6 Tips Membeli Laptop Terbaik Untuk Mahasiswa – Hack.ac.id

Tips Membeli Laptop Terbaik Untuk Mahasiswa – Membeli Laptop merupakan hal penting yang berfungsi sebagai sarana untuk mempermudah proses belajar dan mengajar dalam perkuliahan. Tidak hanya sekedar untuk menyelesaikan tugas, kegiatan belajar melalui vidio call juga dengan mudah dilakukan menggunakan laptop.

Karena sangat pentingnya penggunaan laptop, mahasiswa secara gak langsung diwajibkan memiliki laptop pribadi. Namun, sebagai mahasiswa yang bijak juga perlu teliti dan serius dalam memilih laptop yang bagus dan mendukung agar tidak menghambat proses belajar dan mengajar.

Tips Membeli Laptop Terbaik Untuk Mahasiswa

Untuk kamu yang mungkin baru saja masuk kuliah, atau yang sudah kuliah Laptop Terbaik Untuk Mahasiswanamun masih bingung dalam membeli laptop yang terbaik untuk mahasiswa, maka berikut ini kami akan memberikan 6 saran yang bisa kamu pikirkan sebelum membeli laptop yang tepat untuk keseharian nantinya.

1. Cari Laptop Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Kebutuhan setiap kalangan terdapat pengunaan laptop sangat berbeda-beda, oleh sebab itu laptop juga memiliki berbagai spesifikasi dan jenis yang berbeda. Baik dari segi Prosesor, RAM, Model, dan sebagainya. Untuk kamu para mahasiswa disarankan memilih laptop dengan RAM minimal 4 GB, karena sudah dapat memenuhi kebutuhan belajar kamu. Mengerjakan tugas di Microsoft Office, Vidio Call, menonton film, mendengar musik dan aplikasi lainnya yang tersedia dengan kapasitas RAM 4 GB ini.

Baca juga:  Cara Mengatasi Samsung A50S Restart Sendiri Berdasar Penyebabnya

Selanjutnya, jika kamu butuh laptop dengan kapasitas yang lebih tinggi untuk menggunakan aplikasi editing yang lebih berat dan bahkan untuk bermain games, kamu bisa mengunakan laptop dengan kapasitas minimal 8 GB RAM, agar kamu dapat menggunakan setiap aplikasi yang kamu butuhkan dan inginkan. Pikirkan dan pahami betul dulu kapasitas RAM yang sesuai dengan kebutuhan kamu, laptop ASUS mungkin bisa jadi salah satu opsi kamu, untuk kepentinganmu yang beragam.

2. Pembelian Disarankan Sesuai Dengan Budget Yang Dimiliki

Setelah mengetahui persis tipe laptop yang kamu butuhkan, kamu juga harus memperhitungkan budget yang kamu perlukan untuk pembelian laptop.

Ketika pembelian laptop disarankan menyesuaikan dengan budget yang kamu miliki, dengan kata lain jika kebutuhan penggunaan laptop sangat mendesak, kamu bisa mencari laptop bekas yang masih layak guna.  Tetapi jika kamu memiliki budget yang cukup, ya sah sah saja untuk membeli laptop baru dengan kapasitas yang kamu butuhkan.

3. Pastikan Software Pada Laptopnya Kompatibel

Setelah memilih laptop sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kamu. Kamu disarankan mengecek terlebih dahulu software bawaan pada laptopnya. Pastikan laptop sudah terinstal sistem operasi seperti windows yang menjadi komponen paling penting dalam proses belajar kamu.

Ketika membeli laptop, untuk kenyamanan, pastikan terlebih dahulu petugas dari outlet sudah melakukan pre-installed windows ke dalam laptop agar terhindar dari aktivasi windows bajakan.

Jika microsoft windows original belum tersedia maka mintalah petugas untuk memasangnya pada laptop kamu. Kamu akan dikenai biaya penggunaan sistem windows yang cukup mahal jika mengunduhnya sendiri. Hal itu jadi keuntungan bagi kamu.

Setelah itu, jika proses pengunduhan selesai, periksa apakah laptop tetap dengan performa yang bagus dan dapat terintegrasi dengan baik dengan berbagai aplikasi tersebut. Laptop dengan peforma yang bagus dan multitasking pasti akan sangat membantu dalam proses belajar dan berbagai aktivitas lainnya.

Baca juga:  Cara Menghilangkan Iklan di HP Samsung A11

4. Pilih Laptop Dengan Desain dan Model Yang Menarik

Hingga kini banyak sekali desain dan model yang menarik dimiliki laptop. Banyak poin tersendiri pada laptop yang meningkatkan rasa ketertarikan kita seperti warna, desain, laptop yang ringan dan tipis serta lainnya. Laptop dengan tampilan warna klasik dan netral akan selalu terlihat menarik dan tidak akan lekang oleh waktu.

5. Pastikan Pembelian Laptop Bergaransi

Pembelian laptop dengan adanya tersedia garansi mengantipasi ketika suatu saat terjadi masalah atau semacamnya pada laptop kamu seperti masalah pada software maupun tergores dan semacamnya. Kamu bisa segera bawa laptop kamu ke outlet tempat kamu membelinya.

Umumnya garansi pada laptop yaitu untuk software waktu garansi nya sekitar 1 minggu dan pada hardware bisa 1 hingga 2 tahun, tergantung pada masing masing outlet. Simpan dengan baik kartu garansi agar perbaikan laptop dapat berjalan secara lancar.

6. Membeli Laptop di Outlet Yang Resmi

Tempat atau oulet pembelian laptop disarankan di tempat yang resmi, agar terjamin keasliannya dan kamu juga memilih dari brand officialnya langsung, agar terjamin kualitas dan keaslian produk itu sendiri. Kamu juga bisa membelinya dari distributor karena banyak pilihan laptop dari berbagai merek.

Okey setelah menyimak beberapa tips membeli laptop terbaik untuk mahasiswa, semoga kamu dapat pencerahan dalam pembeliannya. Laptop bisa dikatakan merupakan salah satu barang penting yang menunjang seluruh aktivitas pembelajaran yang kita laksanakan. Pemilihan hingga pembelian laptop yang tepat harus diutamakan. Pahami betul tips and trik di atas agar kamu tidak menyesal dan merasa puas dengan pilihan kamu.

Oke teman teman sekalian semoga bermanfaat mengenai pembelian laptop terbaik untuk mahasiswa tadi.
Sekian dan terimakasih.

Baca juga:  Cara Mengunci Aplikasi di HP Samsung A20

You May Also Like

About the Author: Hack Adm