cara menghitung elektron valensi – Hack.ac.id

cara menghitung elektron valensi?

Jawaban

Menurut model atom Bohr, elektron-elektron mengelilingi inti pada lintasan tertentu yang disebut kulit elektron atau tingkat energi. Tiap-tiap kulit elektron dapat ditempati oleh maksimum  elektron, dimana n menunjukkan nomor kulit. Elektron-elektron menempati kulit K terlebih dahulu, jika penuh, dilanjutkan pada kulit L, dan seterusnya.

Jumlah kulit dapat ditentukan dari konfigurasi elektron, sedangkan elektron valensi adalah elektron yang berada pada kulit terluar. Perhatikan contoh konfigurasi elektron  berikut.

Berdasarkan konfigurasi elektron tersebut, kulit pertama diisi 2 elektron, kulit kedua diisi 8 elektron dan kulit ketiga diisi 2 elektron. Artinya terdapat 3 kulit pada atom Mg dengan elektron valensi (elektron pada kulit 3) adalah 2.

Jadi, cara menentukan jumlah kulit adalah dengan mengkonfigurasikan elektronnya dan elektron valensi ditunjukkan dari elektron pada kulit terluar.

Itulah tadi jawaban dari cara menghitung elektron valensi, semoga membantu.

Kemudian, Buk Guru sangat menyarankan siswa sekalian untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Tahapan dalam menyelesaikan suatu masalah adalah dengan penjelasan jawaban dan pembahasan yang lengkap.

You May Also Like

About the Author: Hack Adm