Alasan Kenapa Wifi Menolak Akses dan Cara Mengatasi

Kenapa Wifi Menolak Akses – Di zaman modern sekarang yang serba digital, Wifi telah menjadi hal penting untuk menghubungan kita ke internet, agar kita dapat berkomunikasi dengan teman yang jauh, belajar online, streaming film, mendownload aplikasi serta aktivitas lainnya.
Dengan harga yang terjangkau dan kecepatan stabil serta penggunaan yang tidak terlalu rumit, menjadikan banyak orang menggunakan wifi ketimbang kuota internet.

Tetapi terdapat juga sedikit masalah pada penggunaan wifi, yaitu sering kali terjadi penolakan akses dan error pada wifi terhadap perangkat elektronik seperti smartphone Android, Laptop serta perangkat lainnya yang dapat terhubung dengan wifi.

Pada kali ini kita akan membahas alasan kenapa wifi menolak akses Smartphone, Laptop, Komputer dan juga cara untuk mengatasinya. Untuk lebih jelasnya kamu dapat memahami penjelasan berikut ini.

Penyebab Kenapa Wifi Menolak Akses

Kenapa Wifi Menolak Akses

Ada banyak faktor mengapa wifi melakukan penolakan terhadap perangkat yang ingin terhubung. Saat wifi tidak bisa terhubung atau menolak akses, akan muncul pesan yang mengatakan “No Internet Access“. Beberapa faktor yang penyebabkan wifi tidak dapat terakses diantaranya seperti dibawah ini:

  • Terdapat masalah pada perangkat Router. Perangkat router adalah perangkat yang berfungsi untuk menghantarkan jaringan internet ke alamat IP yang dituju.
  • Gangguan yang berasal dari penyedia Internet Wifi.
  • Serta hal lainnya.

Faktor-faktor diatas hanya bersifat kemungkinan dan belum pasti kebenarannnya. Disarankan bersikap tenang dan tidak perlu terburu-buru dalam usaha untuk mengatasi masalahnya. Karena dapat memperparah masalah tersebut. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan tentang Alasan Kenapa Wifi Menolak Akses dan Cara Mengatasi.

Cara Mengatasi Wifi Menolak Akses

Jika penyebab yang dijelaskan belum tentu benar, bukan berarti masalahnya tidak dapat teratasi. Di sini saya akan membahas penyebab kenapa wifi menolak akses dan cara mengatasinya yang telah kami rangkum dari berbagai macam sumber yang ada, untuk membantu kamu yang bermasalah pada perangkat smartphone atau laptop karena tidak dapat mengakses wifi.

1. Restart Perangkat Router / Modem

Kenapa Wifi Menolak Akses

Pertama-tama yang kamu dapat lakukan adalah melakukan restart pada perangkat router/modem tersebut.

Caranya terbilang cukup mudah, yaitu dengan mematikan perangkat router terlebih dahulu dan tunngu beberapa saat, lalu hidupkan kembali routernya. Cara ini terbilang sangat ampuh dalam mengatasi wifi yang melakukan penolakan akses di android serta perangkat Smartphone, Laptop, Komputer dan sebagainya.

Karena cara yang terbilang cukup mudah kamu pasti dapat melakukannya dengan sendirinya, tanpa perlu memanggil teknisi untuk melakukannya. Karena ini tidak memiliki resiko yang berarti, meskipun hanya melakukan restart router ini dapat kamu gunakan dalam mengatasi wifi menolak akses yang sering terjadi pada pengguna wifi saat ini.

2. Dengan Mengganti Alamat IP Wifi

Langkah yang kedua yaitu dengan cara mengganti nama alamat IP wifi di pengaturan Android. Cara ini terbilang sukses untuk mengatasi masalah tersebut. Hal ini dapat terjadi karena alamat IP yang anda miliki sama dengan Alamat IP perangkat android lain yang telah terhubung pada jaringan wifi tersebut.

Cara mengganti alamat ip tersebut adalah melalui menu Pengaturan di Android / Smartphone tersebut, lalu buka menu Wifi > Preferensi WI-FI > Klik Alamat IP. Nah di dalam menu tersebut kamu tinggal mengganti alamat ipnya dengan alamat ip yang lain. Contohnya adalah alamat IP kamu saat ini misalnya 192.168.1.22, maka bisa ubah menjadi 192.168.1.16. Cara ini bisa membuat wifi kamu yang tadinya sulit untuk terhubung atau menolak akses, bisa kembali terhubung ke wifi tersebut.

Baca juga:  Cara Membuat Wallpaper Layar Kunci Berganti

Trik yang satu ini bisa berbeda-beda pada setiap smartphone, tinggal disesuaikan saja letak menunya.

3. Buka Akses Perangkat Yang Terblokir Pada Router dan Modem

Lanhkah ketiga yaitu dengan cara membuka akses pada wifi. Terkadang kenapa wifi menolak akses disebabkan terblokirnya perangkat kamu saat kamu menggunakan jaringan wifi milik orang lain. Hal ini mengakibatkan kamu tidak bakal dapat terhubung walaupun kamu memasukan sandi atau password wifi yang benar.

Hal ini dapat terjadi karena sang pemilik wifi selalu memantau atau memonitor setiap jaringan yang terhubung dengan wifinya, sehingga dia dapat mengetahui persis setiap perangkat yang terhubung dengan wifinya.

Saat sang pemilik wifi melihat ada perangkat yang terhubung dengan wifinya tanpa izin oleh pemiliknya, sang pemilik dapat memblokirnya secara langsung. Ya walaupun anda sudah berusaha keras dengan menghidupkan dan mematikan wifi, kamu tetap tidak dapat terhubung dengan wifi nya kembali. Cara yang dapat kamu lakukan yaitu dengan menghubungi sang pemilik wifi dan memintanya untuk memberikan akses kepada kamu kembali, supaya dapat masuk kembali ke dalam jaringan wifi secara normal.

Namun saat kamu mengalami wifi menolak akses saat menghubungkan ke perangkat, kamu dapat membuka blokir pada router / modem yang dapat diakses melalui alamat IP Website yang disediakan dari penyedia wifi. Contohnya seperti 192.168.1.1, tapi disarankan membaca buku panduan dalam mengatur router tersebut yang disediakan oleh setiap masing-masing provider.

Dan terdapat cara lain yaitu dengan mereset seluruh pengaturan yang ada pada router, itu jika kamu lupa dengan sandi untuk login ke router tersebut. Cara melakukanya terbilang cukup mudah, dengan menekan tombol reset selama beberapa detik mungkin ya sekitar 20 detik dan router akan menyala.

4. Rertart Perangkat

Langkah keempat dalam mengatasi kenapa wifi menolak akses adalah dengan melakukan restart pada perangkat kamu. Kenapa hal simpel ini dapat menjadi cara dalam mengatasi wifi menolak akses? Karena pada dasarnya saat perangkat elektronik dimatikan dan kemudian diaktifkan kembali, kemungkinan error yang ada pada sistem akan hilang dan dapat menjadi normal kembali.

Sistem akan menjadi pulih kembali dan bekerja optimal saat semua masalah dapat teratasi dengan baik, salah satu contoh masalahnya ialah karena berbagai data yang mengalami crash ini dapat diatasi dengan cara dimuat ulang (direstart).

Cara lainnnya yang dapat kamu lakukan yaitu dengan mengnonaktifkan smartphone kamu dan mencopot beberapa komponennya. Seperti semua kartu SIM serta memori yang kamu pasang pada perangkat kamu. Tunggu beberapa saat, mungkin sekiar 5 menit, kemudian hidupkan kembali perangkat kamu.

5. Aktifkan Mode Pesawat Sementara

Kenapa Wifi Menolak Akses

Langkah/cara ketiga yaitu dengan mengaktifkan Mode Pesawat untuk sementara.

Umumnya sekarang ini saat terjadi masalah seperti wifi menolak akses, kebanyakan orang akan menggunakan cara ini untuk mengatasinya. Dengan mengaktifkan mode pesawat beberapa saat, secara otomatis setiap koneksi data maupun wifi yang terhubung dengan internet akan diputus langsung secara paksa.

Cara ini terbukti ampuh dalam mengatasi wifi menolak akses dan sulit untuk terhubung, sehingga banyak orang yang menerapkan cara ini untuk mengatasinya. Karena mereka beranggapan bahwa saat sebuah sistem mengalami masalah, kemudian dimatikan dan lalu dihidupkan kembali, sistem yang ada akan menjadi normal kembali dan bekerja seperti sedia kala. Begitu juga koneksi yang mengalami masalah akan menjadi normal seperti semula.

Baca juga:  Fungsi dan TAB Group Clipboard

Berikut beberapa cara untuk melakukan cara yang dijelaskan di atas:

  • Langkah pertama, yaitu dengan merestart perangkat kamu.
  • Lalu hubungkan perangkat kamu ke jaringan WIFI.
  • Setelah itu nyalakan Mode Pesawat Selama beberapa menit, lalu matikan kembali.
  • langkah yang terakhir adalah, hubungkan kembali ke jaringan wifi tersebut.

6. Memeriksa Ulang Password WIFI

Terdapat banyak hal yang membuat wifi menolak akses/tidak terhubungnya perangkat dengan wifi. Salah satu kemungkinannya adalah terkadang saat kita mengetik password, sering kali mengalami yang namanya typo, entah itu angka yang kurang, huruf yang kurang, huruf besar/huruf kecilnya atau pun kesalahan lainnya.

Terkadang kita sepele dalam memasukan password yang ada, tetapi ini yang akan menjadikan wifi menolak akses untuk terhubung karena saat kita salah dalam memasukan password. Walaupun hanya satu angka yang kurang, hal itu tetap membuat perangkat kita tidak bisa terhubung dengan wifi. Disarankan saat memasukan password wifi, kita teliti dalam melakukannya. Pastikan juga password yang ditulis telah sesuai dengan yang ada pada pengaturan router atau modem tersebut.

Saat kamu memasukkan password yang salah dan tidak sesuai, maka dipastikan wifi tidak dapat terhubung dengan perangkat kamu. Hal sepele dapat mengakibatkan jaringan wifi mengalami kesulitan dalam autentifikasi sehingga membuat perangkat kamu menjadi sulit terhubung.

Salah satu dampak yang timbulkan saat terjadi kesalahan autentifikasi ini kemungkinan dapat membuat koneksi pada perangkat kamu menjadi no respon atau stuck. Tetapi tenang saja, masalah yang terjadi di atas dapat diatasi dengan langkah-langkah berikut ini.

  • Kita dapat menggunakan sandi yang lebih muda diingat dan ditulis pada roueter tersebut.
  • Lakukan opsi Forget Jaringan wifi pada Pengaturan android.
  • Langkah yang terakhir kamu dapat memasukkan sandi baru yang baru saja anda ubah dan menghubungkan kembali wifi dengan perangkat kamu.

7. Periksa Ulang Jaringan WIFI

Kenapa Wifi Menolak Akses

Terdapat banyak faktor yang menyebabkan kenapa wifi menolak akses, salah satunya gangguan pada Provider. Apa itu provider? Provider adalah perusahaan atau badan usaha yang menyediakan jasa sambungan ke internet dan jasa lainnya yang berhubungan. Dan berperan sangat penting terhadap kestabilan sinyal dan kelancaran internet akses pada jaringan wifi.

Faktor cuaca berpengaruh juga pada koneksi jaringan wifi, karena saat terjadi berbagai gangguan alam pada cuaca tertentu, yang diantaranya seperti hujan lebat, hujan es, hujan salju dan faktor lainnya. Akan membuat wifi menolak akses karena faktor-faktor alam tersebut.

Nah salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut kamu dapat menganti provider kamu seperti Indihome, Biznet, My Republik, First Media dan provider lainnya. Atau dengan cara menunggu dan bersabar hingga wifi yang mengalami gagal sistem/error dapat terhubung kembali dan menajdi normal seperti semula.

Bagi kamu pengguna router/kabel, kamu dapat langsung menghubungi call center pada provider yang bersangkutan. Apabila kamu mengalami masalah wifi menolak akses untuk jangka waktu beberapa hari.

8. Cocokan Tanggal/Waktu Pada Perangkat

Langkah berikutnya dalam mengatasi kenapa wifi menolak akses adalah dengan mencocokan tanggal dan waktu pada perangkat android.

Kesalahan dalam menyetel waktu menjadi salah satu penyebab wifi tidak dapat terakses, untuk menyelesaikan masalah tersebut sangat mudah. Kamu hanya perlu mengatur ulang tanggal dan waktu pada perangkat android sesuai dengan setelan waktu tempat tinggal kamu.

Baca juga:  Wajib Tahu! Inilah Cara Mengunci Jaringan 4G Samsung A50s dengan Praktis

Pada umumnya hal ini dapat terjadi disebabkan ketidakcocokan waktu. Karena mungkin kamu tidak pernah menggunakan kartu SIM, sehingga mengakibatkan perangkat smartphone kamu tidak dapat mendekteksi waktu secara otomatis. Jika kamu tinggal di indonesia bagian barat, kamu dapat menyetelnya dengan tanggal waktu UTC 07:00 Jakarta Bangkok Hanoi.

Dan kamu juga harus mengetahui bahwasannya terkadang akan muncul peringatan tambahan seperti “Your conection is not secure/hot private” ataupun “No Internet Access” yang memiliki koneksi internet pada saat wifi terganggu, hal ini disebabkan oleh setelan waktu yang belum benar pada perangkat anda.

9. Hapus Cache/Sampah Jaringan Yang Tersimpan Pada Perangkat

Langkah kesembilan dalam mengatasi kenapa wifi menolak akses adalah dengan menghapus cache jaringan yang tersimpan pada perangkat kamu. Hal ini dapat dilakukan dengan membuka pengaturan wifi pada perangkat android, dengan membersihkan/melupakan beberapa jaringan wifi yang tersimpan sebelumnya pada perangkat kamu.

Cara untuk mengerjakannya seperti ini:

  • Langkah pertama buka terlebih dahulu Pengaturan Wifi pada android kamu.
  • Klik Jaringan Tersimpan.
  • Akan ditampilkan nama-nama wifi yang tersimpan pada perangkat wifi kamu, klik nama WIFI dan pilih tap Lupakan.

Dan yang harus kamu ketahui adalah saat terjadinya penumpukan nama-nama jaringan wifi yang tersimpan pada perangkat kamu, maka dapat menimbulkan wifi sulit untuk terakses atau terhubung. Hal ini sering terjadi pada saya saat ingin menghubungkan perangkat saya ke jaringan wifi yang baru. Sehingga langkah ini saya sarankan kamu untuk mencobanya saat anda mengalami wifi tidak dapat terakses / tidak dapat terhubung.

10. Reset Ulang Perengkat Kamu / Hapus Data Pabrik

Kenapa Wifi Menolak Akses

Langkah terakhir yang dapat kamu coba lakukan untuk mengatasi kenapa wifi menolak akses ialah dengan melakukan reset pada perangkat kamu, atau melakukan hapus data pabrik. Sehingga setiap hal/setelan pada perangkat kamu akan kembali ke setelan awal/peraturan pabrik. Namun perlu kamu ketahui, cara ini dapat kamu lakukan saat setiap langkah-langkah yang dijelaskan di atas tidak mengalami perubahan atau juga wifi tetap tidak dapat terakses.

Dan juga bahwasannya saat kamu ingin mereset perangkat andorid, kamu dapat mengeceknya kembali koneksi wifi yang mengalami error tersebut dengan mengecek wifi tersebut ke smartphone lain. Jika dengan menggunakan smartphone lain wifi dapat terhubung, maka dapat dipastikan bahwasannya smartphone kamu benar-benar mengalami error.

Dengan ini juga dapat dipastikan kamu harus melakukan reset data pada perangkat android tersebut. Factory Reset dipilih karena dapat mengatasi berbagai permasalahan sistem yang terjadi pada smartphone android. Salah satunya ialah masalah jaringan wifi yang tidak dapat terakses ini.

Hal ini mungkin terjadi karena adanya kesalahan pengaturan sistem yang dialami smartphone tersebut. Dengan melakukan hapus data pabrik/mereset perangkat android, kita berharap kesalahan pada pengaturan tersebut dapat pulih kembali dan berjalan normal seperti sedia kala.

(Tambahan: saat anda ingin melakukan reset perangkat android kalian, pastikan terlebih dahalu membackup setiap data yang masih ingin kamu simpan.)

Akhir Kata

oke sekian atas pembahasan mengenai Alasan Kenapa Wifi Menolak Akses dan Cara Mengatasi. Saya harap ketika kamu melakukan setiap penjelasan yang ada di atas, dapat memperbaiki masalah yang sedang kamu alami.

Penjelasan ini merupakan hasil kesimpulan dari berbagai sumber seperti Internet, Buku serta lainnya, maka terciptalah artikel kenapa wifi menolak akses ini. Semoga penjelasan di atas dapat berguna dan bermanfaat bagi kamu para pembaca dan terima kasih telah berkunjung ke situs ini.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya. See you next time!

Leave a Comment

error: Content is protected !!