Jenis-Jenis Sistem Operasi: Perkembangan, Tujuan, Fungsi, Bagian

sistem-operasi-6990530-1611896-jpg

sistem operasi atau sistem operasi (OS) merupakan penghubung antara pengguna (computer users) dan perangkat keras komputer (hardware). Sebelum ada sistem operasi, orang menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Misalnya, komputer yang digunakan untuk mengontrol oven microwave memiliki tugas yang sangat sederhana dengan perangkat input dan perangkat output yang sederhana.

sistem-operasi-6964681

Perangkat keras lainnya sederhana dan tidak pernah berubah. Kita bisa menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak makanan.


Pengertian sistem operasi

Pemahaman SAPI secara umum perangkat yang mengatur semua sumber daya yang terdapat dalam sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan kepada pengguna untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pengguna serta pemanfaatan sumber daya sistem komputer. OS dapat diibaratkan sebagai sistem pemerintahan di suatu negara yang berfungsi mengkondisikan komputer agar dapat menjalankan program dengan baik.

Untuk menghindari konflik yang terjadi saat pengguna menggunakan sumber daya, sistem operasi mengatur pengguna mana yang memiliki akses ke sumber daya tertentu. Itu sebabnya OS juga sering disebut sebagai sumber distributor. Fitur OS penting lainnya adalah if program pengontrol yang bertujuan untuk menghindari kebingungan dan penggunaan komputer yang tidak perlu.

Dengan kata lain, OS dapat disebut sebagai kumpulan perangkat lunak (perintah atau program) pengontrol perangkat keras, termasuk disk drive, hard drive, CD/DVD-ROM atau DVD/DVD-RW, monitor, keyboard, mouse, scanner atau printer. OS juga merupakan perantara pengguna dalam menggunakan program, aplikasi, seperti program pengolah kata, pengolah angka, pengolah grafis dan program presentasi.


Pengembangan sistem operasi

perkembangan-sistem-operasi-3581255

  • Generasi pertama (1945-1955)

Generasi pertama menandai awal perkembangan sistem komputer elektronik sebagai pengganti sistem komputer mekanis. Ini karena pencipta sistem komputer menyadari bahwa kecepatan manusia untuk menghitung sangat terbatas. Selain itu, manusia juga sangat mudah melakukan kecerobohan, kesalahan bahkan kekeliruan. Pada generasi ini belum ada sistem operasi. Oleh karena itu, sistem komputer diberikan instruksi untuk dieksekusi secara langsung.


  • Generasi kedua (1955-1965)

Generasi kedua memperkenalkan sistem pemrosesan batch, yaitu tugas-tugas yang dikerjakan secara berurutan, kemudian dieksekusi secara berurutan. Pada generasi ini sistem komputer belum dilengkapi dengan sistem operasi, namun beberapa fungsi sistem operasi sudah ada. Contoh fungsi sistem operasi yang sedang dikembangkan saat ini adalah FMS dan IBSYS.


  • Generasi ketiga (1965-1980)

Pada generasi ini sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak pengguna dan pengguna dapat berinteraksi dengan komputer melalui terminal online. Jadi menjadi sistem operasi multi-pengguna Dan multi pemrograman.


  • Generasi keempat (setelah 1980-an)

Saat ini, sistem operasi digunakan untuk jaringan komputer dengan kesadaran pengguna bahwa keberadaan komputer yang digunakan saling berhubungan. Saat ini, pengguna juga diberikan kemudahan Grafik Antarmuka pengguna (GUI), yang merupakan antarmuka komputer grafis yang sangat nyaman. Pada saat ini juga dimulai era komputasi terdistribusi, yaitu perhitungan yang tidak lagi dimulai pada satu titik, tetapi didistribusikan ke beberapa komputer untuk mencapai kinerja yang lebih baik.


Tujuan sistem operasi

  1. Sistem operasi membuat komputer lebih mudah dan lebih menarik dan nyaman untuk digunakan.
  2. Sistem operasi memungkinkan sumber daya komputer digunakan secara efisien.
  3. Sistem operasi yang terstruktur/diprogram untuk memungkinkan perubahan/pengembangan baru yang efektif dan efisien dapat melakukan pengujian sistem tanpa mengganggu layanan yang ada.

Fungsi sistem operasi

Proses inti yang ada di memori utama adalah mengarahkan kembalinya program di memori utama untuk dieksekusi oleh CPU. Selanjutnya, sistem operasi mengelola memori, yaitu mempartisi lokasi memori dan urutan data dalam memori.


Fungsi lain dari sistem operasi adalah mengatur memori yang terdiri dari partisi per-program dan memori virtual. Ini dilakukan dengan mensimulasikan hard disk sebagai perpanjangan dari memori utama dengan kapasitas yang lebih besar dari kapasitas fisik sebenarnya.


Menyiapkan dan mengakses file yang disimpan di penyimpanan sekunder juga merupakan tugas sistem operasi. Sistem operasi membuat dan mengelola struktur direktori dan operasi pada file sebagai contoh menyalin, menghapus, ganti namaDan tongkat


Memberikan informasi terperinci tentang kinerja komputer, menjalankan aplikasi, proses, penggunaan CP, informasi pengisian daya dan memori, aktivitas dan statistik jaringan, login pengguna, dan layanan sistem. Manajemen tugas juga dapat digunakan untuk mengatur prioritas proses, afinitas prosesor, menghentikan proses, dan mematikan, memulai ulang, hibernasi, atau keluar.


Sistem operasi digunakan untuk memformat disket yang belum siap pakai agar siap digunakan oleh pengguna.


Sistem operasi mengelola kontrol akses ke file, seperti penggunaan kata sandi.


penawaran OS antarmuka (antarmuka) berdasarkan grafik dan/atau GUI (Antarmuka pengguna grafis) sehingga pengguna dapat bekerja dengan perangkat lunak lain.


Sistem operasi akan menangani error yang ada agar komputer tetap berjalan saat terjadi error, misalnya; kesalahan memori, komponen komputer berulang dan kesalahan pengguna.


Komponen sistem operasi

  • Mekanisme bootyaitu meletakkan kernel ke dalam memori inti, kernel dapat dikatakan sebagai inti dari sistem operasi.
  • Penerjemah Perintah atau Shell, yang bertugas membaca input berupa perintah dan menyediakan berbagai fungsi standar dan fungsi dasar yang dapat dipanggil oleh aplikasi/program atau perangkat lunak lainnya. Contoh shell adalah: Command Prompt di Windows XP (DOS di Windows 98), XTerm dan Console di mesin Linux (Unix).
  • Pengalokasi Sumber DayaSistem operasi bertugas mengelola dan mengalokasikan sumber daya perangkat.
  • Handlerpawang berperan dalam mengontrol sistem perangkat agar tidak terjadi kesalahan (error) dan penggunaan resource yang tidak perlu.
  • Manajeruntuk berkomunikasi dengan perangkat keras sambil mengontrol kinerja perangkat keras.

Jenis sistem operasi

Sistem operasi terbagi menjadi dua bagian, yaitu sistem operasi open source dan juga sistem operasi closed source:


1. Sistem operasi sumber terbuka

Open source adalah perangkat lunak yang kode programnya terbuka dan disediakan untuk umum oleh pengembangnya sehingga dapat dipelajari, dimodifikasi atau dikembangkan lebih lanjut dan didistribusikan. Jika ada produsen perangkat lunak yang tidak mengizinkan kode program diubah atau dimodifikasi, maka tidak disebut open source, padahal kode program perangkat lunak tersebut tersedia.

open-source-7551625

Open source (kode program terbuka) mulai populer pada tahun 1998. Sejarah perangkat lunak open source lahir sejak budaya hacker berkembang di laboratorium komputer di universitas-universitas Amerika seperti Stanford, Berkeley, Carnegie Mellon dan MIT pada tahun 1960-an dan 1970-an. Sistem operasi open source dianggap menguntungkan, terutama oleh pengguna open source. Beberapa kelebihan dan kekurangan open source:


Laba

  1. Banyak pekerja (SDM) yang berperan dalam pengerjaan proyek tersebut
  2. Kesalahan (kesalahan, kesalahan) ditemukan dan diperbaiki lebih cepat
  3. Kualitas hasil lebih terjamin karena dinilai oleh masyarakat
  4. Lebih aman
  5. Hemat biaya
  6. Tidak ada pengulangan pembangunan

Kekurangan

  1. Kurangnya sumber daya manusia yang bisa mendapatkan keuntungan dari open source
  2. Tidak ada perlindungan Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

2. Sistem operasi sumber tertutup

closed-source-7052418

Close Source adalah sistem operasi yang kodenya tidak dibuka untuk umum, pemilik kode sumber tertutup dapat membagikan kode sumbernya melalui lisensi secara gratis atau berbayar. meskipun gratis, lisensi tertentu mungkin tidak membuat sistem operasi open source sepenuhnya. Misalnya, jika lisensi memiliki batasan untuk memodifikasi kode, maka sistem operasi ini bukan open source.


Keuntungan Sumber Tertutup

  1. Kestabilan sistem terjamin karena ada penanggung jawab resmi.
  2. Dukungan langsung dari pemilik aplikasi/program.
  3. Mudah untuk mendapatkan sertifikasi.
  4. Lebih mudah digunakan/dipelajari/dipahami karena mayoritas pengguna menggunakannya (di area tertentu).

Kerugian dari sumber tertutup

  1. Tidak ada support khusus/langsung dari developer.
  2. Kesenjangan terbuka, dapat digunakan untuk pencarian informasi.
    3. Sosialisasi penggunaan, agak sulit, karena umumnya pengguna menggunakan closed source (misalnya Windows), hanya pada area tertentu saja.
  3. Sulit untuk mendapatkan sertifikasi.
  4. Ada lisensi yang mengharuskan pengguna menyediakan dana/keuangan.
  5. Pengembangan terbatas.
  6. Antivirus diperlukan.
  7. Aplikasi umumnya tersedia dengan biaya.
  8. Deteksi kelemahan aplikasi menunggu umpan balik pengguna.

Demikian penjelasan tentang Jenis-Jenis Sistem Operasi : Pengertian, Pengembangan, Tujuan, Fungsi dan Bagian-Bagiannya Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca ?


Baca juga:

Mungkin dibawah ini yang anda cari

website Pelajaran SD SMP SMA dan Kuliah Terlengkap

Materi pelajaran terlengkap

mata pelajaran
jadwal mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa mata pelajaran sd mata pelajaran dalam bahasa jepang mata pelajaran kurikulum merdeka mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran sma jurusan ips mata pelajaran sma
bahasa inggris mata pelajaran
bu ani memberikan tes ujian akhir mata pelajaran ipa
tujuan pemberian mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah adalah
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional. artinya mata pelajaran smp mata pelajaran ipa mata pelajaran bahasa indonesia mata pelajaran ips mata pelajaran bahasa inggris mata pelajaran sd kelas 1
data mengenai mata pelajaran favorit dikumpulkan melalui cara
soal semua mata pelajaran sd kelas 1 semester 2 mata pelajaran smk mata pelajaran kelas 1 sd mata pelajaran matematika mata pelajaran ujian sekolah sd 2022
bahasa arab mata pelajaran mata pelajaran jurusan ips mata pelajaran sd kelas 1 2021 mata pelajaran sbdp mata pelajaran kuliah mata pelajaran pkn
bahasa inggrisnya mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa kelas 10 mata pelajaran untuk span-ptkin mata pelajaran ppkn mata pelajaran ips sma mata pelajaran tik
nama nama mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran pkn sd mata pelajaran mts mata pelajaran pjok
nama nama mata pelajaran dalam bahasa arab mata pelajaran bahasa inggrisnya mata pelajaran bahasa arab
seorang pengajar mata pelajaran akuntansi di sekolah berprofesi sebagai
nama mata pelajaran dalam bahasa jepang
hubungan bidang studi pendidikan kewarganegaraan dengan mata pelajaran lainnya
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional artinya mata pelajaran dalam bahasa arab
tujuan mata pelajaran seni rupa adalah agar siswa

You May Also Like

About the Author: Hack Adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *