Pengertian, Bentuk, Tujuan, Ciri, Manfaat, Cara

ringkasan-300x163-5754221-7942784-jpg

Dalam sebuah buku atau esai, kita pasti akan bosan membaca teks atau kata yang terlalu panjang, bahkan berhenti membaca karena terlalu panjang dan membosankan, maka dalam hal ini ada cara mudah agar kita bisa membaca dengan mudah tanpa rasa takut. karena terlalu panjang yaitu rangkuman dari buku atau karangan yang kita tulis Bacalah agar mudah dipahami dan dihafal, berikut Penjelasan Rangkuman.

ringkasan-300x163-2490839


Definisi Ringkasan

Rangkuman Merupakan sajian peristiwa atau kejadian dalam sebuah buku panjang atau karangan yang disajikan secara singkat tanpa menghilangkan makna sebenarnya. Namun membandingkan bagian atau bab dari esai asli yang secara proporsional masih dipertahankan dalam bentuk yang pendek merupakan salah satu cara yang efektif untuk menyajikan esai yang terlalu panjang dalam bentuk yang ringkas.


Formulir dalam Ringkasan

Ringkasan terdiri dari 3 bentuk, yaitu sebagai berikut:


  1. Ringkasan Abstrak

Summary in summary Artinya ringkasan singkat sesingkat mungkin tentang pokok pikiran yang telah dibahas.


  1. Ringkasan Ringkasan

Ringkasan dalam bentuk ringkasan Ini adalah ringkasan dalam buku, seperti karya fiksi atau nonfiksi. Bentuk ringkasan sinopsis bertujuan untuk mendorong orang lain membaca secara utuh.


  1. Kesimpulan Ringkasan

Rangkuman yang berbentuk kesimpulan adalah ringkasan yang mengungkapkan gagasan utama dari suatu uraian atau pembahasan dengan menekankan gagasan pokok dan pemecahan masalah yang diangkat.


Tujuan Ringkasan

Membantu pembaca memahami dan mengetahui isi dari sebuah buku atau esai. Dengan meringkas, pembaca diarahkan dan dibimbing untuk membaca karangan asli secara cermat dan menulis ulang secara singkat.


Fitur ringkasan

  • Harus memiliki kerangka kerja yang jelas.
  • Harus memiliki arti yang tidak menghilangkan komposisi aslinya.
  • Dalam ringkasan, idenya harus jelas.
  • Bertujuan untuk meringkas hasil gagasan.
  • Teks terlihat kurang.
  • ditemukan dalam buku atau esai.

Ringkasan manfaat

Manfaat ringkasan adalah sebagai cara mudah untuk membantu kita mengingat dan menghafalkan isi dalam sebuah buku atau uraian yang terlalu panjang. Ringkasan merangkum ide-ide utama yang diwakili oleh setiap bagian dari bagian asli sebelum meringkasnya. Dengan meringkas, kita seakan memahami keseluruhan isi buku secara keseluruhan.


Cara membuat ringkasan

Ada 3 cara untuk membuat ringkasan:

  1. Pembacaan naskah asli biasanya pada buku atau esai.
  2. Catat gagasan utama yang ditentukan setelah membaca naskah.
  3. Melakukan reproduksi

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membuat rangkuman adalah membaca teks asli minimal satu atau dua kali untuk memahami dan mengetahui kesan umum dan sudut pandang penulis asli.


Setelah membaca naskah asli, menulis atau menangkap maksud, kesan umum dan sudut pandang penulis asli, langkah selanjutnya adalah mencatat gagasan utama atau gagasan utama yang penting.

Setelah membuat catatan yang dibuat pada langkah kedua dan mendapatkan ide pokok yang diperoleh pada langkah pertama, selanjutnya penulis siap membuat ringkasan. Dan yang harus diperhatikan oleh seorang penulis rangkuman, seorang penulis harus membuat beberapa kalimat baru, dan menyusun semua pokok pikiran dalam suatu wacana yang rapi atau jelas dan yang terpenting harus dapat diterima oleh akal sehat.


Definisi Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kesimpulan adalah sesuatu yang disimpulkan; hasil akhir; penutup. Kesimpulan juga berarti pendapat akhir (pendapat akhir berdasarkan uraian sebelumnya) atau keputusan yang dicapai berdasarkan metode berpikir induktif dan deduktif. Kesimpulan berbeda dengan ringkasan.

Jika penulis dalam ringkasan tetap mempertahankan isi, sudut pandang dan sistematika karya aslinya, sedangkan kesimpulan berisi penilaian atau pendapat pembuat kesimpulan. Oleh karena itu, kesimpulan dapat dinyatakan benar, salah atau salah. Untuk menarik kesimpulan yang tepat, kita harus menggunakan data, fakta, atau asumsi yang benar. Jika data, fakta, atau asumsi tidak akurat, kesimpulannya juga tidak akurat.


Pola penalaran dalam menarik kesimpulan

Pola penalaran deduktif dan induktif digunakan untuk menarik kesimpulan.


Pola ini diawali dengan pernyataan umum yang diikuti dengan pernyataan khusus.


Pola penalaran ini diawali dengan pengungkapan hal-hal yang khusus, kemudian ditarik kesimpulan yang bersifat umum.


Definisi Tinjauan

Seorang ahli penulisan resensi mengemukakan pendapatnya bahwa resensi merupakan hasil diskusi dan penilaian singkat terhadap suatu esai atau karya lain. Dengan pengertian resensi adalah memberikan penilaian, mengungkapkan gambaran umum, mendiskusikan atau mengkritik buku.

Dengan pendapat para ahli tersebut, dapat ditarik kesimpulan tentang ulasan tersebut. Review adalah artikel atau ulasan tentang nilai karya atau buku seseorang. Resensi juga dapat dilakukan terhadap hasil karya lain seperti karya seni, film dan drama, yang disajikan melalui media massa dan media elektronik. Menulis resensi berarti menulis tentang pro dan kontra serta informasi tentang sebuah buku. Informasi ini disampaikan kepada pembaca dan masyarakat.


Tujuan Tinjauan

Tujuan resensi adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang keberadaan sebuah buku, apakah ada sesuatu yang baru dan penting atau hanya perubahan dari buku yang sudah ada.

Tujuan dari tinjauan lainnya meliputi;

  1. Membantu pembaca yang belum sempat membaca buku yang dimaksud, karena kebanyakan buku yang direview biasanya adalah buku baru. Resensi memungkinkan pembaca untuk mendapatkan gambaran umum dan penilaian dari sebuah buku.
  2. Ketahui kekuatan dan kelemahan buku yang sedang diulas. Melalui buku yang diresensi, pembaca dapat belajar mengkritisi dan mengoreksi sebuah buku.
  3. Ketahui latar belakang dan alasan mengapa buku tersebut diterbitkan. Dengan latar belakang dan alasan buku tersebut, pembaca dapat mengetahui maksud dan tujuan buku tersebut diterbitkan.
  4. Resensi buku memungkinkan pembaca untuk mengetahui perbandingan antara satu buku dengan buku sejenis lainnya. Dan cari tahu kelemahan dan kekuatan antara buku-buku yang dibandingkan sebelumnya.
  5. Memberikan masukan kepada penulis buku berupa kritik dan saran terhadap cara penulisan, isi dan isi buku.

Menulis ulasan harus mempertimbangkan hal-hal berikut:


  1. Landasan Filsafat Menulis

Untuk menulis resensi, tujuan penulis asli harus dipahami sepenuhnya dan resensi harus sepenuhnya menyadari apa artinya menulis resensi. Untuk mengetahui hal ini, penelaah harus menelaah landasan filosofis yang mendasari tulisan tersebut.


  1. Pembaca Harapan

Setelah membaca ulasan tersebut, diharapkan pembaca dapat memperoleh manfaat untuk mendapatkan informasi yang diperlukan.


  1. Harapan Penulis dan Pembaca

Ulasan mencoba untuk mengkomunikasikan harapan pembaca dan penulis untuk buku berkualitas. Oleh karena itu, reviewer harus menginformasikan tujuan dan sasaran yang penulis harapkan kepada para pembacanya.


  1. Bahan tulisan

Reviewer harus menjelaskan materi dalam buku yang akan mencapai target audiens. Ia harus mampu menjembatani keinginan penulis dan keinginan pembaca.


Tinjau materi

Reviewer diharapkan menyajikan materi buku dengan baik, yang meliputi:

  1. Landasan filosofi penulisan asli
  2. Kekuatan dan kelemahan karya yang direview
  3. Isi karya ditinjau bagian demi bagian, bab demi bab
  4. Pekerjaan fisik ditinjau, termasuk ukuran buku, kertas, font tertentu, tinta, warna, volume, gambar dan ilustrasi.

Persyaratan penulisan atau penyusunan resensi antara lain:

  1. Menentukan jenis buku yang akan diresensi (ekonomi, sastra, dll)
  2. Ada data buku, antara lain judul buku, nama pengarang, penerbit, tahun terbit, ketebalan buku dan sebagainya.
  3. Pendahuluan atau pembukaan, yang berisi perbandingan dengan karya sebelumnya, biografi pengarang, atau hal-hal yang berkaitan dengan tema atau isi.
  4. Ada ulasan singkat tentang buku ini.
  5. Itu harus bermanfaat dan kepada siapa manfaat itu ditujukan.

Review sistematika penulisan

Sistematika penulisan resensi, yaitu:


  1. Buat ulasan judul

Judul ulasan harus menarik dan konsisten dengan isi ulasan secara keseluruhan. Artinya, pembuatan judul resensi harus menarik dan sesuai dengan isi resensi secara keseluruhan, sehingga akan ada ketertarikan tersendiri bagi pembaca untuk membacanya.


  1. Mengatur data buku

Data buku biasanya disusun sebagai berikut;

  1. Judul buku
  2. Penulis (editor, editor, penerjemah atau kata pengantar)
  3. Penerbit
  4. Tahun Terbit
  5. Ketebalan buku
  6. Dan harga buku

  1. Buat pembukaan

Bagian pembukaan dapat dimulai;

  1. Jelaskan penulis buku tersebut, seperti namanya, pekerjaan apa yang dia lakukan dan prestasi yang dia buat
  2. Pada pembukaan bedah buku juga terdapat garis besar isi cerita dalam buku tersebut
  3. Perbandingan dengan buku-buku sejenis yang ditulis oleh penulis sendiri atau oleh penulis lain
  4. Jelaskan keunikan buku tersebut!
  5. Merumuskan tema buku
  6. Mengungkap kritik dan kelemahan buku
  7. Cetak tayangan buku
  8. Perkenalkan penerbit
  9. Ajukan atau ajukan pertanyaan
  10. Buka atau buat dialog

  1. Lengkapi Pernyataan Resensi Buku

Dalam isi pernyataan resensi buku terdapat;

  1. Sinopsis atau isi buku secara kronologis

Artinya, gambaran umum atau intisari sebuah resensi atau bisa juga disebut isi resensi resensi buku dengan memperhatikan unsur intrinsik dalam buku tersebut. Tujuan dari sinopsis ini adalah untuk memberikan gambaran global kepada pembaca tentang apa yang disampaikan oleh isi pernyataan resensi

  1. Terdapat resensi singkat buku dengan kutipan yang cukup dari isi resensi
  2. Jelaskan manfaat buku!
  3. Ada kelemahan dalam buku ini
  4. Ada rumusan kerangka buku
  5. Penggunaan bahasa (sederhana atau kompleks)
  6. Dan terdapat kesalahan ketik pada sistem penulisan ulasan.

  1. Penutup

Bagian akhir dari resensi biasanya diakhiri dengan tujuan yang ingin dicapai oleh buku tersebut, kemudian juga dijelaskan apakah buku tersebut memang layak untuk dibaca melalui tujuan yang penulis maksudkan untuk pembaca atau tidak. Dan pembaca dapat mengkritik dan memberikan saran dengan alasan yang logis kepada penulis atau peninjau buku.

Artinya, dalam menulis atau menyusun resensi harus bermanfaat bagi pembaca.


Tahap menulis ulasan

Tahapan penulisan resensi buku meliputi;

  • Fase persiapan
  • Tahap kerja

Demikian artikel dari Duniaduniadik.co.id mengenai Rangkuman : Pengertian, Bentuk, Tujuan, Sifat, Kelebihan, Cara Membuat, Kesimpulan, Pola Penalaran, Review, Bahan, Istilah, Sistematika Penulis, Tahapan, Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda.

website Pelajaran SD SMP SMA dan Kuliah Terlengkap

Materi pelajaran terlengkap

mata pelajaran
jadwal mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa mata pelajaran sd mata pelajaran dalam bahasa jepang mata pelajaran kurikulum merdeka mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran sma jurusan ips mata pelajaran sma
bahasa inggris mata pelajaran
bu ani memberikan tes ujian akhir mata pelajaran ipa
tujuan pemberian mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah adalah
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional. artinya mata pelajaran smp mata pelajaran ipa mata pelajaran bahasa indonesia mata pelajaran ips mata pelajaran bahasa inggris mata pelajaran sd kelas 1
data mengenai mata pelajaran favorit dikumpulkan melalui cara
soal semua mata pelajaran sd kelas 1 semester 2 mata pelajaran smk mata pelajaran kelas 1 sd mata pelajaran matematika mata pelajaran ujian sekolah sd 2022
bahasa arab mata pelajaran mata pelajaran jurusan ips mata pelajaran sd kelas 1 2021 mata pelajaran sbdp mata pelajaran kuliah mata pelajaran pkn
bahasa inggrisnya mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa kelas 10 mata pelajaran untuk span-ptkin mata pelajaran ppkn mata pelajaran ips sma mata pelajaran tik
nama nama mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran pkn sd mata pelajaran mts mata pelajaran pjok
nama nama mata pelajaran dalam bahasa arab mata pelajaran bahasa inggrisnya mata pelajaran bahasa arab
seorang pengajar mata pelajaran akuntansi di sekolah berprofesi sebagai
nama mata pelajaran dalam bahasa jepang
hubungan bidang studi pendidikan kewarganegaraan dengan mata pelajaran lainnya
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional artinya mata pelajaran dalam bahasa arab
tujuan mata pelajaran seni rupa adalah agar siswa

You May Also Like

About the Author: Hack Adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *