bagian dari cerita tersebut yang merupakan latar adalah – Hack.ac.id

Pada suatu hari, raja hendak pergi jauh. Ia mengumpulkan semua puterinya. “Aku hendak pergi jauh dan lama. Oleh-oleh apakah yang kalian inginkan?” tanya raja. “Aku ingin perhiasan yang mahal,” kata Puterl Jambon. “Aku mau kain sutra yang berkilau-kilau,” kata Puteri Jingga. Sembilan anak raja meminta hadiah yang mahal-mahal pada ayahanda mereka. Tetapi lain halnya dengan Puteri Kuning. Ia berpikir sejenak, lalu memegang lengan ayahnya. “Ayah, aku hanya ingin ayah kembali dengan selamat,” katanya. Kakak-kakaknya tertawa dan mencemoohkannya. “Anakku, sungguh baik perkataanmu. Tentu saja aku akan kembali dengan selamat dan kubawakan hadiah indah buatmu,” kata sang raja. Tak lama kemudian, raja pun pergi.

Bagian dari cerita tersebut yang merupakan latar adalah . . .

A. Pada suatu hari merupakan latar waktu.

B. Sedih dan gembira merupakan latar suasana.

C. Tempat rahasia merupakan latar tempat.

D. Tertawa karena mendapat oleh-oleh merupakan latar suasana.

E. Rumah raja merupakan latar tempat.

Jawaban

Latar merupakan informasi tempat, suasana, dan waktu terjadinya peristiwa yang dialami tokoh dalam sebuah cerita.
Bagian dari cerita tersebut yang merupakan latar adalah “Pada suatu hari merupakan latar waktu.”
Berdasarkan kutipan: Pada suatu hari, raja hendak pergi jauh. Kalimat tersebut menunjukkan waktu terjadinya raja akan pergi jauh dan menanyakan oleh-oleh yang diinginkan oleh putri-putrinya. Frasa “pada suatu hari” merujuk pada hari atau waktu tertentu, sehingga disebut latar waktu.

Dengan demikian jawaban yang benar adalah pilihan A.

Itulah tadi jawaban dari bagian dari cerita tersebut yang merupakan latar adalah, semoga membantu.

Kemudian, Buk Guru sangat menyarankan siswa sekalian untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu unsur periode ketiga yang bersifat amfoter adalah dengan penjelasan jawaban dan pembahasan yang lengkap.

You May Also Like

About the Author: Hack Adm