik terhadap perusahaan dan merek, serta mempengaruhi perilaku konsumen.

Klasifikasi ini memiliki arti penting dalam analisis pasar oligopolistik. Semakin besar tingkat diferensiasi, semakin sedikit ketergantungan perusahaan pada aktivitas perusahaan lain. Artinya, oligopoli dengan diferensiasi produk dapat lebih mudah memprediksi reaksi perusahaan pesaing.


Ciri-ciri Pasar Oligopoli

Ciri-ciri pasar oligopoli antara lain sebagai berikut.

  1. Perusahaan memproduksi barang-barang standar dan barang-barang dengan berbagai jenis/gaya. Industri dengan barang terstandardisasi adalah industri yang memproduksi bahan baku, seperti industri penghasil bensin, baja, semen, kimia, dan industri penghasil bahan bangunan. Selain itu, berbagai perusahaan dalam pasar oligopoli memproduksi barang dengan jenis atau pola yang berbeda-beda, seperti industri mobil, industri sabun, industri telepon seluler, dan industri elektronik lainnya.
  2. Promosi melalui iklan secara terus menerus. Perusahaan dalam pasar oligopoli yang memproduksi barang dengan jenis atau pola yang berbeda harus melakukan promosi untuk memperkenalkan produknya kepada pembeli. Perusahaan harus mengalokasikan dana yang cukup besar untuk biaya promosi atau iklan tersebut. Tujuan dari promosi ini adalah untuk menarik pembeli baru dan mempertahankan pembeli lama. Bagi perusahaan yang memproduksi barang standar, biaya iklan relatif lebih kecil dan promosi bertujuan untuk menjaga hubungan baik dengan masyarakat.
  3. Hanya ada beberapa vendor, biasanya antara tiga sampai sepuluh, yang menjual produk pengganti.
  4. Dalam pasar oligopoli terdapat hambatan yang mempersulit perusahaan lain untuk masuk. Ini karena hanya ada beberapa perusahaan di pasar.
  5. Keputusan penetapan harga yang dibuat oleh satu perusahaan harus dipertimbangkan oleh perusahaan lain. Kekuatan harga tergantung pada bagaimana harga ditentukan. Jika harga tidak sesuai kesepakatan, maka kekuatan harga lemah. Ketika sebuah perusahaan menurunkan harganya, perusahaan lain juga akan cenderung menurunkan harganya. Ketika harga ditetapkan berdasarkan kesepakatan antar perusahaan dalam pasar oligopoli, harga cenderung lebih kuat, tidak mudah bagi perusahaan untuk menurunkannya.

Hambatan untuk memasuki pasar oligopoli

Jumlah perusahaan dalam oligopoli sangat terbatas terutama karena faktor-faktor berikut:


Perusahaan yang telah lama berproduksi dan beroperasi relatif lebih berpeluang untuk menikmati dan memperluas skala ekonominya, karena untuk meningkatkan produksinya cukup dengan menambah produksinya yang sudah ada, sehingga dimungkinkan untuk mengurangi produksinya. biaya dan relatif mampu menjual hasil produksinya dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan pendatang baru.


Yang dijelaskan di atas adalah biaya produksi per unit yang bervariasi karena perbedaan tingkat (kuantitas) produksi. Selain itu, biaya yang dijelaskan di atas merupakan biaya produksi per unit yang berbeda-beda karena perbedaan tingkat (kuantitas) produksi. Selain itu, biaya produksi juga dapat bervariasi pada tingkat produksi yang sama.

Biasanya pada setiap tingkat produksi biaya produksi per unit yang harus dikeluarkan oleh perusahaan baru lebih tinggi dari perusahaan lama. Artinya kurva WS perusahaan baru (biaya total rata-rata) lebih tinggi daripada kurva WS perusahaan lama. Oleh karena itu, perusahaan baru tidak dapat menjual barangnya semurah perusahaan lama. Situasi ini mencegah masuknya perusahaan baru.


  • Keistimewaan hasil produksi

Bagi perusahaan yang sudah lama berdiri dan sekaligus produk yang dihasilkannya, produk tersebut menjadi dikenal masyarakat dan menciptakan konsumen yang loyal terhadap produknya. Apalagi karena tingkat kerumitan produk yang dihasilkan, perusahaan baru harus mempelajarinya secara cermat dan teliti sehingga membutuhkan waktu yang lama, sedangkan untuk perusahaan lama hal ini wajar.


Keuntungan Pasar Oligopoli


  • Berikan kebebasan memilih bagi pembeli.

Pasar oligopoli ini memberikan banyak kebebasan untuk memilih produk, umumnya pembeli memperkirakan akan lebih baik membeli produk mana yang dibutuhkan mana yang dapat memenuhi kebutuhan, sehingga pembeli tidak akan gencar ditawarkan oleh perusahaan di pasar ini, tetapi itu saja. adalah pembeli yang menentukan akan membeli dari perusahaan mana.


  • Mampu melakukan penelitian dan pengembangan produk.

Dalam pasar oligopoli ini tentunya akan banyak penelitian yang dilakukan, misalnya penelitian minat pembeli yang banyak membeli dari perusahaan lain dibandingkan dengan perusahaan kita, ini adalah penelitian untuk pengembangan produk yang dimiliki perusahaan ini sehingga dapat menarik pembeli dari perusahaan pesaing berkat kualitas unggul yang dimiliki.


  • Lebih memperhatikan kepuasan konsumen karena persaingan penjual.

Dalam pasar oligopoli ini kepuasan konsumen atau pembeli sangat berpengaruh karena ketidakpuasan terhadap seorang pembeli dapat membuat pembeli lain tidak puas dan juga beralih ke produk lain dari perusahaan lain. Oleh karena itu banyak perusahaan yang baik dalam hal pelayanan dan memperhatikan kepuasan konsumen sehingga pembeli setia dan dapat membeli produk perusahaan dalam waktu yang lama.


  • Penerapan teknologi baru

Di pasar olihopoly ini penerapan teknologi terkini sangat bermanfaat, jika perusahaan tidak mengikuti teknologi yang semakin berkembang, pembeli dapat membeli produk dari perusahaan lain yang menyediakan teknologi terkini. Oleh karena itu, penerapan teknologi terkini dapat memudahkan perusahaan dalam mengembangkan produknya agar lebih menarik.


Kerugian Pasar Oligopoli


  • Menciptakan ketimpangan dalam distribusi pendapatan

Dalam pasar oligopoli ini sering terjadi ketimpangan distribusi pendapatan, dimana perusahaan-perusahaan besar yang sudah lama berdiri dan peminatnya banyak mendistribusikan lebih banyak produk perdagangannya sehingga menghasilkan pendapatan yang banyak. sedangkan perusahaan yang kurang diminati pembeli otomatis akan mendistribusikan barang dagangannya dalam jumlah kecil dan memperoleh pendapatan yang kecil.


  • Harga yang stabil dan terlalu tinggi dapat mendorong inflasi

Dalam pasar oligopoli ini harga sangat tergantung, terkadang harga yang tinggi mencerminkan kualitas yang baik, tetapi belum tentu banyak permintaan, oleh karena itu perusahaan yang bergerak di bisnis ini jarang menaikkan harga, meskipun hanya naik sedikit dan tidak mempengaruhi minat pembeli. , begitu banyak untuk mencegah inflasi.


  • Pemborosan biaya produksi bisa muncul jika ada kerjasama antar oligopoli karena kurangnya semangat bersaing

Dalam pasar oligopoli ini pemborosan terjadi karena biaya produksi yang tinggi, namun pendapatan yang tidak seimbang ini disebabkan oleh perusahaan yang kurang tertarik untuk bekerja sama dengan perusahaan oligopoli lain yang juga kurang tertarik untuk bersaing dengan perusahaan pemimpin pasar, mengapa bisa boros? karena biasanya dua perusahaan yang memiliki satu produk kerjasama akan menghasilkan beberapa pendapatan tetapi biaya produksi yang sama. Akibatnya, biaya produksi dan pendapatan perusahaan berfluktuasi dan dapat menyebabkan pemborosan.


  • Eksploitasi dapat timbul terhadap pembeli dan pemilik faktor produksi

Dalam pasar oligopoli ini terjadi eksploitasi pembeli dan pemilik faktor produksi, hal ini disebabkan kepentingan pembeli yang cenderung berpihak pada pemimpin pasar yang berujung pada faktor produksi bagi perusahaan yang baru memulai keberadaannya tidak memiliki kepentingan. dari pembeli. .


  • Sulit ditembus/Diperkenalkan oleh perusahaan baru

Dalam pasar oligopoli ini sulit bagi perusahaan lain untuk bergabung dalam bisnis karena minat pembeli yang tinggi terhadap pemimpin pasar yang membuat perusahaan baru sangat sulit untuk berkembang karena kurangnya minat dari pembeli.


  • Dapat berkembang menjadi perusahaan monopoli di pasar oligopoli

Dalam pasar oligopoli ini dapat berkembang menjadi monopoli jika tidak ada yang dapat bersaing dengan pemimpin pasar, hal ini menyebabkan monopoli perusahaan tetap berlanjut dengan bersaing dengan produk barang lain yang belum dikuasai oleh perusahaan ini.

Perusahaan ini mungkin akan menyaring banyak pembeli karena produk lama banyak peminatnya dan jika perusahaan ini memonopoli produknya dengan cara yang sama seperti produk lain yang diminati pembeli, bisa jadi perusahaan ini dengan produk terbarunya dapat dengan mudah bersaing dengan perusahaan lama lainnya yang produknya belum dimiliki oleh perusahaan ini.


Demikian artikel Duniadunia.co.id mengenai Ciri-Ciri Pasar Oligopoli: Kekuatan, Kelemahan, Ciri-Ciri, Kendala, Ciri-Ciri, Pengertian, semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat semua.

website Pelajaran SD SMP SMA dan Kuliah Terlengkap

Materi pelajaran terlengkap

mata pelajaran
jadwal mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa mata pelajaran sd mata pelajaran dalam bahasa jepang mata pelajaran kurikulum merdeka mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran sma jurusan ips mata pelajaran sma
bahasa inggris mata pelajaran
bu ani memberikan tes ujian akhir mata pelajaran ipa
tujuan pemberian mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah adalah
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional. artinya mata pelajaran smp mata pelajaran ipa mata pelajaran bahasa indonesia mata pelajaran ips mata pelajaran bahasa inggris mata pelajaran sd kelas 1
data mengenai mata pelajaran favorit dikumpulkan melalui cara
soal semua mata pelajaran sd kelas 1 semester 2 mata pelajaran smk mata pelajaran kelas 1 sd mata pelajaran matematika mata pelajaran ujian sekolah sd 2022
bahasa arab mata pelajaran mata pelajaran jurusan ips mata pelajaran sd kelas 1 2021 mata pelajaran sbdp mata pelajaran kuliah mata pelajaran pkn
bahasa inggrisnya mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa kelas 10 mata pelajaran untuk span-ptkin mata pelajaran ppkn mata pelajaran ips sma mata pelajaran tik
nama nama mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran pkn sd mata pelajaran mts mata pelajaran pjok
nama nama mata pelajaran dalam bahasa arab mata pelajaran bahasa inggrisnya mata pelajaran bahasa arab
seorang pengajar mata pelajaran akuntansi di sekolah berprofesi sebagai
nama mata pelajaran dalam bahasa jepang
hubungan bidang studi pendidikan kewarganegaraan dengan mata pelajaran lainnya
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional artinya mata pelajaran dalam bahasa arab
tujuan mata pelajaran seni rupa adalah agar siswa

You May Also Like

About the Author: Hack Adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *