berikut yang tidak termasuk bentuk ketidakadilan adalah – Hack.ac.id

Berikut yang tidak termasuk bentuk ketidakadilan adalah ….

A. Stereotip

B. Marginalisasi

C. Subordinasi

D. Dominasi

E. Prasangka

Jawaban

Ketidakadilan merupakan tindakan yang sewenang-wenang. Ketidakadilan pada umumnya menyangkut masalah pembagian sesuatu terhadap hak seseorang atau kelompok yang dilakukan secara tidak proporsional. Jika ketidakadilan tersebut terjadi berlarut-larut dan tidak disikapi dengan baik oleh penyelenggara negara maka hal ini akan menimbulkan berbagai masalah sosial. Secara sosiologis, ada beberapa bentuk ketidakadilan di antaranya :

  1. Stereotip, yaitu pemberian sifat tertentu secara subjektif terhadap seseorang berdasarkan kategori kelompoknya. Stereotip merupakan salah satu bentuk prasangka antar ras berdasarkan kategori ras, jenis kelamin, kebangsaan, dan tampilan komunikasi verbal maupun nonverbal. Stereotip menunjukkan perbedaan kategori “kami” dengan “mereka”. Kami selalu dikaitkan dengan superioritas kelompok in group dan mereka sebagai kelompok yang inferior atau kelompok out group. Anggota in group biasanya cenderung menyenangkan kelompok sendiri, dan sebaliknya cenderung mengevaluasi orang lain berdasarkan cara pandang kelompok “kami”. Stereotip dapat bersifat positif dan dapat bersifat negatif. Contoh stereotip positif terdapat dalam ungkapan bahwa “Indonesia adalah ban gsa yang ramah”. Sementara itu, contoh stereotip yang negatif terdapat dalam ungkapan “orang-orang di pulau itu malas.
  2. Marginalisasi, yaitu proses peminggiran kelompok-kelompok tertentu dengan lembaga sosial utama, seperti struktur ekonomi, pendidikan, dan lembaga sosial ekonomi lainnya . Perbedaan antara populasi dan kelompok, seperti etnis, ras, agama, budaya, bahasa, adat istiadat, penampilan, dan afiliasi, memungkinkan populasi dominan untuk meminggirkan kelompok yang lemah . Biasanya semakin besar perbedaan antara kelompok-kelompok itu, semakin mudah bagi penduduk yang dominan untuk meminggirkan kelompok yang lemah. Kelompok atau individu yang marjinal sering dikecualikan dari layanan, program, dan kebijakan.
  3. Subordinasi atau penomorduaan, yaitu pembedaan perlakuan terhadap identitas sosial tertentu. Umumnya yang menjadi kelompok subordinasi adalah kelompok minoritas. Menurut Louis Wirth, kelompok minoritas secara eksplisit dibedakan dengan kelompok mayoritas. Anggota kelompok mayoritas dan anggota kelompok minoritas diperlakukan secara tidak seimbang. Kelompok mayoritas sangat dominan , mereka menguasai sumber daya sehingga selalu merasa dapat bertindak secara tidak adil, menguasai, dan mempunyai martabat. lebih tinggi daripada yang lain. Sementara itu, kelompok minoritas adalah kelompok yang kurang beruntung karena mereka secara fisik maupun kultural merupakan subjek yang diperlakukan tidak seimbang. Perlakuan diskriminasi sering diberikan kepada mereka.
  4. Dominasi, yaitu dipahami sebagai suatu kondisi yang dialami oleh orang-orang atau kelompok untuk sejauh bahwa mereka bergantung pada hubungan sosial di mana beberapa orang atau kelompok lain memegang kekuasaan sewenang-wenang atas mereka. Ada berbagai bentuk dominasi. Di antaranya adalah perbudakan, rezim diskriminasi sistematis terhadap kelompok minoritas, rezim politik kolonial, despotisme, totalitarianisme, kapitalisme, dan feodalisme.

Berdasarkan penjelasan diatas, maka yang tidak termasuk kedalam bentuk ketidakadilan adalah prasangka.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

You May Also Like

About the Author: Hack Adm