bagian molekul detergen yang dapat larut dalam air mengandung gugus – Hack.ac.id

Bagian molekul detergen yang dapat larut dalam air mengandung gugus….

A. alkil

B. sulfonat

C. karbonat

D. karboksilat

E. sulfat

Jawaban

Detergen dan sabun memiliki struktur yang bagian ujungnya bersifat hidrofil dan hidrofob atau sering disebut ujung kepala dan ujung ekor. Hidrofil (suka air) merupakan ujung yang memiliki struktur polar sehingga mudah larut dalam air. Sedangkan ujung hidrofob adalah ujung yang bersifat nonpolar sehingga tidak mudah larut dalam air.

Kotoran yang menempel pada kain ada yang mudah larut dalam air dan ada juga yang tidak larut dalam air, misalnya kotoran yang berupa lemak dan minyak. Dengan bantuan sabun atau detergen, lemak dan minyak akan ditarik dari serat pakaian dengan mudah oleh bagian struktur hidrofob (hidrokarbon atau alkil) dari detergen. Kemudian kotoran tersebut dapat terlepas dari kain dan terbawa air oleh bagian hidrofil yang berupa gugus sulfonat.

Bagian yang dapat larut dalam air adalah gugus sulfonat. Detergen memiliki struktur kimia alkil benzenesulfonat yang dapat digambarkan sebagai berikut.

atau dapat digambarkan sebagai berikut,

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

Itulah tadi jawaban dari bagian molekul detergen yang dapat larut dalam air mengandung gugus, semoga membantu.

Kemudian, Buk Guru sangat menyarankan siswa sekalian untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Berfungsi sebagai pemotong flow san memperkuat starting motor? dengan penjelasan jawaban dan pembahasan yang lengkap.

You May Also Like

About the Author: Hack Adm