Pengertian, Contoh, Struktur, Ciri, Kaidah

teks-tantangan-2283638-1930768-jpg

Teks tantangan adalah teks yang isinya berupa sanggahan atas suatu konflik sosial yang terjadi beserta bukti dan data yang valid (benar) untuk membantah suatu argumentasi yang dianggap salah. Teks tantangan biasanya muncul atau diberikan oleh pihak yang merasa tidak sesuai dengan apa yang diberitakan. Ini biasanya muncul dalam debat atau dalam bentuk selebaran pengakuan.

teks-tantangan-7861432

Definisi Teks Tantangan

Teks tantangan adalah teks yang memuat informasi yang berisi sanggahan terhadap sesuatu yang kontroversial dan sedang berkembang di masyarakat. Teks ini dilengkapi dengan argumen dan data yang dapat memperkuat keberatan tersebut. Teks tantangan biasanya ada dan menjadi pendukung dalam sebuah debat.

Tantang struktur teks

Ada 3 struktur yang membuat teks tantangan, sedangkan tiga struktur menyusun teks tantangan, antara lain:

  • Pendahuluan (Masalah) atau Masalah, ini adalah bagian yang berisi topik yang akan dilombakan.
  • Argumen, merupakan bagian yang berisi rangkaian alasan atau bukti yang dimaksudkan untuk mendukung sanggahan.
  • Kesimpulan/Proposisi, ini adalah bagian yang berisi pernyataan-pernyataan yang menguatkan sanggahan.

Fitur teks tantangan

  • Menggunakan Penolakan penilaian.

Kalimat sanggahan adalah kalimat yang tidak setuju atau tidak setuju tentang sesuatu. Ciri-ciri kalimat sanggahan ditandai dengan pemilihan kata berbeda, harus direvisi, tidak lengkap, tidak sesuai, lebih disukai, membantah, menyangkal, tidak setuju.

Contoh:

  1. Untuk kesejahteraan masyarakat, sebaiknya Indonesia memberikan bantuan secara langsung tanpa hambatan.
  2. Penghapusan subsidi bahan bakar jenis bensin harus ditinjaukarena belum tentu menguntungkan negara.
  • Menggunakan Putusan penolakan.

Kalimat penolakan adalah kalimat yang menyatakan ketidaksetujuan terhadap suatu masalah, pembahasan atau kebijakan. Ciri-ciri kalimat penolakan ditandai dengan pemilihan kata berbeda, tidak setuju, menolak, menolak, menentang, menantang, berdebat, membantah.

Contoh:

  1. SAYA Tidak setuju dengan kebijakan pemerintah tidak menghukum mati pengedar narkoba.
  2. SAYA melawan argumen anda adalah bahwa bangsa Indonesia bukanlah negara kepulauan.

Tantang aturan bahasa teks

  • Kalimat kompleksadalah kalimat yang memiliki lebih dari satu struktur dan satu kata kerja
  • Kata referensiadalah kata yang menunjukkan referensi sebagai pemberi informasi
  • Konjungsikata yang berfungsi untuk menghubungkan kata
  • Pilihan kata-katasehingga gagasan teks dapat tersampaikan dengan baik.

Cara membuat teks tantangan

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tema dan judul teks tantangan.
  2. Mencari sumber informasi yang akan dijadikan bahan diskusi.
  3. Menganalisis materi dengan mengolah data atau informasi sehingga menjadi suatu pernyataan berupa:
  4. susunan kalimat berupa kalimat topik pada setiap struktur teks.
  5. pengembangan kalimat topik dengan kalimat pengembang.
  6. Mengatur paragraf sesuai dengan struktur.
  7. memodifikasi kalimat sesuai dengan unsur bahasa.
  8. menggabungkan paragraf menjadi teks tantangan yang koheren.
  9. Hasil analisis kemudian menyusun teks tersebut secara struktural sehingga menjadi teks tantangan yang utuh.

Contoh teks tantangan dan strukturnya

Kebijakan mobil murah

kebijakan-mobil-murah-6522556

Dalam waktu dekat, pemerintah akan mengeluarkan kebijakan pembelian mobil murah. Mobil ini, rencananya, akan diterapkan di pedesaan. Selain murah, mobil ini didesain ramah lingkungan. Agar lancar, pemerintah akan memberikan insentif pajak bagi pembeli mobil ramah lingkungan.

Sejumlah kalangan meminta pemerintah mencabut insentif pajak untuk mobil murah dan ramah lingkungan. Alasannya, kebijakan tersebut dinilai tidak tepat sasaran dan akan memperparah kemacetan di ibu kota.

Kritik terhadap kebijakan mobil murah dan ramah lingkungan ini disampaikan dalam ulasan buku Mobil Murah dan Kemacetan Jakarta oleh AM Fatwa di MerDesa Institute,

Jakarta Pusat, Rabu 2 April 2014. Buku dari seminar “Mobil Murah dan Kemacetan Jakarta serta Keseimbangan Infrastruktur dan Sarana Transportasi” yang diselenggarakan pada Desember 2013.

Menurut berbagai kalangan, kemunculan mobil murah dan ramah lingkungan merupakan contoh kebijakan yang tidak banyak diperbincangkan. Akhirnya, kebijakan tersebut dapat menimbulkan masalah.

Awalnya, tim pemerintah mengajukan proposal mobil murah setelah melakukan studi banding di India. Idenya adalah pemerintah membuat mobil murah untuk daerah pedesaan. Tapi sekarang mobil itu muncul

mobil kecil yang lebih mirip city car. “Sebaiknya kebijakan mobil murah dan ramah lingkungan ini dicabut dulu,” kata seorang pakar transportasi.

Menurut sejumlah kalangan, bukan tidak mungkin program mobil murah dan ramah lingkungan akan semakin meningkatkan subsidi bahan bakar minyak (BBM). Ujung-ujungnya, beban pemerintah untuk membeli minyak dari luar negeri bertambah. Itu akan berakhir dengan mengorbankan rakyat. Jadi kita harus menghitung apakah kebijakan ini menguntungkan rakyat atau tidak?

Sebaliknya, pemerintah diminta memikirkan kebijakan strategis lainnya. Pakar transportasi menyarankan pemerintah lebih baik membangun infrastruktur transportasi laut dan udara karena Indonesia merupakan negara kepulauan.

Struktur:

Pendahuluan, masalah, masalah

Dalam waktu dekat, pemerintah akan mengeluarkan kebijakan pembelian mobil murah. Mobil ini rencananya akan dioperasikan di pedesaan.Selain murah, mobil ini didesain ramah lingkungan. Agar lancar, pemerintah akan memberikan insentif pajak bagi pembeli mobil ramah lingkungan.

Argumen

melawan

Menurut berbagai kalangan, kemunculan mobil murah dan ramah lingkungan merupakan contoh kebijakan yang tidak banyak diperbincangkan. Akhirnya, kebijakan tersebut dapat menimbulkan masalah. Awalnya, tim pemerintah mengajukan proposal mobil murah setelah melakukan studi banding di India. Idenya adalah pemerintah membuat mobil murah untuk daerah pedesaan. Namun kini mobil-mobil yang muncul adalah mobil-mobil kecil yang lebih terlihat seperti city car.

Argumen

melawan

Bukan tidak mungkin, menurut berbagai kalangan, keberadaan mobil murah dan ramah lingkungan akan semakin meningkatkan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM). Ujung-ujungnya, beban pemerintah untuk membeli minyak dari luar negeri bertambah. Itu akan berakhir dengan mengorbankan rakyat. Jadi kita harus menghitung apakah kebijakan ini menguntungkan rakyat atau tidak?

Penutup

Sebaliknya, pemerintah diminta memikirkan kebijakan strategis lainnya. Pakar transportasi menyarankan pemerintah lebih baik membangun infrastruktur transportasi laut dan udara karena Indonesia merupakan negara kepulauan.

UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER

ujian-nasional-berbasis-komputer-1983522

ISU / MASALAH:

Dewasa ini, perkembangan teknologi telah merambah segala bidang, termasuk bidang pendidikan. Salah satu contoh yang jelas adalah penggunaan komputer dalam ujian nasional yang sekarang dikenal dengan UN CBT (Ujian Nasional). Tes Berbasis Komputer).Metode Ujian Nasional baru ini menggantikan cara lama yang menggunakan kertas atau yang biasa disebut UN PBT (Ujian Nasional). tes berbasis kertas). Padahal cara baru pelaksanaan ujian nasional ini digadang-gadang dapat mengurangi nilai curang dalam ujian dan mengurangi kesalahan dalam membaca jawaban. Namun pada kenyataannya UN CBT tidak menimbulkan masalah atau bisa disebut kesalahan.

ARGUMEN TERHADAP:

Meski banyak yang belum “merasakan” metode UN CBT, namun sudah banyak siswa bahkan guru yang tidak setuju dengan pelaksanaannya. Mereka cenderung mengkhawatirkan kesalahan teknis. Mereka khawatir suatu saat terjadi pemadaman listrik saat sedang bekerja. Bahkan jika cadangan daya disiapkan atau semacamnya, saya takut itu akan membuat para siswa panik. Selain gangguan dari luar, mereka juga khawatir jika nanti komputernya bermasalah atau jaringannya bermasalah sehingga mengganggu atau bahkan merusak proses pengerjaan soal. Tentu hal ini sangat tidak diinginkan oleh para siswa dan guru. Banyak siswa dan guru yang menyarankan agar UN dilakukan seperti biasa yaitu UN menggunakan lembar jawaban dan dikerjakan dengan pensil. Menurut mereka cara ini sudah familiar dan tentunya lebih mudah karena sudah bertahun-tahun mengerjakan soal dengan alat tulis dan tidak menggunakan komputer.

ARGUMEN TERHADAP:

Pengalaman banyak siswa yang pernah mengikuti ujian nasional CBT menunjukkan banyak kesalahan teknis yang mengganggu proses ujian. Tidak hanya kesalahan teknis dari pihak sekolah atau siswa, banyak juga kesalahan dalam pelaksanaan ujian. Hal ini tentu saja akan membuat siswa cemas dan akhirnya siswa tidak fokus dalam mengerjakan soal. Hal ini tidak boleh dibiarkan, karena Ujian Nasional merupakan salah satu faktor penting yang menentukan diterima atau tidaknya seorang siswa di sekolah tujuan.

ARGUMEN TERHADAP:

Penerapan ujian nasional CBT di berbagai daerah dengan sistem bergilir dinilai kurang tepat. Ujian nasional bergilir menimbulkan risiko kecurangan yang tinggi, padahal ujian nasional dibuat dengan beberapa paket. Tak bisa dipungkiri, sistem rotasi meningkatkan peluang menyontek bagi sekelompok siswa yang bekerja sama untuk saling membocorkan soal. Akar masalahnya adalah kurangnya fasilitas sekolah yang memadai, dan dapat dengan mudah dipahami bahwa penyebab fasilitas sekolah yang tidak memadai adalah kurangnya dana pemerintah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ujian nasional CBT di Indonesia kurang dipersiapkan dengan baik. Pelaksanaan UN CBT seperti uji coba, padahal ujian nasional merupakan peristiwa yang sangat penting.

ARGUMEN TERHADAP:

Beberapa pernyataan yang mendukung argumentasi bahwa UN CBT di Indonesia tidak dipersiapkan dengan baik, antara lain, pelaksanaan UN CBT di Indonesia tidak dilakukan secara merata di semua sekolah, melainkan hanya sekolah tertentu yang ditunjuk. Alasannya sama, banyak sekolah yang tidak memiliki fasilitas yang memadai dan penyebabnya mudah ditebak, yaitu sekolah kekurangan dana untuk mewujudkannya. Selain alasan tersebut, trial-trial atau mencoba yang disediakan pemerintah bagi sekolah yang menerapkan VN CBT dirasa masih kurang. Sebagian besar uji coba yang dilakukan adalah uji coba PBT VN dan sedangkan uji coba CBT VN hanya dapat dilakukan sekali atau dua kali. Sementara itu, kebiasaan menggunakan komputer saat uji coba sangat penting. Mengingat tidak sedikit siswa yang “buta teknologi”. Bahkan tidak sedikit siswa yang “mengenal” teknologi namun masih belum terbiasa atau bahkan merasa minder. Jika Anda tidak terbiasa, konsekuensinya tidak signifikan. Konsentrasi siswa dapat terganggu akibat “teknologi” ini dan tentunya juga berdampak pada pekerjaan siswa.

PENUTUP:

Ujian Nasional CBT ternyata banyak mendapat opini negatif baik dari siswa maupun guru. Ada banyak alasan penolakan atau penentangan pelaksanaan UN CBT, dari sisi kemudahan hingga sisi kecurangan. Sebenarnya akar dari semua argumentasi tersebut adalah pemerintah belum mempersiapkan dengan baik pelaksanaan UN CBT bagi siswa. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika pemerintah mempersiapkan dengan matang sarana dan prasarana untuk mendukung pelaksanaan UN CBT agar dapat diterima dengan baik oleh siswa dan guru.

Demikian penjelasan mengenai struktur, ciri kebahasaan dan contoh teks tantangan. Semoga bermanfaat untuk sahabat guru pendidikan ?

Baca juga:

Mungkin dibawah ini yang anda cari

website Pelajaran SD SMP SMA dan Kuliah Terlengkap

Materi pelajaran terlengkap

mata pelajaran
jadwal mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa mata pelajaran sd mata pelajaran dalam bahasa jepang mata pelajaran kurikulum merdeka mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran sma jurusan ips mata pelajaran sma
bahasa inggris mata pelajaran
bu ani memberikan tes ujian akhir mata pelajaran ipa
tujuan pemberian mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah adalah
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional. artinya mata pelajaran smp mata pelajaran ipa mata pelajaran bahasa indonesia mata pelajaran ips mata pelajaran bahasa inggris mata pelajaran sd kelas 1
data mengenai mata pelajaran favorit dikumpulkan melalui cara
soal semua mata pelajaran sd kelas 1 semester 2 mata pelajaran smk mata pelajaran kelas 1 sd mata pelajaran matematika mata pelajaran ujian sekolah sd 2022
bahasa arab mata pelajaran mata pelajaran jurusan ips mata pelajaran sd kelas 1 2021 mata pelajaran sbdp mata pelajaran kuliah mata pelajaran pkn
bahasa inggrisnya mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa kelas 10 mata pelajaran untuk span-ptkin mata pelajaran ppkn mata pelajaran ips sma mata pelajaran tik
nama nama mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran pkn sd mata pelajaran mts mata pelajaran pjok
nama nama mata pelajaran dalam bahasa arab mata pelajaran bahasa inggrisnya mata pelajaran bahasa arab
seorang pengajar mata pelajaran akuntansi di sekolah berprofesi sebagai
nama mata pelajaran dalam bahasa jepang
hubungan bidang studi pendidikan kewarganegaraan dengan mata pelajaran lainnya
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional artinya mata pelajaran dalam bahasa arab
tujuan mata pelajaran seni rupa adalah agar siswa

You May Also Like

About the Author: Hack Adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *