Ancaman Bidang Politik : Pengertian, Kedudukan, Contohnya

ancaman-bidang-politik-1343520-6038246-jpg

Pengertian Integrasi Nasional

Integrasi berasal dari bahasa Inggris “integration” yang berarti kesempurnaan atau keseluruhan. Integrasi sosial diartikan sebagai proses penyesuaian antara unsur-unsur yang berbeda dalam kehidupan masyarakat yang memiliki fungsi yang harmonis. Integrasi sosial akan terbentuk jika sebagian besar masyarakat memiliki kesepakatan tentang batas wilayah, nilai, norma dan pranata sosial.

Di Indonesia istilah integrasi masih sering disamakan dengan istilah asimilasi atau asimilasi, padahal kedua istilah tersebut memiliki perbedaan. Integrasi diartikan sebagai integrasi budaya, integrasi sosial dan pluralisme sosial. Sedangkan asimilasi dapat berarti penyesuaian antara dua kebudayaan atau lebih dalam hal berapa banyak unsur kebudayaannya (ciri-ciri kebudayaan) yang berbeda atau bertentangan, sehingga dapat terbentuk suatu sistem kebudayaan yang serasi (harmonis).

Metodenya melalui difusi, dimana unsur budaya baru dimasukkan ke dalam budaya yang bertentangan dengan unsur budaya tradisional tertentu. Cara mengatasi masalah konflik adalah melalui modifikasi dan koordinasi unsur-unsur budaya baru dan lama. Inilah yang disebut dengan integrasi sosial.

Integrasi nasional merupakan upaya dan proses untuk menyatukan perbedaan yang ada pada suatu negara agar tercipta kerukunan dan kerukunan bangsa. Seperti yang kita ketahui, Indonesia adalah bangsa yang sangat besar dari segi budaya dan wilayah. Di satu sisi berdampak positif bagi bangsa karena kita bisa memanfaatkan kekayaan alam Indonesia secara cerdas atau mengelola budaya yang melimpah untuk kesejahteraan rakyat, namun selain menciptakan keuntungan, juga pada akhirnya akan menimbulkan masalah baru.

Setiap warga negara pasti menginginkan yang namanya ketentraman dan kedamaian. Siapa yang tidak menginginkan negara yang aman tanpa ancaman? Semua warga tentu menginginkan hal seperti itu. Akan terlihat bahwa berbagai faktor dapat menguasai adanya berbagai jenis ancaman. Berikut informasi lengkapnya untuk Anda.

ancaman-bidang-politik-4548304

Ancaman politik dalam negeri

Pertama kita akan membahas tentang politik yang bisa datang dari dalam negeri, karena ancaman tidak hanya datang dari luar, tetapi ancaman politik juga bisa datang dari dalam negeri. Berikut beberapa contoh ancaman politik dalam negeri yang dapat Anda pahami.


  1. Korupsi

Korupsi merupakan ancaman yang datang dari dalam negeri itu sendiri. Seperti kita ketahui, di Indonesia masih banyak pejabat yang menyalahgunakan kekuasaannya hanya demi keuntungan pribadi melalui korupsi. Korupsi yang mereka lakukan sangat merugikan bangsa dan negara, pertama karena uang rakyatlah yang seharusnya digunakan untuk membangun infrastruktur negara, tetapi karena mereka mengambil uang tersebut maka pembangunan di Indonesia tentu saja terhambat. Karena dana yang seharusnya digunakan untuk pekerjaan bangunan diambil oleh pejabat yang seharusnya mengurusnya. Hal seperti korupsi dapat menghambat kemajuan bangsa dan dapat merugikan negara dalam jumlah besar.


  1. Konflik Sara terkait dengan politik

Seperti yang kita tahu, Indonesia memiliki beragam suku, ras, dan agama. Indonesia adalah negara yang beraneka ragam dalam keragaman, sehingga ada banyak budaya yang berbeda. Namun yang ironis di Indonesia, hingga saat ini banyak konflik yang tercipta akibat perbedaan agama dan etnis yang dikuasai oleh sektor politik.


  1. Penggulingan paksa pemerintahan

Masalah atau ancaman politik yang timbul dari dalam negeri, yang pada gilirannya merupakan pemaksaan jatuhnya pemerintah. Di Indonesia sendiri pernah terjadi kasus masif dimana warga berusaha menggulingkan Presiden Soeharto. Belajar dari pengalaman beberapa tahun yang lalu, dapat dikatakan bahwa penggulingan paksa suatu pemerintahan merupakan salah satu ancaman politik yang dapat terjadi di negara tersebut.


  1. Isu-isu politik

Ancaman politik keempat yang berpotensi menggoyahkan masyarakat adalah isu politik. Ada berbagai macam isu politik, ada yang muncul saat pemilu yang memecah berbagai kubu politik, isu politik terkait pejabat dan pemerintahan tertentu, dan masih banyak lagi. Isu politik yang muncul biasanya akan mengemuka diiringi dengan berbagai aksi seperti demonstrasi oleh masyarakat. Hal-hal seperti masalah politik, yang mungkin tidak jelas dalam labirin, dapat merusak persatuan dan juga kesatuan bangsa Indonesia.


Ancaman politik dari luar negeri

Berikut informasi ancaman politik dari luar negeri yang dapat kita pahami:


  1. Terorisme

Salah satu ancaman yang sangat berbahaya dan juga dapat meresahkan bangsa adalah terorisme, bahkan terorisme ini banyak juga yang berasal dari dalam negeri itu sendiri. Namun yang akhir-akhir ini menjadi populer dan juga mengkhawatirkan negara-negara di dunia adalah kelompok teroris dari luar negeri yaitu ISIS.


  1. Negara-negara perdagangan mencampuri urusan dalam negeri Indonesia

Ancaman politik tidak lain adalah ketika negara lain mencampuri masalah internal yang sedang dialami Indonesia sendiri. Misalnya seperti masalah HAM di Indonesia, pemilihan umum, dan juga masalah hukum yang seharusnya menjadi masalah Indonesia dan harus diselesaikan oleh pemerintah Indonesia sendiri.


Posisi politik di Indonesia

Dalam sejarah perjuangan bangsa, ketahanan bangsa Indonesia diuji, bangsa Indonesia mampu mengusir penjajahan Jepang, Belanda, menghadapi GAM dan sebagainya. Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap berdiri karena memiliki ketahanan menghadapi tantangan, hambatan, dan gangguan (ATHG). Namun ancaman keamanan nasional di bidang politik saat ini tentunya tidak perlu lagi mengusir penjajah, karena ancaman keamanan nasional terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman, saat ini bangsa Indonesia sedang menghadapi masalah KKN, kemiskinan, konflik dengan negara. pejabat, pengangguran, konflik SARA, pelanggaran HAM, SDM rendah dll. Dan justru hal inilah yang sangat mengancam posisi ketahanan nasional bangsa Indonesia. Ketahanan politik yang diperjuangkan terbagi menjadi dua, yaitu; 1. Ketahanan politik dalam negeri, 2. Ketahanan politik luar negeri.


Politik Domestik

  1. Sistem pemerintahan berdasarkan hukum, bukan berdasarkan kekuasaan mutlak, dan kedaulatan di tangan rakyat.
  2. Dalam kehidupan politik, perbedaan pendapat bisa saja terjadi, namun perbedaan tersebut bukanlah tentang nilai-nilai dasar, sehingga antagonisme tidak menimbulkan konflik.
  3. Kepemimpinan nasional diharapkan mampu menampung aspirasi yang hidup di masyarakat dengan tetap mempertahankan nilai-nilai Pancasila.
  4. Komunikasi timbal balik dicapai antara pemerintah dan masyarakat, antara kelompok kepentingan dan kelompok untuk mencapai tujuan nasional.

Aspek Politik Eksternal

  1. Hubungan politik luar negeri bertujuan untuk meningkatkan kerjasama internasional di berbagai bidang atas dasar saling menguntungkan.
  2. Kebijakan luar negeri dikembangkan berdasarkan skala prioritas untuk meningkatkan persahabatan dan kerjasama antara negara berkembang dan negara maju dengan kepentingan nasional. Kerjasama antar negara ASEAN di bidang sosial, ekonomi dan budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi serta kerjasama dengan negara non-Blok.
  3. Citra positif bangsa Indonesia harus diperkuat melalui promosi, diplomasi, lobi internasional, pertukaran pemuda dan kegiatan olah raga.
  4. Perjuangan bangsa Indonesia untuk memperkuat kepentingan nasional, seperti perlindungan kepentingan Indonesia terhadap kegiatan diplomasi negatif negara lain dan hak-hak warga negara Indonesia di luar negeri harus ditingkatkan.

Strategi menghadapi ancaman politik

Sebagai warga negara Indonesia, kita juga dapat mencegah atau mengurangi ancaman politik tersebut agar stabilitas Indonesia tercapai dan kondisi Indonesia tetap kondusif, yaitu dengan: .

  1. Jangan jadi provokator, kalau ada masalah seperti isu politik atau konflik yang berbau SARA, maka sebagai warga negara yang baik kita berusaha menjaga toleransi dan menjadi masyarakat yang bijak. Jangan menjadi salah satu provokator yang membuat komunitas atau faksi tertentu semakin panas dan emosional. Bijaklah, karena jika terus bertindak seperti provokator, mungkin tidak akan ada kata-kata yang stabil dan aman.
  2. Cara kedua adalah selalu menjadi masyarakat yang taat hukum di Indonesia. Jangan sampai kita melanggar hukum dan terutama hukum hak asasi manusia. Sebagaimana dikemukakan di atas, salah satu ancaman politik dari dalam negeri adalah terjadinya banyak pelanggaran HAM. Oleh karena itu, sebagai warga negara Indonesia kita harus segera memperhatikan hukum yang ada.

Contoh kasus ancaman di bidang politik


  1. Politik uang

Kasus korupsi merajalela kemarin di Pemilu 2014, banyak partai politik yang melakukan politik uang ini dengan cara konvensional, yakni dengan memberikan sejumlah uang atau barang.


  1. Politik SARA

Politik Sara adalah politik yang mengeksplorasi perbedaan agama dan suku bahkan ideologi. Contohnya adalah puluhan orang yang mengaku warga Lenteng Agung, Jakarta Selatan, memprotes Lurah Susan atas dasar agama.


  1. Politik Oligarki

Oligarki adalah bentuk pemerintahan menurut sistem politik di mana kekuasaan politik secara efektif dipegang oleh satu kelompok atau kelas orang. Keduanya dibedakan oleh keluarga atau kekayaan. Ini merupakan pelanggaran dari segi demokrasi.

Demokrasi ini memiliki dua dimensi: Sebagai contoh, terkait kasus suap yang dituduhkan kepada Ratu Atut dan adiknya Tubagus (Wawan), yang seolah-olah memiliki dinasti politik sendiri, termasuk kakak Tri Atut sebagai Wali Kota Tangerang Selatan, Kakak Tri Atut sebagai walikota Serang, dan anak tirinya Hervani yang menjadi wakil bupati Pandeglang. Hal ini menimbulkan kegemparan karena sistem politik di Banten tidak lagi murni atas nama demokrasi.


  1. Serangan di Wilayah Nasional

Kasus Ambalat. Ambalat adalah blok laut yang terletak di Laut Sulawesi dan Selat Makassar di dekat perpanjangan perbatasan darat antara Sabah Malaysia dan Kalimantan Timur. Masalah klaim bermula ketika ada Perjanjian Batas Kontinental Indonesia yang ditandatangani Indonesia dan Malaysia. Namun, Indonesia akhirnya melihat hal tersebut sebagai perluasan wilayah Indonesia dan mengurangi kedaulatan negara kesatuan Republik Indonesia.


jadi artikel keluar worlddikbud.co.id lebih Ancaman di bidang politik: definisi, posisi, aspek, strategi, luar negeri dan dalam negeri, beserta contohnya, Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua.

Situs web yang terkait dengan materi di atas:

website Pelajaran SD SMP SMA dan Kuliah Terlengkap

Materi pelajaran terlengkap

mata pelajaran
jadwal mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa mata pelajaran sd mata pelajaran dalam bahasa jepang mata pelajaran kurikulum merdeka mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran sma jurusan ips mata pelajaran sma
bahasa inggris mata pelajaran
bu ani memberikan tes ujian akhir mata pelajaran ipa
tujuan pemberian mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah adalah
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional. artinya mata pelajaran smp mata pelajaran ipa mata pelajaran bahasa indonesia mata pelajaran ips mata pelajaran bahasa inggris mata pelajaran sd kelas 1
data mengenai mata pelajaran favorit dikumpulkan melalui cara
soal semua mata pelajaran sd kelas 1 semester 2 mata pelajaran smk mata pelajaran kelas 1 sd mata pelajaran matematika mata pelajaran ujian sekolah sd 2022
bahasa arab mata pelajaran mata pelajaran jurusan ips mata pelajaran sd kelas 1 2021 mata pelajaran sbdp mata pelajaran kuliah mata pelajaran pkn
bahasa inggrisnya mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa kelas 10 mata pelajaran untuk span-ptkin mata pelajaran ppkn mata pelajaran ips sma mata pelajaran tik
nama nama mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran pkn sd mata pelajaran mts mata pelajaran pjok
nama nama mata pelajaran dalam bahasa arab mata pelajaran bahasa inggrisnya mata pelajaran bahasa arab
seorang pengajar mata pelajaran akuntansi di sekolah berprofesi sebagai
nama mata pelajaran dalam bahasa jepang
hubungan bidang studi pendidikan kewarganegaraan dengan mata pelajaran lainnya
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional artinya mata pelajaran dalam bahasa arab
tujuan mata pelajaran seni rupa adalah agar siswa

You May Also Like

About the Author: Hack Adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *